30 C
Padang
Sabtu, Mei 21, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pelatihan dan Pengurusan Perizinan Usaha untuk Pelaku UMKM
P

Kategori -
- Advertisement -

Padang,BeritaSumbar.com, – Tim Pengabdian kepada Masyarakat Dosen Universitas Andalas yang diketuai oleh Wellyalina dengan anggota Eli Ratni, Reni Koja, Sovia Susianty, Wenny Surya Murtius, dan Virtuous Setyaka, menyelenggarakan pelatihan dan pengurusan perizinan usaha kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pada hari Minggu, 5 Desember 2021, pada pukul 10.00 – selesai di Pelataran Koperasi Mandiri Dan Merdeka (KMDM), Palimo Cluster, Jl. Sungai Balang 29, Cupak Tangah, Pauh, Kota Padang.

Menurut Wellyalina, ada lima pelaku UMKM yang diikutkan dan dilibatkan dalam pelatihan dan pengurusan perizinan usaha tersebut, yaitu produsen “frozen food” Dapoer Tiga Putri dan Rara Cake & Cookies, juga produsen sayuran Hidroponik 55, produsen Teh Sungkai Rempah, dan pengelola Kedai Kopi Gumarang.

Dalam pelatihan tersebut, narasumber sekaligus pendamping dalam pengurusan perizinan usaha adalah Friska Nanda, seorang Staf Science Techno Park (STP) Universitas Andalas, Bagian Produk dan Inovasi.

Menurut Friska, mulai September 2021, bagi setiap pelaku usaha diberlakukan pengurusan perizinan terintegrasi melalui Online Single Submission (OSS) yang diselenggarakan oleh Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia.

Perizinan usaha diawali dengan mengurus Nomor Induk Berusaha (NIB), yang merupakan identitas pelaku usaha yang diterbitkan oleh lembaga OSS. Setelah memiliki NIB, maka pelaku usaha bisa mengajukan izin usaha dan izin komersial atau operasional sesuai dengan bidang usahanya masing-masing. Diantaranya adalah Sertifikat Produk Industri Rumah Tangga atau PIRT, sebuah sertifikasi perizinan bagi industri yang memproduksi makanan dan minuman dengan skala rumahan.

Selain itu juga sertifikat halal, sertifikat pangan aman, dan izin edar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), jika memang dibutuhkan.

Dalam pelatihan dan pengurusan perizinan tersebut, para peserta secara antusias terlibat aktif untuk menjelaskan produk mereka masing-masing. Pelatihan dan pengurusan perizinan usaha tersebut diakhiri dengan penyerahan sertifikat NIB, foto bersama, dan makan siang bersama antara panitia penyelenggara dan seluruh peserta.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img