30 C
Padang
Kamis, Agustus 5, 2021
Beritasumbar.com

Pemko Payakumbuh Rangkul Perbankan Untuk Bina UKM
P

Kategori -

Persoalan modal masih menjadi problema bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah dalam mengembangkan usahanya di Payakumbuh. Untuk menyehatkan usaha UMKM itu, Pemko Payakumbuh melalui Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Perdagangan (Koperindag) menggelar acara temu mitra di aula Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Kamis (12/3).

Gelar acara dari program kemitraan dan bina usaha itu, menghadirkan sejumlah perbankan dan BUMN yang ada di Sumatera Barat. Sebanyak 40 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah di kota ini ikut serta dalam pertemuan itu. Sekdako Payakumbuh H. Benni Warlis yang membuka temu mitra itu berharap, agar jajaran perbankan dan BUMN punya tanggung jawab moral menyehatkan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah, dengan menyalurkan dana CSR buat bantuan modal.

Menurut Benni, pelaku usaha mikro dan kecil akan menjadi menengah dan besar, jika seluruh perbankan dan BUMN ikut membina pelaku usaha mikro dan kecil itu. Di antaranya, selain melakukan pendampingan usaha, tapi ikut memberikan dana CSR untuk penguat modal usaha. “Jika usaha mikro dan kecil sudah sehat, maka pertumbuhan ekonomi daerah juga akan lebih kuat, dan dampaknya adalah kesejahteraan masyarakat,” tegas Benni.

Dikatakan, program yang diluncurkan pemerintah sudah cukup baik, dengan memberikam KUR untuk pelaku usaha mikro, tanpa agunan. Tapi, kenyataan di lapangan, masih ada di antara bank belum secara total menyalurkan KUR. Di bagian lain, pelaku usaha juga masih ada yang tak disiplin mengembalikan pinjaman yang diberikan. Sehingga, menjadi pinjaman macet yang jumlahnya lumayan besar.

Karena itu, pemerintah meluncurkan program alternatif dengan membuka akses ke dana CSR (coorporate social responsibility) BUMN yang ada di Sumatera Barat. Program ini juga dikenal dengan PKNL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan) yang dimiliki oleh seluruh BUMN di Indonesia. Harapan sekdako, kehidupan UMKM di Payakumbuh akan semakin sehat, agar pertumbuhan usaha mikro dan kecil di Payakumbuh semakin sehat dan kuat.

Data di Dinas Koperindag, perkembangan UMKM di Payakumbuh pada beberapa tahun terakhir, tercatat 14.529 usaha mikro, 5.075 usaha kecil, dan hanya 202 pelaku usaha yang tergolong usaha menengah dan besar. Jika seluruh perbankan dan BUMN ikut membina pelaku bisnis ini, bukan tidak mungkin pertumbuhan ekonomi Payakumbuh akan mencapai 7 sampai 8%, sebut sekdako.

Sebelumnya, dalam laporan Kepala Dinas Koperindag diwakili Sekretaris Dinas Koperindag, Yunida Fatwa, temu mitra sehari itu menghadirkan pemateri Usman (PT. POS Indonesia), Afri Erizon (PT. Angkasa Pura II Cab. BIM Padang) dan Drs. H. Syamsurianis (PT. Semen Padang).

 

Sumber: Humas Kota Payakumbuh
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Seratusan ASN dan Non ASN Jalani Swab PCR Massal di Dinas Kominfotik Sumbar

Padang,BeritaSumbar.com,-Sebanyak 116 orang terdiri dari ASN dan non ASN Dinas Komunikasi Informatika dan statistik (Kominfotik) Sumbar, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumbar dan Komisi Informasi (KI) Sumbar menjalani tes swab PCR, di Kantor Diskominfotik Sumbar, Senin (2/7/2021). Tes swab massal tersebut merupakan upaya untuk memutus penyebaran Covid-19.
- Advertisement -

Happy Neldy Ketua DPC Gerindra Padang Pariaman Galang Dana Bantuan Untuk Gilang Penderita Kanker Hati

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,-Kepedulian Partai Gerindra terhadap masyarakat kurang mampu terkhusus kepada warga yang menderita penyakit terus mengalir bantuan, setidaknya dapat meringankan kehidupan mereka.

Qori Lestari Semangati Masyarakat Jalani PPKM Lewat Rilis Lagu Jangan Menyerah

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat Qori Lestari tersentuh dan terinspirasi menulis lagu Jangan Menyerah. Dokter cantik asal Kota Bandung tersebut ingin menyemangati masyarakat Indonesia dalam menjalaninya.
- Advertisement -

Kakankemenag Padang Panjang Lantik Emi Ratna Aprilana Sebagai Kasi Penmad

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Drs. H. Gusman Piliang, MM lansung pimpin Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah pada Kantor Kementerian Agama Kota Padang, Senin (02/08/2021)

Mewujudkan Zona Integritas, Kakankemenag Lakukan Pembinaan ASN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Selesai acara Pelantikan Pejabat dan Serah Terima Jabatan Kepala Seksi Penmad Kankemenag Kota Padang Panjang, acara dilanjutkan dengan Pembinaan ASN dilingkungan Kemenag Kota Padang Panjang tentang Zona Integritas (ZI) oleh Kakankemenag H.Gusman Piliang didampingi oleh Kasubbag TU H. Bustami di Aula Kankemenag, Senin, (02/08/2021)
- Advertisement -

Tulisan Terkait

School of Randang Sebagai Wisata Gastronomi Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Tantangan kedepan dari kepala daerah adalah bagaimana membangun network dan komunikasi, tetapi yang perlu digaris bawahi adalah sumber daya manusia (SDM) di dalam tentu perlu untuk mereka benahi.

Investasi Cryptocurrency Naik Signifikan

Padang,- Investasi beberapa Cryptocurrency mengalami Kenaikan signifikan pada 2021, Triliunan Rupiah terserap dalam investasi ini

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Bukittinggi Siap Menuju Pusat Kuliner dengan Konsep Malioboro

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebagai pusat kunjungan wisatawan di Sumatera Barat, Kota Bukittinggi terus berbenah. Tidak hanya pada objek wisatanya, pusat kuliner juga menjadi perhatian...

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Terkait Kebijakan Impor Beras, ini Komentar PPI

Jakarta,-Pemerintah baru saja memutuskan untuk melakukan impor beras 1 juta ton dan menugaskan Bulog untuk melaksanakan kebijakan impor tersebut. Terkait dengan kebijakan tersebut, PPI merasa perlu untuk menyampaikan pandangan

Permata Bank dan Astra Life Luncurkan AVA iFamily Protection

Produk e-bancassurance inovatif hasil kolaborasi PermataBank dan Astra Life yang memberikan santunan rawat inap hingga Rp3jt per hari, hadirkan produk perlindungan dan layanan terbaik yang terdigitalisasi bagi keluarga Indonesia

NYALA | OCBC NISP Luncurkan Solusi Finansial Fitness Guna Membangun Generasi Indonesia yang Financially Fit

Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP fokus membangun generasi Indonesia agar memiliki pengetahuan, kebiasaan dan mindset finansial yang tepat. Solusi Financial Fitness hadirkan lebih dari sekadar produk keuangan, ini adalah program pendampingan keuangan untuk membawa Indonesia melaju jauh menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...

DEREKSI hadir di Padang

Hallo Sumbar. YEAY!! 🤗 DEREKSI hadir di Padang niiih 😍😍 Khawatir tidak efektif? Dengerin dulu testimoni dari alumni kita 😊
- Advertisement -