27 C
Padang
Sabtu, April 17, 2021
Beritasumbar.com

Pencak Silat Akhirnya Resmi Menjadi Cabor di Asian Games 2018
P

Kategori -

Oleh: Anas Apriyadi (Citizen Jurnalism)

[dropcap font=”0″]P[/dropcap]encak Silat akhirnya untuk pertama kali akan dipertandingkan sebagai cabang olahraga resmi yang memperebutkan medali pada Asian Games 2018 di Indonesia. Hal tersebut ditegaskan dirjen PERSILAT (Persekutuan Pencak Silat Antarabangsa) Sheih Ala’udin kepada harian TNP di Singapura berdasarkan surat keputusan yang ditandatangani Ketua KOI Rita Subowo dan Presiden OCA Sheikh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah sebagai hasil kesepakatan pembahasan rapat koordinasi Asian Games 26-27 Januari lalu.

Masuknya Pencak Silat sebagai cabang olahraga resmi di Asian Games adalah buah kerja keras selama 15 tahun untuk mempertandingkan Pencak Silat di ajang olahraga terbesar se Asia tersebut sejajar dengan Karate, Taekwondo, Judo, dan Wushu. Meski Pencak Silat sudah dipertandingkan di SEA Games sejak tahun 1987, Silat masih sulit menembus ajang multievent yang lebih tinggi. Lobi yang dilakukan Persilat ke OCA untuk memasukkan Silat sudah dimulai sejak tahun 2000.

Pada tahun 2002 Pencak Silat diperbolehkan tampil di Asian Games Busan sebagai cabang eksebisi saja, pada Asian Games seterusnya Pencak Silat gagal ditampilkan apalagi menjadi cabor. Setelah itu perkembangan olahraga Pencak Silat seakan jalan di tempat.

Kesempatan muncul setelah Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah Asian Games 2018 menggantikan Vietnam. Indonesia sebagai asal dari Pencak Silat tentu berusaha memasukkan olahraga berladiri andalan dan kebanggaannya sebagai cabor resmi. Kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh KOI maupun Persilat agar Pencak Silat tidak sekedar numpang lewat sebentar saja di Asian Games. Jangan lupa ketika Asian Beach Games pertama kali diadakan di Bali tahun 2008, Pencak Silat ‘dipaksa’ dipertandingkan sebagai cabor baru Pencak Silat Pantai, karena faktor Indonesia menjadi tuan rumah. Namun di penyelenggaraan-penyelenggaraan berikutnya Pencak Silat tidak pernah kembali dipertandingkan. Demikian pula pada Asian Martial Arts Games Pencak Silat tidak dipertandingkan.

14251967101125275850

Persilat perlu memperbanyak dan menghidupkan federasi lokal Pencak Silat di negara-negara Asia agar lebih banyak negara yang menginginkan P.S. rutin dipertandingkan di Asian Games. Seperti yang dikatakan Sheik Ala’udin, saat ini baru 28 negara dari 45 negara Asia yang memiliki federasi Pencak Silat. Jumlah yang masih belum ideal apalagi mempertimbangkan kualitasnya, di Kejuaraan Dunia Pencak Silat saja masih ada pesilat asia yang dicomot dari atlet beladiri lain, pengurus federasi pun ada yang cuma sambilan sebagai pengurus beladiri lain. Hal lain yang perlu dibenahi adalah pemerataan kekuatan Pencak Silat.

Bukanlah hal yang menarik jika olahraga Pencak Silat hanya dikuasai nagara itu-itu saja. Negara lain pun akan berpikir ulang untuk mengikutsertakan atletnya di ajang multievent jika juaranya sangat mudah ditebak. Sampai sekarang kekuatan Pencak Silat di Asia (juga dunia) masih berkutat di kawasan Asia Tenggara, di kejuaraan dunia terakhir pun semua medali emas diraih pesilat dari Asia Tenggara, pesilat negara Asia lain yang mendapat 4 besar seingat saya cuma 1 dari Kazakhstan. Jika sudah masuk Asian Games Pencak Silat harusnya menjadi olahraga yang bisa ‘dimiliki’ oleh semua bangsa Asia.

Tentu kita bangga olahraga beladiri asal Indonesia bisa dipertandingkan di Asian Games, dan berharap Pencak Silat lebih berkembang di Asia dan dunia. Sayangnya di negeri sendiri sepertinya tidak ada media yang memberitakan kabar baik ini. Saya sudah browsing berkali-kali tetap tidak menemukannya, padahal berita ini sudah beberap hari. Saya malah mendapat berita ini dari media Singapura. Jadi, apakah kebanggan kita akan Pencak Silat sudah berkurang?

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pemko Payakumbuh Terima Penghargaan Dari BI Sumatera Barat

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, – Pemerintah Kota Payakumbuh menerima penghargaan dari Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat sebagai Kota yang telah melaksanakan pembentukan dan penandatanganan SK Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Provinsi Sumatera Barat yang diserahkan secara langsung oleh Gubernur Sumatera Barat yang dalam hal ini diwakilkan oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Benni Warlis di Kantor Bank Indonesia (BI) Sumatera Barat, Jumat (9/4).
- Advertisement -

Bupati Padang Pariaman Kukuhkan H. Mahyudin Putra Minang, SE Cs Jadi Koordinator Pengurus Ranah dan Rantau Secara Nasional

JAKARTA - Ranah dan Rantau harus bersinergi untuk kemajuan kampung halaman. Acara Silaturahmi Ranah dan Rantau dengan Pemkab Padang Pariaman dilaksanakan di Hotel Balairung, Matraman, Jakarta pada Sabtu malam (10-04-2021)

Etika Politik Koalisi PKS dan PAN Dalam Menentukan Wakil Walikota Padang

Kota Padang sudah resmi memiliki walikota. Sejak dilantiknya Hendri Septa pada tanggal 7 April 2021. Dimana sebelumnya Hendri Septa menjabat sebagai wakil walikota dan selanjutnya pelaksana tugas Walikota Padang. Posisi tersebut ditempatinya untuk mengisi kekosongan setelah Buya Mahyeldi Ansharullah dilantik sebagai Gubernur Sumbar.
- Advertisement -

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Erman Safar Larang Tempat Hiburan Beroperasi di Bulan Ramadhan

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, mengimbau seluruh kegiatan yang berhubungan dengan hiburan, agar dihentikan pada waktu ibadah puasa dan shalat tarawih di...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Startup Milenial Bekerja Membangun Negeri: Pelatihan Gratis Digital Marketing dengan Instagram untuk KUMKM se-Indonesia

Startup digital agency Dig.It.All untuk keseskian kalinya kembali berkontribusi dalam pengembangan kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menegah (KUMKM) yang sedang berupaya melakukan transformasi, dari bisnis tradisional brick and mortar menjadi bisnis yang mampu memanfaatkan peluang dari geliat pertumbuhan pasar online.

BNPT Gandeng Pemuka Agama untuk Cegah Pengaruh Radikal Terorisme pada Generasi Milenial

Generasi milenial sangat rentan terpengaruh pada paham radikal terorisme yang menjadi misi bagi organisasi terlarang dunia, seperti ISIS dan Wahabi. Guna mencegah hal tersebut, Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa menggelar Dialog Kebangsaan dengan tema ‘Kebhinekaan Penyelamat Bangsa’, pada Jumat malam (9/4/2021) di Taman Miniatur 99 Masjid Dunia, Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Munas IV Akbarindo Canangkan Profesionalisme Masyarakat Jasa Konstruksi untuk Pembangunan Indonesia

Sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme masyarakat jasa konstruksi dalam mewujudkan pembangunan Indonesia, Asosiasi Kontraktor Bangunan Konstruksi Indonesia (Akbarindo) mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) IV pada Kamis, 8 April 2020 di Hotel Ambhara, Kebayoran Baru, Jakarta.

BNPT: Perkuat Sinergi Antar Lembaga Untuk Cegah Terorisme

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar Rapat Koordinasi dalam Rangka Penandatanganan Dokumen Kesepakatan Rencana Aksi Kementerian/Lembaga Dalam Program Penanggulangan Terorisme di Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 pada Kamis, 8 April 2021 di Hotel Pullman, Jakarta.

Ridwan Kamil Tepati Janji, Hadiah Motor Buat THL Pemko Payakumbuh Akhirnya Datang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menepati janjinya kepada salahsatu Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, Adi Ironi.

Alodokter– Alomedika Berkalaborasi Dengan Dinkes, Puslatkesda, Dan IDI Dukung Percepatan Program Vaksinasi Dengan Pelatihan Vaksinator Terbesar Di Indonesia

Jakarta, - ALODOKTER, platform kesehatan digital no.1 di Indonesia, berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), Pusat Pelatihan Kesehatan Daerah (Puslatkesda), dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk mengadakan pelatihan vaksinator massal. Pelatihan ini menargetkan lebih dari 10.000 tenaga kesehatan untuk berpartisipasi dan mendapatkan sertifikasi vaksinator COVID 19.

TERKAIT INSIDEN MABES POLRI, Ketum PB Perbakin ; Pelaku Bukan Anggota dan KTA Tersebut Palsu !

JAKARTA | Ditemukan sejenis KTA Perbakin dari terduga pelaku penyerangan MABES POLRI pada Rabu 31/03 siang kemarin yang menjadi pemberitaan pada media massa mendapat klarifikasi dari Ketua Umum PB Perbakin Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto.

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Kunjungi Payakumbuh, Ridwan Kamil Buka Peluang Pemasaran Produk UMKM-Pertanian Luak Limopuluh Di Jabar

Payakumbuh, beritasumbar.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuka peluang untuk pemasaran hasil produk Usaha Mikro, Kecil dan menengah (UMKM) serta pertanian dari Kota...

Bea Serendy Garap Videoklip Lagu Romantis Karya AM. Kuncoro, Sampai Matahari Berhenti Bersinar

Bea Serendy akan meramaikan dunia musik Indonesia dengan single solo perdananya yang berjudul ‘Sampai Matahari Berhenti Bersinar’, setelah sukses merilis lagu duet bersama Alex Yunggun, kakak kandungnya. Penyanyi cantik tersebut menjalani syuting videoklipnya pada Jumat 26 Maret 2021 di Yogyakarta.
- Advertisement -