28 C
Padang
Senin, Maret 8, 2021
Beritasumbar.com

PKL GP Ansor Sumbar Ke IV Cetak Sejarah Dengan Kader Terbanyak
P

Kategori -

Padang,BeritaSumbar.com,-Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sumatra Barat menggelar Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan (PKL) IV.
Kegiatan berlangsung sejak Jumat hingga Senin (10-13/1) di Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah (PPMTI) Batang Kabung, Kota Padang.
Ketua Pimpinan Pusat (PP) GP Ansor, Ruchman Basori mengatakan PKL merupakan jenjang kaderisasi tingkat menengah untuk meningkatkan komitmen dan kapasitas kader.
“PKL menjadi sarana efektif untuk menggerakan dan mengkonsolidasi oganisasi agar mampu meningkatkan perannya mengawal Pancasila, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Nahdlatul Ulama,” kata alumni UIN Walisongo, Semarang ini, Sabtu (11/1).
Ruchman memberikan apresiasi kepada PW GP Ansor Sumbar yang telah menggelar PKL dengan peserta yang cukup banyak.
“Ini sejarah dan momentum bagi Ansor Sumatra Barat untuk bangkit berbenah agar setara dengan PW Ansor lain di Indonesia,” katanya.
Di hadapan puluhan peserta yang berasal dari seluruh utusan Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor se-Sumatra Barat, Ruchman berharap agar kaderisasi ini menjadi pembuka jalan untuk kebangkitan Ansor di kawasan setempat dan Nahdlatul Ulama pada umumnya.
Turut hadir instruktur nasional Luthfi Thomafi yang juga Ketua Bidang Kajian Strategis PP GP Ansor, mantan Bendahara PW GP Ansor Sumbar, Armaidi Tanjung dan instruktur nasional yang ada di Sumatra Barat.
Dengan mengusung tema ‘Kader Unggul, Ansor Maju Hadapi Revolusi Industri 4.0’, Luthfi Thomafi berharap menjadi momentum untuk mendesiminasikan Islam Aswaja an-Nahdliyyah.
“Tradisi dan amaliah di Sumbar sudah Aswaja dan ini berpotensi untuk NU berkembang di wilayah ini,” ungkapnya.
Alumni Al-Azhar Kairo ini bangga dengan bergabungnya para sarjana dan pemuda dalam wadah GP Ansor. “Saya optimis masa depan NU dan GP Ansor Sumbar akan lebih baik dan prospektif,” katanya yakin.
Ketua PW GP Ansor Sumbar Rahmat Tuanku Sulaiman mengatakan PKL bertujuan untuk meningkatkan kualitas kader dan melahirkan kader yang unggul di segala bidang serta untuk menjadikan pemimpin masa depan yang berwawasan luas, berkarakter dan tangguh.
“Kader Ansor bukanlah generasi yang hanya paham bidang agama, namun soal ekonomi, sosial-budaya, bahkan isu terkini,” ujar kandidat doktor Universitas Bengkulu tersebut.
Dikatakan Rahmat, PKL sengaja diadakan di pesantren agar Ansor kembali dekat dengan lembaga penempa diri tersebut. Karena Ansor terlahir dari orang-orang pesantren, maka jiwa, roh dan semangat pesantren harus dimiliki oleh kader Ansor.
“Tidak mungkin kader Ansor memiliki jiwa, ruh dan semangat pesantren jika tidak pernah dekat dan berinteraksi dengan pesantren,” pungkas Rahmat. (Rezki Aryendi)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pasar Atas Bukittinggi Diujung Tanduk…?

Pasar Atas. Demikian lah pusat perbelanjaan tersebut dinamakan. Berlokasi di jantung Kota Bukittinggi, pasar yang dikenal masyarakat luas, dari dalam negeri hingga mancanegara itu,...
- Advertisement -

Percepatan Penuntasan Pembangunan Monumen PDRI, Pemkab Limapuluh Kota Rakor Dengan Kemenkopolhukam

Jakarta, beritasumbar.com - Untuk menuntaskan pembangunan Monumen Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Koto Tinggi, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota melakukan koordinasi dengan Kementerian Koordinator...

3 Orang Bandar Dan Pemakai Narkoba Dibekuk Tim Sapu Jagat Polres Pessel

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Opsnal Sapu Jagat Resnarkoba Polres Pesisir Selatan menangkap tiga orang pemakai dan pengedar narkoba jenis ganja juga sabu - sabu di dua tempat berbeda. Di wilayah hukum Polres Pesisir Selatan. Rabu (3/3).
- Advertisement -

Hadiri Perayaan Khatam Alquran, Wakil Bupati Tanah Datar Apresiasi Wali Murid

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Wakil Bupati Tanah Datar terpilih,apresiasi wali murid TPA/TPSA Masjid Raya Limo Kaum saat menghadiri perayaan Khatam Alqur'an di Nagari Lima Kaum,Kecamatan Lima Kaum,Minggu 07/03/2021.

Bupati Dan Wakil Bupati Limapuluh Kota Pimpin Apel Gabungan Perdana

Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo bersama Wakil Bupati Rizki Kurniawan Nakasri memimpin apel gabungan perdana di halaman Kantor Bupati Lima Puluh Kota, Selasa, (2/3/2021).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

SLB Negeri 1 Padang Lakukan Ujian Akhir Satuan Pendidikan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI) telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

HWK Sumbar Tampil di Konser Minang Bersuara II bersama Seniman dari 5 Negara

PADANG (BeritaSumbar.com)– Eksplorasi seni dan budaya dapat menjadi salah satu cara mengatasi banyak permasalahan. Seni dan budaya juga bermanfaat untuk menyukseskan program Pemerintah dalam...

Tim PKM Biologi Unand dan BaSE KMDM Gelar Kerja Sama Pelatihan Budidaya Maggot BSF

Padang,BeritaSumbar.com,-Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Universitas Andalas (Unand) dengan Ketua Dr. Resti Rahayu, S.Si., M.Si., bekerja sama dengan Bank Sampah dan Ecoenzyme – Koperasi Mandiri Dan Merdeka (BaSE – KMDM) dengan Direktur Rio, S.P., menyelenggarakan pelatihan bertajuk “Teori dan Praktek Budidaya Maggot Black Soldier Fly (BSF) dalam Pengolahan Sampah Organik Skala Rumah Tangga” pada Sabtu, 6 Maret 2021 di Rumah Maggot, Belimbing Baru Indah, Kota Padang, Sumatera Barat.

Grosir Beras LPPKI Diresmikan

Padang,BeritaSumbar.com,- Ketua Umum Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) Azwar siri.SH meresmikan langsung unit usaha kecil Menengah (UKM) yaitu Usaha Grosir Beras LPPKI yang bertempat di Bandar Buat, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang Sumbar. Sabtu 6/3/2021.

Rezka Tegaskan Demokrat Solid dan Tegak Lurus dengan AHY

Padang,BeritaSumbar.com, - Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat dari Daerah Pemilihan Sumatera Barat, Rezka Oktoberia dan Darizal Basir memimpin jalannya deklarasi penolakan Kongres Luar Biasa (KLB) bersama dengan seluruh jajaran Fraksi Partai Demokrat tingkat Provinsi dan Kabupaten Kotamadya se-Sumatera Barat.

Percepatan Penuntasan Pembangunan Monumen PDRI, Pemkab Limapuluh Kota Rakor Dengan Kemenkopolhukam

Jakarta, beritasumbar.com - Untuk menuntaskan pembangunan Monumen Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Koto Tinggi, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota melakukan koordinasi dengan Kementerian Koordinator...

Lantik Ny.Lira Rizki Kurniawan Nakasri Sebagai Ketua Dekranasda Limapuluh Kota, Ini Pesan Dekranasda Sumbar

Padang, beritasumbar.com - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Barat, Ny. Harnely Mahyeldi melantik 11 orang Ketua Dekranasda kabupaten dan kota daerah itu...

Kejuaraan Voly Ball Se-Kabupaten Sijunjung, Tim Three Boy Lahir Sebagai Pemenang

Sijunjung, beritasumbar.com - Tim Volly Three Boy Pos X Jorong Bukit Gombak Nagari Padang Laweh Kecamatan Koto Vll menjuarai kejuaraan antar Tim Voly Ball Se-Kabupaten...

Target Vaksinasi Melebihi Penduduk, Dinkes Padang Panjang Pertanyakan Data Pemprov Sumbar

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pelaksanaan vaksinasi tahap II yang menyasar petugas publik, Pemrov Sumbar  memberikan target kepada Pemko Padang Panjang  dengan sasaran sebanyak 59.516...

Ultah Perdana DPC PPWI Tanah Datar Diperingati Sederhana

Tanah Datar, beritasumbar.com - Peringatan ulang tahun ke-1 Organisasi Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) DPC Kabupaten Tanah Datar,diperingati dengan semangat kesederhanaan di Dzee Caffe...
- Advertisement -