32 C
Padang
Rabu, Februari 28, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Peserta KKN 2023 Universitas Andalas Mengunjungi Ladang Kayu Putih dan Memahami Proses Penyulingan
P

Kategori -
- Advertisement -

Oleh: Tim KKN Unand 2023 Nagari Tanjung Bonai Aur

Sijunjung,BeritaSumbar.com,- Peserta KKN 2023 dari Universitas Andalas dan Universitas Negeri Padang mengadakan kunjungan ke Ladang Kayu Putih dan tempat penyulingan minyak Kayu Putih. Dalam kunjungan tersebut, para mahasiswa mendapatkan kesempatan langka untuk belajar langsung tentang teknik penyulingan minyak Kayu Putih dari Imra Junaidi, wali jorong setempat.

Kegiatan dimulai dengan makan siang bersama di tengah keindahan hutan. Para mahasiswa menikmati hidangan sambil beristirahat setelah perjalanan cukup jauh. Setelah makan siang, mereka diberikan penjelasan mendalam oleh Bapak Imra Junaidi tentang teknik penyulingan minyak Kayu Putih di Nagari Tanjung Bonai Aur.

Imra Junaidi dengan sabar menjelaskan proses mulai dari pemetikan daun Kayu Putih hingga pengemasan dan pemasaran. Mahasiswa mendapatkan wawasan tentang pentingnya memilih daun pada tahap kematangan yang tepat untuk memastikan kualitas minyak yang dihasilkan. Mereka juga diajak melihat secara langsung proses penyulingan minyak Kayu Putih dan terkesima dengan perangkat yang digunakan.

Namun, Imra Junaidi juga mengakui adanya kendala dalam industri ini. Salah satunya adalah tingkat kemurnian minyak yang masih perlu ditingkatkan. Meskipun telah ada kemajuan yang signifikan, nilai rendemen minyak belum mencapai titik maksimal, dan pengemasan masih kurang steril. Hal ini menjadi tantangan yang harus diatasi agar industri minyak Kayu Putih dapat berkembang dengan baik.

Para mahasiswa KKN mengucapkan terima kasih kepada Imra Junaidi atas penjelasan dan waktu yang diberikan. Mereka merasa terinspirasi dan termotivasi untuk berkontribusi dalam memajukan industri minyak Kayu Putih di daerah tersebut. Kunjungan ini membuka wawasan baru bagi para mahasiswa dan meningkatkan pemahaman mereka tentang proses produksi minyak Kayu Putih.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img