27 C
Padang
Kamis, Januari 28, 2021
Beritasumbar.com

Pemko Pariaman Ikuti Lomba Inovasi Daerah Sambut New Normal
P

Kategori -

Kota Pariaman,BeritaSumbar.com,- Video Conference (vidcon) tentang “Lomba Inovasi Daerah Dalam Penyiapan Tatanan Normal Baru Produktif  Dan Aman Covid-19”, diselenggarakan di ruang rapat walikota pariaman Jumat (29/5), dan dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri P.Tito Karnavian, dan didampingi oleh Kepala Pusat Litbang Inovasi Daerah, Matheos Tan.
Vidcon di ikuti oleh Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin, Plt.Sekda Kota Pariaman, Asisten I, dan juga Kepala Dinas Kominfo Kota Pariaman.
Dalam vidcon tersebut Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kemendagri, akan mengadakan lomba inovasi bagi pemerintah daerah dalam mendorong aktivitas kehidupan masyarakat, di tengah berlangsungnya pandemi covid-19 ini, atau yang akan kita sebut dengan kehidupan normal yang baru (new normal).
Matheos sebutkan dalam vidcon tersebut, lomba ini diadakan untuk mendorong langkah pemangku kepentingan yang belum menerapkan aturan agar segera berinovasi dan beradaptasi menuju ke kehidupan new normal. Selain itu lomba ini juga ditujukan untuk menilai pencegahan covid-19 melalui protokol yang dibuat oleh pemerintah daerah.
Untuk peserta lomba terdiri dari seluruh pemerintah daerah, baik provinsi, kabupaten/kota, termasuk daerah tertinggal atau perbatasan, terang Kepala Pusat Litbang Inovasi Daerah.
Matheos Tan juga jelaskan, “ pada tanggal 5 Juni 2020 Mendagri secara langsung akan mensosialisasikan lomba ini kepada para pemerintah daerah melalui vidcon, dan rencananya lomba ini akan dimulai pada tanggal 8 Juni 2020 dan diumumkan pada tanggal 28 Juni 2020”.
Untuk lomba inovasi daerah yang dinilai terdiri dari 7 kategori dengan pengelolaan yang menggunakan protokol kesehatan covid-19 yaitu, pengelolaan pasar tradisional, mall, sekolah, restoran, hotel, tempat wisata, dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).
Buat daerah yang ingin mengikuti lomba inovasi daerah harus mengikuti ketentuan lomba yang sudah ditentukan yaitu, Lomba diikuti oleh Pemda Provinsi, Kab/Kota seluruh Indonesia, Lomba tidak dipungut biaya, Video dikirim ke https://indeks.inovasi.litbang.kemendagri.go.id, Merupakan karya asli (original) dan tidak melanggar hak cipta, Tidak mengandung unsur SARA, kekerasan, dan pornografi, Karya belum pernah dipublikasikan, belum pernah disertakan pada lomba sejenis dan tidak sedang disertakan pada lomba lainnya, Durasi video maksimal 1,5 menit, Format video minimal dalam bentuk MP4, Wajib mencantumkan logo daerah dan logo Kemendagri, Video dikirim paling lambat tanggal 8 Juni 2020, Video menjadi hak milik panitia, Keputusan tim penilai tidak dapat diganggu gugat, Publikasi dilakukan setelah diumumkan pemenang, Pemenang lomba dapat dilihat pada website Kemendagri setelah diumumkan secara resmi.
Adapun tim penilai, terdiri dari berbagai pihak, di antaranya Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kesehatan, Kementerian Keuangan, dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.
Semoga dengan akan diberlakukannya kehidupan new normal di berbagai sektor oleh pemerintah daerah ditengah-tengah masyarakat, akan bisa merobah perilaku masyarakat kearah yang lebih baik lagi di segala bidang khususnya dalam peningkatan ekonomi masyarakat, dengan new normal paling tidak kita harus bisa melindungi diri kita sendiri dan orang-orang disekitar kita dari covid-19 ini dengan mematuhi semua protokol kesehatan yang berlaku.(humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Aprisal PB, Dewan Wajib Jalin Hubungan Yang Harmonis Dengan Segala Lapisan Masyarakat

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ranah Lansek perlu menjalin hubungan yang harmonis dengan semua lapisan masyarakat. Untuk itu diperlu figur-figur pejabat yang memiliki hubungan emosional yang baik dengan semua stackholder di daerah ini, kata Aprisal PB, ketua fraksi Amanat Nasional di gedung DPRD Sijunjung, Selasa (26/1).
- Advertisement -

Dalam Prokes Sekdako Payakumbuh Ke Sekolah, Kunjungi Siswa Dari Keluarga Tak Mampu

Dalam sidak protokol kesehatan ke berapa sekolah yang dilakukan Sekretaris Daerah Rida Ananda, Rabu (20/1), terungkap laporan dari Kepala SMPN 4 Payakumbuh Mardiyus kalau ada siswanya yang tinggal di rumah tidak layak huni, memperihatinkan, sehingga Sekda tersentuh dan ingin melihat langsung kondisinya.

Lakukan Program Sambang Warga,Bhabinkamtibmas Pasa Gadang Kunjungi Sekolah

Dalam Rangka melaksanakan program Sambang Warga, Bhabinkamtibmas Kelurahan Pasa Gadang kunjungi Sekolah SD.N 27 dan 32 Pemancungan Kelurahan Pasa Gadang Kecamatan Kota Padang,Jum'at 22/01/2021.
- Advertisement -

Lakukan Program Sambang Warga,Bhabinkamtibmas Pasa Gadang Kunjungi Sekolah

Dalam Rangka melaksanakan program Sambang Warga, Bhabinkamtibmas Kelurahan Pasa Gadang kunjungi Sekolah SD.N 27 dan 32 Pemancungan Kelurahan Pasa Gadang Kecamatan Kota Padang,Jum'at 22/01/2021.

13 Anak Punk Diamankan Dan Dibina Satpol PP Payakumbuh

Menindaklanjuti laporan masyarakat yang resah dan merasa terganggu oleh tindakan gank punk di wilayah Kota Payakumbuh, Tim Penegak Perda Kota Payakumbuh atau yang lebih dikenal dengan Satpol PP ini mengamankan sebanyak 13 muda-mudi yang berstyle punk itu, Selasa (26/1) sekitar pukul 14.35 WIB.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Targetkan Rampung Enam Bulan, Wajah Kawasan Pasar di Padang Panjang Bakal “Tacilak”

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pemko Padang Panjang kembali mengganggarkan dana sekitar Rp.8 miliar untuk mempersolek wajah Kawasan Pasar Pusat, setelah tertunda lantaran refocusing anggaran...

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

IMM Pariaman dan Padang Pariaman Peduli Korban Banjir Solok

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Pariaman dan kabupaten Padang Pariaman melaksanakan aksi sosial peduli terhadap korban banjir Solok. Kegiatan aksi sosial itu dilaksanakan di jalan protokol Kota Pariaman, Senin, 18 Januari 2021.

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...
- Advertisement -