23.7 C
Padang
Minggu, September 19, 2021
Beritasumbar.com

Pencarian Orang Hilang Dilaut Tiku Terkendala Cuaca
P

Kategori -

Agam,BeritaSumbar.com,-Pencarian Rio,(35), warga Pasia Paneh, Nagari Tiku Selatan, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, yang hilang saat memancing ikan di laut Tiku, Selasa (28/8), hingga malam ini belum membuahkan hasil.
Kelaksa BPBD Agam, melalui Kabid KL, Syafrizal menjawab AMC menyebutkan, setelah berbagai upaya yang dilakukan, korban masih belum dapat ditemukan dan pencarian akan dilanjutkan besok, Rabu (29/7) mulai pukul 08.00 WIB.

Baca Juga: Riau Klaim 100 Persen PAP PLTA Koto Panjang Masuk PAD Riau, Ini Tanggapan Tokoh Masyarakat Limapuluh Kota

“Tadi tim mengalami kesulitan karena cuaca tidak kondusif yang saat itu terjadi hujan badai, sehingga pencarian tidak maksimal. Pencarian hari ini sudah dihentikan pukul 18.00 WIB,” ujarnya.
Dengan kondisi itu, katanya, pencarian tadi hanya bisa dilakukan dengan penyisiran di sepanjang pesisir pantai Tiku, karena untuk pergi ke titik di mana korban jatuh yang berjarak sekitar 50 kilometer dari pantai tidak bisa dilakukan.
“Apabila tetap dipaksakan akan membahayakan keselamatan tim, karena kondisi cuaca yang tidak memungkinkan. Kita lihat besok, jika cuaca bagus ditelusuri sampai titik tempat korban jatuh,” sebutnya.
Dijelaskan, tim pencarian melibatkan BPBD, Satpol PP-Damkar, PMI, Basarnas, Bakamla, TNI, pemerintah kecamatan dan nagari, masyarakat serta nelayan, dengan menggunakan 1 unit kapal Polairud dan kapal nelayan. Sedangkan perahu karet milik BPBD belum bisa dipakai, karena terkendala cuaca.
Menurutnya, untuk pencarian besok akan ada penambahan kapal dari SAR jenis RIB, yang saat ini masih dalam perjalanan dari perairan Teluk Kabung Padang. Namun kapal masih menepi di perairan Padang Pariaman karena terperangkap badai.
Berdasarkan informasi sebelumnya, korban dilaporkan hilang saat memancing ikan bersama 9 orang rekannya menggunakan kapal bagan, Senin (27/7) sekitar pukul 16.00 WIB. Saat itu kapal berlabuh dari pasia Tiku menuju kawasan laut Labuhan.
“Saat memancing, beberapa jam kemudian kapal berhenti hingga pukul 03.00 WIB dini hari dan kembali melanjutkan pencarian ikan. Namun rekan korban tidak lagi melihat Rio dan tidak diketahui keberadaannya,” kata Syafrizal sesuai informasi di lapangan.
Bahkan rekan korban sempat melakukan pencarian, tetapi Rio tidak berhasil ditemukan. Kendati demikian, rekannya kembali menepi dan melaporkan kejadian itu kepada jorong dan Polairud.
“Kemudian laporan itu diteruskan kepada BPBD dan personil langsung kita kerahkan ke lokasi untuk melakukan pencarian,” tukasnya.(relis)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pemkot dan Pedagang Goro Bersihkan Pasar Bawah yang Terbakar, Erman Safar: Senin Besok Pembangunan Dimulai

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sehari pasca musibah kebakaran Pasar Pawah, Bukittinggi pada Sabtu (11/9/2021), dini hari, Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi langsung gerak cepat menggelar "Gotong...
- Advertisement -

Tinjau Pelaksanaan Seleksi CPNS 2021, Bupati Lima Puluh Kota Ingatkan Prokes Covid 19 dan Motivasi Pada Peserta

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com,-- Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo melakukan peninjauan secara langsung pelaksanaan Tes Sekeksi Kemampuan Dasar (SKD) hari pertama Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di SMPN 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota pada, Rabu (15/9/2021)

Partai Gerindra Gelar Vaksinasi Massal, Reki: Dosis untuk 5.000 Orang

Bukittinggi, beritasumbar.com - Menindaklanjuti intruksi DPD Gerindra Provinsi dan pemerintah, DPC Gerindra Bukittinggi gelar vaksinasi massal. Vaksinasi tersebut dipusatkan di kantor Gerindra jl by...
- Advertisement -

Lima Positif Covid-19 dan Empat Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Perkembangan kasus Covid-19 Kota Payakumbuh terus melandai dari hari kehari. Dimana sampai Jumat(17/09) kasus aktif virus corona tinggal 49 kasus.

Berikut Hal Yang Tidak Boleh Disebar di Internet

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, — Warga Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar, diminta untuk waspada mengumbar data pribadi di internet. Berikut sederet hal yang tidak boleh disebar di internet menurut pakar yang dihadirkan Kemenkominfo via webinar.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Literasi Digital di Agam, Ini Kata Kepsek SMAN 1 Palembayan

Agam,BeritaSumbar.com, — Kepala SMAN 1 Palembayan, Kabupaten Agam, Harpizon Astani menyebut kebebasan berekspresi yang termaktub dalam pasal 28 UUD 45 dan merupakan hak azasi manusia.

Cara Bijak Memaksimalkan Marketplace Online Dibahas di Agam

Agam,BeritaSumbar.com, — Pandemi membuat masyarakat membeli seluruh kebutuhannya melalui online di marketplace. Barang yang paling banyak dicari di e-commerce ialah, pakaian dan produk kecantikan, elektronik, serta travel dan akomodasi.

Warga Agam Diminta Pahami Rekam Jejak Era Digital

Agam,BeritaSumbar.com, — Psikolog dan Dosen Universitas Presiden, Grace Amin membeberkan bahwa rekam jejak digital di internet berpotensi menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Jangan Asal Klik di Internet, Ini Penjelasan Pakar Informatika Agam

Agam,BeritaSumbar.com, — Guru Informatika SMAN 1 Lubuk Basung, Wery Milasari, meminta masyarakat untuk tidak asal-asalan dalam membuka situs internet.

Pemeriksaan Kesehatan dan Edukasi Pada Kelompok Lansia MELATI di Nagari Sungai Buluh Selatan

Tingkat kematian kelompok lansia yang terinfeksi COVID-19 memang merupakan yang tertinggi dibandingkan kelompok usia lainnya. Populasi lanjut usia, terutama yang berusia di atas 70 tahun, merupakan kelompok yang paling rentan terhadap penyakit COVID-19. Daya tahan tubuh yang melemah dan adanya penyakit kronis bisa meningkatkan risiko lansia terkena COVID-19 serta mengalami gejala yang lebih parah dan bisa berakibat fatal.

Dikukuhkan Sebagai Nagari Konstitusi, Zul Arfin: Jalan Lobi ke Pusat Terbuka Luas

Agam, beritasumbar.com -- Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, dikukuhkan sebagai nagari konsitusi, Sabtu (28/8/2021). Penetapan nagari Pasia Laweh sebagai nagari konstitusi, melalui surat...

Mahasiswa KKN Unand Lakukan Pemasangan Lampu PJU Energu Surya di Lokasi Objek Wisata Panorama Balai Balai

Agam,BeritaSumbar.com,- Sebagai Karya Pengabdian Masyarakat , Mahasiswa KKN Unand Melakukan Pemasangan Lampu PJU Energi Surya Pada Objek Wisata “Panorama Balai Balai” di Jorong Salimpariak Nagari Padang Lua

Pengabdian TIM KUKERTA UNRI Nagari Kapau Lakukan Pendampingan Belajar Dengan Media Gameboard

Agam,BeritaSumbar.com,- Tim KUKERTA UNRI melakukan kegiatan pembelajaran dengan Media Gameboard pada jumat (6/8/2021) di Jorong Padang Canting, Kabupaten Agam , Sumatera Barat. Kegiatan ini menyasar siswa Sekolah Dasar ( SD ) yang berada dilingkungan sekitar.

Mahasiswa KKN Unand Sosialisasikan Pentingnya Hak Merek Bagi UMKM

Agam,BeritaSumbar.com,- Melek akan Pentingnya Hak Merek, Mahasiswa KKN Universitas Andalas Nagari Padang Lua Melakukan Sosialisasi Terkait dengan Pentingnya Hak Atas Merek Bagi Pelaku UMKM di Banuhampu

Fakultas Pertanian Unand Bangun Kawasan Konservasi Bunga Bangkai di Tilatang Kamang Kabupaten Agam

Bunga bangkai raksasa (Amorphophallus titanum Becc.) merupakan spesies bunga terbesar di dunia dengan ukuran bisa mencapai lebih dari 2 meter dengan diameter lebih dari 1 meter.
- Advertisement -