24 C
Padang
Senin, Oktober 25, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Peluncuran Berlangsung Meriah, Bupati: JEMPOL NAGARI Inovasi Untuk Memudahkan Masyarakat
P

Kategori -
- Advertisement -

Limapuluh Kota, beritasumbar.com – Pengembangan aplikasi Smartdukcapil yang hadir di nagari dengan inovasi layanan Jembatan Pelayanan Online Nagari (JEMPOL NAGARI) diluncurkan di Nagari Koto Bangun, Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Limapuluh Kota, Kamis (26/8).

Peluncurannya dihadiri langsung oleh Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, Kadis Dukcapil Sumatera Barat Irwan, S.Sos. MM, Ketua Forum Dukcapil Sumatera Barat Muhammad Fadhly, S. Ap. MM, Wakil Ketua DPRD Kab. Lima Puluh Kota Syamsul Mikar dan OPD terkait di Lingkungan Kabupaten Limapuluh Kota berlangsung meriah.

Ketua Forum Dukcapil Sumatera Barat Muhammad Fadhly  mengatakan JEMPOL NAGARI secara resmi akan diluncurkan di Kabupaten Limapuluh Kota. Ia berharap inovasi ini bisa memangkas biaya yang dikeluarkan masyarakat untuk melakukan perjalanan ke Kantor Disdukcapil Kabupaten Limapuluh Kota.

“Adanya inovasi ini tentu memangkas jarak perjalanan yang memerlukan waktu lebih kurang tiga jam perjalanan, dan dengan hadirnya aplikasi ini semoga bisa mendekatkan masyarakat dengan layanan dari nagari,” katanya.

Kadis Dukcapil Sumatera Barat Irwan mengatakan secara nasional pemerintah menargetkan perekaman KTP-el adalah 99,2 persen.

“Semoga dengan adanya inovasi layanan ini target di Kabupaten Limapuluh Kota bisa tercapai atau bisa mencapai 100 persen,” katanya.

Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo secara resmi melakukan pemotongan pita dan pemotongan balon sebagai simbol balon yang dilepaskan akan terbang tinggi pertanda aplikasi JEMPOL NAGARI diluncurkan.

Safaruddin menyebutkan dengan demikian sama hal nya dengan Kabupaten Limapuluh Kota yang siap untuk menjadi daerah maju yang Go Digital.

“Inovasi seperti ini tentu akan sangat memudahkan masyarakat Limapuluh Kota yang memiliki wilayah cukup luas akan menjadi dekat dengan kehadiran inovasi ini. Pemkab Limapuluh Kota akan terus mendukung dan berbuat banyak demi tercapainya masyarakat Lima Puluh Kota bahagia” ujarnya.

Kadis Dukcapil Kabupaten Lima Puluh Kota Ir. Refilza mengaku optimis 79 nagari yang melaksanakan inovasi layanan JEMPOL NAGARI akan berdampak terhadap administrasi kependudukan.

Menurutnya masyarakat yang belum memiliki dokumen kependudukan akan mudah melakukan pengurusan dokumen di kantor wali nagari mereka masing-masing.

“Kita ingin masyarakat bahagia dengan terus melayani masyarakat dengan menghadirkan inovasi yang memudahkan masyarakat. Tidak ada lagi jarak yang menjadi alasan masyarakat tidak memiliki dokumen kependudukan. Apalagi biaya yang menjadi alasan, karena semua dokumen tidak dipungut biaya alias gratis. Masyarakat Limapuluh Kota bahagia adalah tujuan kita, dan kita akan wujudkannya,” tuturnya. (Rel/Fik/Di)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img