31 C
Padang
Kamis, Juni 13, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Penuh Haru, Malam Keakraban Santri Asrama Siti Khadijah MAN 1 Solok PK Menjelang Lulus
P

- Advertisement -

Kabupaten Solok, beritasumbar.com – Santri Asrama Puteri MAN 1 Solok Plus Keterampilan mengadakan malam  keakraban dalam rangka perpisahan dengan santri kelas XII. Acara tersebut dilaksanakan usai shalat ‘isya  di Aula Asrama Siti Khadijah MAN 1 Solok PK. Jum’at (24/02/2023)

Kelas XII atau kelas 3 MAN tinggal menghitung hari menjelang kelulusan. Setelah 3 tahun berjuang belajar dengan memakai seragam putih abu-abu, sebentar lagi akan menjadi mahasiswa dengan seragam almamater yang baru, status yang baru dan cara belajar yang baru.

Begitupun santri yang tinggal di asrama, sebentar lagi akan berpisah dengan teman seangkatan, meninggalkan adik-adik dan pembina yang sama-sama tinggal di asrama setiap harinya.

Menjelang hari kelulusan itu tiba, santri asrama puteri MAN 1 Solok PK mengadakan perpisahan dengan adik-adik kelas dan pembina asrama sekaligus perpisahan dengan 2 orang pembina program bahasa asing yang berasal dari Pondok Pesantren Darul Rahman Jakarta.

Acara tersebut dimulai sekitar pukul 21 malam hingga mendekati pukul 1 dini hari. Kelas XI atau pengurus asrama periode 2022/2023 bertindak sebagai panitia pelaksana acara tersebut. Diikuti oleh seluruh santri dan pembina asrama puteri.

Dimulai dengan tilawah pembukaan oleh salah satu santri kelas XI, Mila Suryani,  dilanjutkan dengan kata sambutan oleh presiden asrama periode 2022/2023, Salwa Alisyah.

“Kami semua berharap semoga Kakak-Kakak semua dapat diterima di kampus pilihan yang diimpikan,” ujar santri asal Dharmasraya itu mengawali sambutannya

“Semoga Kakak-Kakak istiqamah di jalan Allah, dan ketika telah pergi dari asrama ini nanti jangan lupa berkunjung lagi ke sini, karena ini rumah kita bersama. Kami harap Kakak-Kakak dan Ukhti tidak melupakan kami dan kisah yang pernah ada di antara kita,” ujarnya melanjutkan

Mantan presiden asrama periode 2021/2022 sebagai perwakilan dari kelas XII, Elfizah mengucapkan terima kasih kepada ustadzah pembina dan adik-adik tingkatnya yang telah mempersiapkan acara ini untuk mereka.

“Jangan tiru sikap dan tingkah laku yang tidak baik yang pernah kami lakukan dan ambillah yang baik-baik saja,” pesannya sebelum menutup sambutan tersebut

Ustadzah Rahma Tiah Ismiatri, S.Pd mewakili pembina Asrama Siti Khadijah berpesan kepada santri kelas XII yang akan segera tamat itu agar tetap istiqamah menjaga ibadah mereka.

“Walau tidak akan ada lagi yang akan mengingatkan setiap waktu, tidak ada lagi yang akan membangunkan tahajjud di sepertiga malam, tetaplah tunaikan ibadah tepat waktu,” pesannya

Acara tersebut juga diiringi dengan puisi Selamat Jalan Kakak yang dibacakan oleh 2 orang santri kelas X,Salsabilla Afradiana dan Intan Larasati. Kemudian dilanjutkan dengan lagu-lagu perpisahan terbaik yang dipersembahkan oleh seluruh santri kelas X dan XI kepada Kakak-Kakaknya.

Acara dilanjutkan dengan pemasangan mahkota dari pengurus periode 2022/2023 kepada pengurus periode 2021/2022 dan juga dari perwakilan kelas X kepada 5 orang ustadzah pembina asrama.

Setelah itu dilanjutkan dengan saling bermaafan dan berangkulan satu sama lain sebagai bentuk keakraban dan kasih sayang antara teman sebaya, antara Kakak dengan adik-adiknya, dan antara Ibu dengan anak-anaknya. Di sinilah tangisan haru, penyesalan, dan kasih sayang itu pecah.

Malam penuh haru dan keakraban itu diakhiri dengan foto bersama dan pemotongan kue. Acara berakhir menjelang pukul 1 dini hari dengan binar haru dan kedamaian.

Kepala Asrama MAN 1 Solok, Endry Yeni, S.Pd saat dikonfirmasi tadi siang (25/02) mengatakan bahwa ia tidak sempat menghadiri kegiatan yang penuh makna tersebut dikarenakan ada kegiatan di luar yang tidak bisa ditinggalkan.

“Alhamdulillah, senang sekali mendengar cerita anak-anak, bahwa mereka senang dengan acara yang diadakan semalam. Semoga jalinan silaturrahmi dan ukhuwah tetap terjalin erat antar sesama kita,” ucap guru Bahasa Inggris yang akrab disapa Mis En tersebut. (Fitria)

Keluarga Besar Asrama Siti Khadijah MAN 1 Solok Plus Keterampilan. (Seragam Hitam-Maroon Pembina Asrama, Hitam-Coksu Kelas XII, Hitam-Grey Kelas XI, Hitam-Hitam Kelas X, dan Hitam-Milo Anak MTsN 2)
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img