25 C
Padang
Minggu, Januari 23, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

PNS Memasuki Usia Pensiun Dimotifasi Wirausaha
P

Kategori -
- Advertisement -

Sepanjang Tahun 2014 dan 2015, tercatat 65 PNS di jajaran Pemko Payakumbuh akan menjalani pensiun. Agar tak canggung menjalani masa purnabakti tugas, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Payakumbuh, memberikan motivasi kepada pegawai bersangkutan, dengan menggelar Diklat Teknis Masa Persiapan Pensiunan, selama 6 hari, disebuah hotel melati di Labuh Basilang Payakumbuh, 2-6 Desember 2013.

Kegiatan pelatihan itu, dibuka Wakil Walikota Payakumbuh H. Suwandel Muchtar, dihadapan sejumlah undangan dari berbagai SKPD. Kepala BKD Payakumbuh Dra. Hj. Ruslayetti, M.Pd, melaporkan, kegiatan pelatihan dibagi dua angkatan. Angkatan pertama diikuti 32 peserta dan angkatan kedua dijadwalkan berlangsung, 9-14 Desember dengan 33 peserta.

Selama menjalani pendidikan dan latihan, peserta akan mempelajari pengetahuan dasar tentang ragam usaha, dengan nara sumber dari Balai Pengembangan Produktifitas Daerah Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Barat.

Harapan Wakil Walikota Suwandel Muchtar, ketika membuka pelatihan itu, para PNS yang akan memasuki masa pensiunan tak gamang setelah meninggalkan pakaian PNS, dan tetap mampu berperan serta dalam aktifitas pembangunan, dalam bentuk wira usaha.

Dikatakan, banyak ragam usaha yang ditawarkan terhadap PNS yang akan memasuki pensiun. Tinggal lagi, bagaimana PNS bersangkutan membaca peluang dimaksud. Kita tak ingin, pasca menjadi PNS, apalagi selama ini memangku jabatan, yang bersangkutan tak mampu berkiprah di tengah masyarakat dengan baik, sehingga menjadi laskar tak berguna di tengah masyarakat.

Menurut Kepala BKD, selain dibekali dengan pengetahuan wira usaha, kemitraan dengan perbankan, para peserta juga akan dibawa ke lapangan, mengunjungi salah satu usaha mikro, kecil dan menengah yang sukses di Payakumbuh dan daerah lain. Kunjungan itu, akan memberi gairah kepada PNS yang tengah menjalani masa persiapan pensiun untuk menjalani pensiun, kata Ruslayetti.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img