25.2 C
Padang
Selasa, Januari 18, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pilwanag Nagari Tapi Selo Bermasalah,Surat Gugatan Dilayangkan
P

Kategori -
- Advertisement -

Tanah Datar,Beritasumbar.com – Pemilihan Wali Nagari Tapi Selo Kecamatan Lintau Buo Utara diduga bermasalah,salah satu kandidat calon yang berkompetisi dalam pesta demokrasi tersebut,melayangkan surat gugatan kapada Panitia Pemilihan Wali Nagari Kabupaten Tanah Datar.

Eri Alwi.Datuak.Godang Bandaro.selaku team sukses pemenangan kandidat yang memasukan surat gugatan menyampaikan,”memang benar kami telah membuat surat gugatan dan telah diantar langsung pada hari Selasa 21 Desember 2021 sekitar jam 14.30 WIB ke Panitia Pemilihan Kabupaten.

“Pada intinya,kita ingin kejelasan dari panitia pemilihan,seperti ; mengenai proses bacalon yang diduga terlibat melanggar norma agama dan adat Salingka Nagari,melakukan kampanye sebelum jadwal yang ditetapkan pelaksana,calon walinagari menggandeng partai politik dengan membagikan Dana Pokir kepada masyarakat,hingga isu LGBT yang beredar di media sosial.”katanya.

Senada dengan Datuak Godang,William salah satu perantau Nagari Tapi Selo yang ikut memantau perkembangan Pilwana di nagarinya menuturkan,”Seharusnya,panitia pemilihan jeli menyikapi pengaduan dan laporan masyarakat tentang Bakal Calon yang akan diseleksi,terlebih lagi,ada salah satu calon yang diduga pernah menjadi korban pemerasan,hingga hampir menghilangkan nyawa korban itu sendiri.

“Setelah kejadian,tersangka membuat pengakuan yang mengejutkan,bahwa sebelum penusukan, pelaku dan korban berhubungan sesama jenis terlebih dahulu.”mengenai perihal pengakuan tersebut,kita juga belum dapat klarifikasi dan bantahan dari korban sekaligus calon terbaik yang memenangkan pilwana Nagari Tapi Selo.

“Dari pengakuan dan belum terungkap kasus LGBT yang menimpa anak nagari terbaik kami itu,alangkah bijaknya,petinggi – petinggi seperti KAN dan BPRN di kampung saya mengambil tindakan secepatnya,agar roda pemerintahan nagari berjalan baik tanpa ada batu sandungan untuk bekerja,”ujar mantan PNS yang telah malang melintang mengawal beberapa pemimpin di berbagai provinsi.

Nilting Haidor,pemuda yang juga ikut memantau jalannya Pilwana mengungkapkan,”kalau dilihat dari pelaksanaan,saya rasa pemilihan kali ini cukup terbilang sukses,hanya saja banyak yang merasa di rugikan dan tentu saja ada kecurigaan dari beberapa pihak calon,oleh karena itu gugatan disampaikan.

Kalau hanya sekedar surat gugatan,kita juga yakin panitia akan secepatnya merespon dan memproses.”apalagi ada isu yang menyangkut norma agama dan adat salingka nagari yang menjadi syarat mutlak untuk pencalonan.”katanya.(haries)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img