22 C
Padang
Rabu, Januari 20, 2021
Beritasumbar.com

Pemko Padang Hijaukan Pantai Aie Manih Pada Hari Rimbawan Sedunia 2015
P

Kategori -

Padang – Pembangunan pada hakekatnya adalah upaya sistematis dan terencana oleh masing-masing maupun komponen seluruh bangsa untuk mengubah suatu keadaan menjadi lebih baik lagi. Memanfaatkan sumberdaya yang tersedia secara optimal, efisien, efektif, dan akuntabel memiliki tujuan akhir terhadap kualitas hidup manusia yang berkelanjutan.

Oleh karena itu, dalam pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan, sebagaimana amanat konstitusi UUD 1945 pasal 28 H, kualitas hidup yang baik adalah hak segenap warga. Ditambah pasal 33 ayat 3 yang menyatakan kekayaan alam selaku sumberdaya hutan yang dikuasai negara demi kemakmuran rakyatnya.

Demikian disampaikan Walikota Padang diwakili Sekda Kota Padang H. Nasir Ahmad sewaktu peringatan Hari Hutan International (Hari Rimbawan Tahun 2015) yang bertempat di Pantai Aie Manih, Kamis (2/4). Pada kesempatan itu, juga hadir Danlantamal II, Danlanud, Dandim 0312 Padang, Kapolresta, Para Kepala SKPD, Perguruan Tinggi, Ormas dan pemuka masyarakat setempat.

Untuk itu, Sekda mengingatkan, agar lebih meningkatnya keterlibatan masyarakat seperti pemulihan kesehatan Daerah Aliran Sungai (DAS). Diantaranya, melalui pengembangan hutan Rakyat, hutan kemasyarakatan, hutan desa, dan hutan adat.

“Sehubungan itu, Pemko Padang bersama pemuka masyakat melakukannya. Dengan melakukan penanaman bibit pohon sebanyak seribu pohon cemara di sekitar objek wisata Batu Malin Kundang. Tujuannya yaitu demi memperindah lingkungan pantai Aie Manih, serta memberikan suasana yang sejuk dan sehat khususnya di lingkungan objek wisata andalan kita ini,” sebut Sekda.

Ini dilakukan, tambah Sekda. yaitu seiring peringatan international terkait hari hutan yaitu Hari Bhakti Rimbawan sedunia di tahun 2015 ini. Sebagai aksi, Kota Padang memperintatinya dengan penanaman pohon dan penghijauan. Karena, memiliki 5 manfaat bagi lingkungan manusia, yakni mencegah banjir, menjaga kualitas air tanah, melindungi Satwa, mengurangi polusi udara, dan mengurangi dampak hujan asam.

“Hutan kita, masa depan kita. Untuk itu, seluruh rimbawan wajib menjaga, mekindungi, mengkonservasi, mereboisasi, menghijaukan dan mengusahakan hutan agar senantiasa lestari,” harapnya.

Sementara itu terpisah, Kepala Dinas Pertanian, Pertenakan, Perkebunan, dan Kehutanan (Dispernakbunhut) Kota Padang Ir. H. Heryanto Rustam,MM menyampaikan, peserta penanaman bibit pohon Cemara dalam rangka peringatan Hari Hutan International tahun 2015, TNI, POLRI, Ormas, OKP, pemuka masyarakat sebanyak 250 batang. Lokasi penanaman disekitar perbukitan Batu Malin Kundang, dan 750 batang lagi ditanam di hutan disekitar perbukitan pantai AIe Manih.

Penanaman pohon dipantai Aie Manih dimaksudkan sebagai pembangunan lokasi objek wisata. Maka banyak pohon otomatis akan memberikan kerindangan, keteduhan serta keasrian di lokasi pantai yang telah terkenal itu, kata Heryanto Rustam lagi.

 

Sumber: Humas Kota Padang
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).
- Advertisement -

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Tidak Terima Aliran Listrik Diputus Sepihak, Warga Datangi PLN UPP Lintau

Tanah Datar, beritasumbar.com Dugaan pemutusan sementara secara sepihak oleh pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) unit pelayanan pelanggan Lintau terhadap satu unit rumah miliki SE (65)...
- Advertisement -

Dua Orang Petugas Satuan Pengaman Sentra IKM Randang Dapat Penghargaan

Apel pagi di Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh agak sedikit berbeda dari hari biasanya, dua orang petugas pengamanan dipanggil kedepan oleh kepala dinas secara khusus, Senin (18/1).

Riza Falepi : JK Pensiun, Saya dan Wartawan Merasa Kehilangan

Rapat Koordinasi Pemko Payakumbuh di awal tahun 2021 terasa berbeda. Karena juga ada momen perpisahan dengan pejabat yang memasuki purna tugas atau pensiun di Kafe Agam Jua, Kawasan Batang Agam, Rabu (13/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia

Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

WMI Kecam Pelecehan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Ketua Umum Wahana Muda Indonesia (WMI), Handriansyah mengecam aksi pelecehan yang dilakukan oleh Nitizen Malaysia terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam sebuah content YouTube, menurutnya hal ini merupakan pelecehan terbesar terhadap harga diri dan Martabat Bangsa Indonesia yang berdaulat.
- Advertisement -