Agam, BeritaSumbar.com-Untuk Tour de Singkarak (TdS) 2018 pada etape 4, yang akan melewati dan finis di daerah itu, Rabu, (7/11), pemerintah kabupaten Agam, siap menyambut pembalap sepeda Internasional.

Hal tersebut dikatakan Sekab Agam, Martias Wanto Dt Maruhun, Agam dipercaya sebagai lokasi finis etape 4 pada TdS 2018, tepatnya di Ambun Pagi kecamatan Matur, dimana untuk persiapannya semua rute disterilkan.

Etape 4 star di Kota Padang diperkirakan mulai pukul 10.00 WIB dan sampai finis paling lambat pukul 14.00 WIB, sehingga kesterilan jalur dari perbatasan Agam dengan Padang Pariaman hingga Ambun Pagi harus tetap terjaga.

“Beberapa langkah sudah kita lakukan diantaranya pengamanan segi kenyamanan lalu lintas,” ujar Martias Wanto.

Terkait hal itu, pihaknya sudah berkonsultasi dan berkoordinasi dengan DPU Sumbar agar setiap jalan provinsi yang rusak di sepanjang jalur TdS di daerah itu dapat diperbaiki

Sekab Agam mengakui, sepekan ini cuaca ekstrim melanda wilayah Kabupaten Agam, dengan curah hujan yang cukup tinggi, sehingga air membawa material ke jalan dan ini perlu diwaspadai.

“Kemarin petugas sudah diinstruksikan agar semua jalan disterilkan dari hal yang dapat menghalangi kelancaran iven berskala Internasional tersebut, material yang menumpuk di jalan,” ujarnya lagi.

Lebih lanjut Martias Wanto mengatakan, khusus di kelok 44 terdapat beberapa titik rawan bencana, apakah itu longsor atau pohon yang labil, ini juga sudah diupayakan persiapan untuk mengantisipasinya

Sepanjang kelok 44, mulai dari kelok 1 hingga finis ditempatkan personil pengamanan yang dikerjasamakan Pemkab Agam dengan Polri dan TNI, termasuk peralatan seperti alat berat.

“Artinya kelok 44 secara teknis berada dalam monitor pengawasan kita, diharapkan tidak ada kejadian apapun, sehingga perjalanan melewati Agam betul-betul perjalanan yang menyenangkan dan dapat dinikmati para pembalap nantinya,” ulasnya.

Tidak hanya itu, Pemkab Agam secara statis juga mempersiapkan mempersiapkan beberapa Puskesmas dan petugasnya seperti, di Kecamatan Tanjung mutiara, Lubuk Basung, Tanjung Raya, Matur, IV Koto, Banuhampu, Ampek Angkek, Baso dan Palupuah. (fadil)

loading...