31 C
Padang
Jumat, Januari 22, 2021
Beritasumbar.com

Pemko Diminta Kirim Proposal, Bantuan Rp 730 Juta Dijanjikan Menkes Buat PKL Kuliner Malam
P

Kategori -

Tahun ini, melalui APBN-P Kementerian Kesehatan RI mengucurkan bantuan kepada setiap kota dan kabupaten sebesar Rp730 juta. Bantuan itu berupa fasiltas pendukung buat pedagang kaki lima (PKL) kuliner. Tapi, karena Kota Payakumbuh tidak mengirim proposal, makanya kota ini belum dapat program tersebut tahun ini.

“Namun, program  yang sama masih ada tahun depan. Kirim secepatnya proposal, kita akan prioritaskan Payakumbuh dapat bantuan dimaksud tahun depan,” ucap Dirjen Pengendalian Penyakit Tidak Menular (PPTM) Muhammad Subuh, ketika bertatap muka dengan pengurus Asosiasi Pedagang Kaki Lima (APKL) Kuliner Malam, di pusat street food Payakumbuh, Kamis malam.

Program bantuan buat jajanan pangan sehat itu disampaikan Dirjen PPTM Kemenkes,  setelah Menkes Nila Moeloek didesak Ketua APKL H. Nusyirwan, untuk lebih memperhatikan pedagang kuliner malam Payakumbuh.

“Kami butuh fasilitas lain, sepeti kulkas dan gerobak. Dulu, ketika ibuk masih menjadi pejabat Kantor Khusus Utusan Presiden, ketika memimpin penilaian MDGs Award 2011, pernah berjanji memperhatikan pedagang kuliner. Sekarang, ibuk sudah menjadi Menkes, saatnya kami menagih janji ibuk,” kata Nusyirwan.

“Saya gak punya duit. Yang punya uang banyak bapak Dirjen PPLM,” kata ibuk menteri. Spontan, Dirjen PPLM Muhammad Subuh menyampaikan, segera buat proposalnya. “Segera siapkan proposal, kita akan perhatian Payakumbuh tahun depan,” tegas dirjen.

Kunjungan Menkes ke pusat sentra pangan sehat itu, didampingi Kadiskes Provinsi Sumbar Rosnini Safitri, Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam, Sekdako H. Benni Warlis, Ketua TP-PKK Ny. Dr. Henni Riza Falepi dan Ketua Akkopsi H. Josrizal Zain yang juga mantan Walikota Payakumbuh.

Setelah berdialog dengan ketua APKL Nusyirwan, Menkes Nila Moeloek menyerahkan puluhan celemek dan topi kepada pedagang kuliner malam secara simbolis kepada dua perwakilan pedagang. “Jaga terus kebersihan dan hindari pemakaian bahan-bahan terlarang yang akan merusak kesehatan konsumen,” kata Menkes.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi, meminta, agar Dinkes Payakumbuh segera menyiapkan proposal bantuan fasilitas jajanan sehat itu. “Jangan menungu waktu lama,  dalam bulan ini juga diantar ke Jakarta,” ingat walikota.

Sementara itu, malam kunjungan Menkes ke pusat jajanan sehat tersebut,  Pemko melalui Dinas Kesehatan Payakumbuh, memanjakan pengunjung dengan makan malam gratis.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Dua Orang Petugas Satuan Pengaman Sentra IKM Randang Dapat Penghargaan

Apel pagi di Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh agak sedikit berbeda dari hari biasanya, dua orang petugas pengamanan dipanggil kedepan oleh kepala dinas secara khusus, Senin (18/1).
- Advertisement -

Covid-19 Merambah Tenaga Pendidik, Dinkes Payakumbuh Prediksi Kasus Bakal Meningkat

Dalam seminggu terakhir, di Kota Payakumbuh telah ditemukan sebanyak 42 orang guru terpapar Virus Corona (Covid-19), 8 diantaranya berdomisili di luar daerah atau daerah tetangga. Mulai dari guru TK, SD, SMP, dan SMK.

Mimpi bertemu sang Ayah, “Sang Datuk” nya anak-anak; Ceracau soal Wanita hingga Virus Corona

Lama tak berjempa dengan beliau, seingat kami sejak kasus Aksi Panas 4 Maret 2004 bersama Forum Aksi Demokrasi Arus Bawah Univ. Negeri Padang yang berujung di tahannya 20 aktivis UNP oleh sang Rektor waktu itu, beliau mangkat pas seminggu sebelum usai kami dibebas tahankan tepatnya 4 Mei 2004; baru sekali beliau datang dalam mimpi panjang. Entah apa hikmahnya gerangan, hanya Allah SWT yang lebih tahu.
- Advertisement -

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Erwin Yunaz Kunjungi SMKN 1 Payakumbuh

Lakukan kunjungan ke SMKN (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri) 1 Payakumbuh, Wakil Walikota Erwin Yunaz disambut langsung oleh kepala sekolah SMKN 1 Yunita Rosanti di ruang kerja bersama beberapa orang guru, Senin (18/1/2021).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...
- Advertisement -