25 C
Padang
Jumat, Juni 14, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pengayaan Materi Pemanasan Global di SMA Negeri 2 Gunung Talang Kabupaten Solok
P

Kategori -
- Advertisement -

Oleh : Dr. Dedi Mardiansyah dan Tim Dosen Departemen Fisika Universitas Andalas

Kabupaten Solok,Beritasumbar.com,– Saat ini, kemajuan teknologi terus meningkat dengan pesat, mendorong kita untuk meningkatkan keterampilan di berbagai aspek kehidupan. Peningkatan kemampuan di bidang Pendidikan menjadi sangat krusial, terutama bagi siswa-siswi, karena tanpa pendidikan, mereka akan ketinggalan.

Pendidikan memberikan peluang besar bagi siswa-siswi untuk menguasai teknologi. Pemerintah telah berupaya meningkatkan kualitas pendidikan melalui perbaikan kurikulum yang secara berkala ditingkatkan untuk mengikuti perkembangan zaman. Kurikulum menjadi dasar bagi guru dan siswa dalam menjalankan proses belajar mengajar di kelas. Kurikulum yang baik akan menciptakan proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.

Pentingnya pengayaan dalam berbagai mata pelajaran untuk meningkatkan pengetahuan siswa-siswi di luar jadwal reguler sangat diakui. Pengayaan merupakan tambahan pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa-siswi, terutama pada mata pelajaran yang dianggap sulit.

Kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan ketertarikan siswa-siswi terhadap pelajaran sains, terutama dalam pemahaman terkini mengenai pemanasan global serta untuk menumbuhkan kecintaan terhadap alam dan lingkungan. Dengan demikian, mereka akan lebih siap untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sesuai impian mereka.

Kegiatan pengabdian ini melibatkan pengayaan materi yang kemudian diikuti dengan evaluasi. Sebelum memasuki acara ini, dilakukan tahap pre-test dengan mengajukan lima pertanyaan terkait dengan pemanasan global. Pre-test bertujuan untuk mengukur pengetahuan siswa-siswi sebelum mereka mendapatkan pengayaan dari pemateri.

Kegiatan Pengabdian ini dilaksanakan dari bulan Oktober-November 2023 di SMA N 2 Gunung Talang, Kabupaten Solok. Kegiatan ini merupakan gabungan kegiatan secara Online dan Offline. Materi pertama disampaikan oleh Prof. Dr. techn. Marzuki. Siswa-siswi mendapatkan informasi menarik mengenai pemanasan global dan data terkini mengenai kondisi pemanasan global saat ini melalui presentasi slide power point yang disampaikan.

Materi kedua di sampaikan oleh ibu Mutya Vonnisa, M.Sc. Materi kedua ini lebih di fokuskan mengenai dampak-dampak yang terjadi pada pemanasan global. Pola cuaca merupakan suatu bagian penting dalam kehidupan yang akan mempengaruhi tanaman, dan pangan, air yang kita konsumsi, tempat tinggal, serta berbagai aktivitas dan kesehatan manusia. Materi kedua disampaikan selama 90 menit, dengan siswa-siswi diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi pada akhir sesi. Mereka menunjukkan antusiasme dalam mengikuti kegiatan pengayaan ini, menciptakan suasana belajar yang unik saat mempelajari materi pemanasan global. Berdasarkan observasi keaktifan, sebagian besar siswa-siswi aktif bertanya atau merespons pertanyaan pemateri.

Pre-test terdiri dari lima soal mengenai pemanasan global dan efek rumah kaca. Setelah dianalisis, secara umum, pemahaman siswa-siswi tentang pemanasan global dan efek rumah kaca masih terbatas. Hanya sedikit siswa yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar, terutama pada soal pertama, di mana hanya 15% siswa yang menjawab dengan benar. Rata-rata nilai pre-test yang diperoleh adalah 33,8%.

Setelah sesi II berakhir, siswa-siswi menjawab pertanyaan post-tes yang diberikan oleh panitia. Soal post-tes identik dengan soal pre-test dan tidak pernah dibahas oleh pemateri, sehingga hasilnya mencerminkan usaha individu mereka. Dari hasil tersebut, terjadi peningkatan persentase nilai rata-rata mereka, dengan persentase jawaban yang benar saat post-tes mencapai 68,4%.

Terima kasih kepada tim panita yaitu: dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa. Kepada Mitra : Kepala Sekolah, para guru di SMA N 2 Gunung Talang. Kegiatan pengabdian ini didukung dari Dana PN-UNAND FMIPA Universitas Andalas sesuai dengan Kontrak Pengabdian Masyarakat Batch II Nomor: 08/UN.16.03.D/PP/FMIPA/2023 T.A. 2023.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img