24 C
Padang
Kamis, Juli 29, 2021
Beritasumbar.com

Pemko Padang Hijaukan Pantai Aie Manih Pada Hari Rimbawan Sedunia 2015
P

Kategori -

Padang – Pembangunan pada hakekatnya adalah upaya sistematis dan terencana oleh masing-masing maupun komponen seluruh bangsa untuk mengubah suatu keadaan menjadi lebih baik lagi. Memanfaatkan sumberdaya yang tersedia secara optimal, efisien, efektif, dan akuntabel memiliki tujuan akhir terhadap kualitas hidup manusia yang berkelanjutan.

Oleh karena itu, dalam pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan, sebagaimana amanat konstitusi UUD 1945 pasal 28 H, kualitas hidup yang baik adalah hak segenap warga. Ditambah pasal 33 ayat 3 yang menyatakan kekayaan alam selaku sumberdaya hutan yang dikuasai negara demi kemakmuran rakyatnya.

Demikian disampaikan Walikota Padang diwakili Sekda Kota Padang H. Nasir Ahmad sewaktu peringatan Hari Hutan International (Hari Rimbawan Tahun 2015) yang bertempat di Pantai Aie Manih, Kamis (2/4). Pada kesempatan itu, juga hadir Danlantamal II, Danlanud, Dandim 0312 Padang, Kapolresta, Para Kepala SKPD, Perguruan Tinggi, Ormas dan pemuka masyarakat setempat.

Untuk itu, Sekda mengingatkan, agar lebih meningkatnya keterlibatan masyarakat seperti pemulihan kesehatan Daerah Aliran Sungai (DAS). Diantaranya, melalui pengembangan hutan Rakyat, hutan kemasyarakatan, hutan desa, dan hutan adat.

“Sehubungan itu, Pemko Padang bersama pemuka masyakat melakukannya. Dengan melakukan penanaman bibit pohon sebanyak seribu pohon cemara di sekitar objek wisata Batu Malin Kundang. Tujuannya yaitu demi memperindah lingkungan pantai Aie Manih, serta memberikan suasana yang sejuk dan sehat khususnya di lingkungan objek wisata andalan kita ini,” sebut Sekda.

Ini dilakukan, tambah Sekda. yaitu seiring peringatan international terkait hari hutan yaitu Hari Bhakti Rimbawan sedunia di tahun 2015 ini. Sebagai aksi, Kota Padang memperintatinya dengan penanaman pohon dan penghijauan. Karena, memiliki 5 manfaat bagi lingkungan manusia, yakni mencegah banjir, menjaga kualitas air tanah, melindungi Satwa, mengurangi polusi udara, dan mengurangi dampak hujan asam.

“Hutan kita, masa depan kita. Untuk itu, seluruh rimbawan wajib menjaga, mekindungi, mengkonservasi, mereboisasi, menghijaukan dan mengusahakan hutan agar senantiasa lestari,” harapnya.

Sementara itu terpisah, Kepala Dinas Pertanian, Pertenakan, Perkebunan, dan Kehutanan (Dispernakbunhut) Kota Padang Ir. H. Heryanto Rustam,MM menyampaikan, peserta penanaman bibit pohon Cemara dalam rangka peringatan Hari Hutan International tahun 2015, TNI, POLRI, Ormas, OKP, pemuka masyarakat sebanyak 250 batang. Lokasi penanaman disekitar perbukitan Batu Malin Kundang, dan 750 batang lagi ditanam di hutan disekitar perbukitan pantai AIe Manih.

Penanaman pohon dipantai Aie Manih dimaksudkan sebagai pembangunan lokasi objek wisata. Maka banyak pohon otomatis akan memberikan kerindangan, keteduhan serta keasrian di lokasi pantai yang telah terkenal itu, kata Heryanto Rustam lagi.

 

Sumber: Humas Kota Padang
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Mahasiswa KKN Unand Padang Lakukan kegiatan bagi-bagi masker dan hand sanitizer buatan sendiri.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 18 mahasiswa Universitas Andalas Padang angkatan 2018 yang dari berbagai jurusan melaksanakan bakti masyarakat di kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.
- Advertisement -

IKM Baruah Gunuang Terbentuk

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dua puluh dua orang mahasiswa yang berasal dari Nagari Baruah Gunuang yang merupakan perwakilan dari berbagai kampus di Indonesia menghadiri kegiatan first gathering dalam pembentukan keluarga mahasiswa di nagari dengan nama Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...
- Advertisement -

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...

Penandatangan Kontrak Pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji Padang Panjang Barat Terlaksana

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_ Setelah Sukses Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang dua hari yang lalu di Mushalla Kampus II MTsN Kota Padang Panjang, kembali dilaksanakan Penandatangan Kontrak Pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Padang Panjang Barat antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kankemenag Kota Padang Panjang dengan Pemenang Tender dan Pengawas yang disaksikan oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat,
- Advertisement -

Tulisan Terkait

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.

MENUJU MEJA MAKAN

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 5/1000cerita Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)IV-e Kembali ke meja makan, pernah menjadi “trendy topic” pada tahun...

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...

Ada Temaram di Pintu Aging

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 1/1000 “Ada Temaram di Pintu Aging” Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sudah biasa dan terbiasa ada kata-kata...

Kunjungan Wagub Sumbar Ke Sijunjung, Ini Rangkaian Kegiatannya

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengunjungi Kabupaten Sijunjung pada Kamis, 22/7 dengan sejumlah rangkaian kegiatan bersama pemkab setempat. Selama berada berada...

Sefnat Waicang Sampaikan Aspirasi Masyarakat Grime Nawa ke DPD RI

JAKARTA - Perwakilan Masyarakat yang juga Tokoh Masyarakat yang diberikan kuasa untuk persiapan proses pemekaran Kabupaten Grime Nawa diketuai oleh Sefnat Waicang, S.P dan jajaran melakukan kunjungan ke DPD RI, Senayan, Jakarta pada Jumat (16-07-2021)

Banyaknya Keluhan Tentang Konsumen, DPW LPPKI DKI Jakarta Dibentuk

JAKARTA - LPPKI (Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia) terus bergerak melakukan pengembangan organisasi, baik ditingkat Provinsi (DPW), maupun ditingkat Kabupaten Kota (DPC).

Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat Laksanakan Sosialisasi Ranperda Tentang Mars Sumatera Barat

Padang,BeritaSumbar.com,-Bertempat di Ruang Rapat Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, 01 Juli 2021. Melalui UPTD Taman Budaya Sumatera Barat dilaksanakan sosialisasi Rancangan Peraturan Daerah (RANPERDA) tentang Mars Sumatera Barat yang akan ditetapkan menjadi Mars Daerah dengan judul Mars Sumatera Barat yang diciptakan oleh B. Andoeska.
- Advertisement -