27 C
Padang
Kamis, April 25, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pemko dan BAZNAS Batu Warga Bukittinggi Penderita Autoimun
P

Kategori -
- Advertisement -

Bukittinggi, beritasumbar.com – Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi melalui Dinas Sosial dan BAZNAS Kota Bukittinggi menyerahkan bantuan kepada salah seorang warga yang menderita autoimun.

Mendapat informasi ada warga menderita penyakit autoimun atas nama Ayu (35) warga, di kelurahan Puhun Pintu Kabun kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS), langsung ditanggapi Pemerintah Kota Bukittinggi.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar yang instruksikan ke jajarannya agar datang ke lokasi. Tidak butuh waktu lama, Fiona Agita Erman Safar bersama jajaran Pemko Bukttinggi datang ke lokasi, Rabu pagi (21/6/2023).

Fiona mengatakan, ia dikabari Tenaga Kesehatan (Nakes) dari Dinkes, bahwa ada masyarakat menderita autoimun.

Warga tersebut dari informasi yang ia diterima, kata Fiona, dengan keadaan ekonomi yang terpuruk, rumah menumpang, penghasilan tidak tetap dan butuh bantuan, biaya makan sehari haripun susah.

“Kami datang bersama BAZNAS dan saya bawa Dinas Sosial, minta di assesment agar bisa meminta bantuan dari Kementrian Sosial,” ujar Fiona yang juga sebagai Ketua TP-PKK Kota Bukittinggi.

Ditempat sama, Kepala Dinas Sosial Kota Bukittinggi, Syanji mengatakan, dengan adanya informasi ini, ia bisa sekalian mendata dan mohonkan untuk segera diassesment oleh Kementrian Sosial.

“Orangtua dari saudari Ayu yang sudah lansia, kita usahakan warga kita ini bisa dibantu, sebagai wujud pemerintah hadir ditengah warga dan masyarakat,” sebut Syanji.

Diketahui, Ayu, selama ini ber KTP dan KK Kelurahan Campago Ipuh. Sekarang ia menghuni sebuah kontrakan di daerah yang kelurahannya berbeda dengan alamat sebelumnya, namun masih di Kecamatan MKS.

Penyakit autoimun adalah kondisi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuhnya sendiri. Ada lebih dari 80 penyakit yang digolongkan penyakit autoimun. Beberapa penyakit di antaranya memiliki gejala serupa, seperti lelah, nyeri otot, dan demam.

Normalnya, sistem kekebalan tubuh berfungsi untuk menjaga tubuh dari serangan organisme asing, seperti bakteri atau virus. Ketika terserang organisme asing, sistem kekebalan tubuh akan melepas protein yang disebut antibodi untuk melawan dan mencegah terjadinya penyakit. (adil)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img