32 C
Padang
Kamis, Mei 23, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Perhatian khusus Minang Diaspora Network Global Terhadap Korban Banjir Lahar Dingin Gunung Merapi
P

Kategori -
- Advertisement -

Bukitinggi, beritasumbar.com — Perhatian serius ditunjukkan Minang Diaspora Network Global (MDNG) bagi korban banjir lahar dingin Gunung Marapi, yang terjadi Jumat sore (5/4/2024), di Nagari Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam.

Sebagai lembaga aktif di bidang kemanusiaan dan peduli kepada ke sesama, MDNG tidak hanya beri bantuan mendasar seperti beras, tapi juga menyewakan rumah untuk 4 kepala keluarga (KK).

Wakil Bendahara MDNG, Yeni Halim mengatakan, bantuan sewa rumah bagi 4 KK oleh MDNG mengingat rumah para korban tidak layak lagi untuk ditempati, akibat terjangan bajir lahar dingin Gunung Marapi.

“MDNG agar membantu sewa rumah bagi 4 KK atas petunjuk dari Presiden Direktur MDNG, Prof Fasli Jalal,” ujar Yeni Halim kepada wartawan, Selasa (9/4/2024).

Disampaikan Yeni, MDNG telah meminta bantuan kepada wali nagari setempat agar dapat mencarikan rumah untuk 4 KK tersebut.

“Setelah rumah bagi 4 KK didapatkan, MDNG akan menceknya dulu. Setelah sesuai MDNG membantu biaya sewanya selama 1 tahun ke depan,” tuturnya.

MDNG atau Perantau Minang se Dunia, sebelumnya telah beri bantuan sebanyak 820 kilogram kepada korban banjir lahar dingin Gunung Marapi.

“Bantuan disalurkan hari ini wujud kepedulian Perantau Minang se Dunia atas bencana yang melanda beberapa wilayah di Sumbar,” tuturnya.

“Ke- 820 kilogram beras diantar perwakilan MDNG ke posko tanggap darurat. Bantuan diterima Bupati Agam, Dr H Andri Warman, yang disaksikan Camat, Wali Nagari, dan sejumlah pimpinan OPD serta sejumlah tokoh masyarakat lainnya,” paparnya.

Ia mengatakan, bantuan ini bersumber dari perantau minang yang tersebar diberbagai negara seperti, Indonesia, Kuwait, Amerika, Belanda, Australia dan lainnya.

“Kami dari MDNG sangat prihatin atas musibah yang dialami para korban. Bagi korban terdampak langsung, agar sabar dan tabah dalam menghadapi cobaan ini,” harapannya.

Yeni mengucapkan terimakasih ke seluruh donatur, dan perantau minang se dunia, karena sudah peduli kepada para korban bencana alam yang terjadi di Sumbar.

Diketahui, bencana bajir lahar dingin Gunung Marapi melanda Nagari Bukik Batabuah, Kabupaten Agam pada Jumat sore (5/4/2024), menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, fenomena ini dipicu oleh hujan lebat yang terjadi di wilayah tersebut.

Sebagaimana telah disampaikan Kepala BPBD Agam, Budi Prawiranegara, bahwa kejadian ini terutama berdampak pada Kecamatan Canduang dan Sungai Pua, dengan berbagai kerusakan termasuk pemutusan jalan pertanian dan kendaraan yang terjebak.

Banjir ini tidak hanya merusak infrastruktur tetapi juga berdampak pada rumah warga dan akses jalan di beberapa nagari, termasuk Bukik Batabuah dan Nagari Sungai Pua. (Mta)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img