25 C
Padang
Sabtu, April 17, 2021
Beritasumbar.com

Payakumbuh Timur Satukan Visi Kelola Sampah
P

Kategori -

Camat Payakumbuh Timur L. Kefrinaldi, mengajak seluruh kepala kelurahan dan LPM, untuk membangun bank sampah di setiap kelurahan. Camat menargetkan, pada semester pertama tahun ini, seluruh kelurahan di wilayah kerjanya sudah memiliki bank sampah.

Pada rapat koordinasi bersama kepala kelurahan, LPM, TP-PKK, di aula kantor kecamatan setempat, Selasa (3/2), camat meminta lurah dan LPM mampu menggalang dana untuk pembangunan bank sampah.  Camat memotivasi ibu-ibu rumah tangga, agar sampah di rumah tangga disulap menjadi sumber tambahan pendapatan keluarga.

“Sampah rumah tangga jangan dibuang, dan dijual ke bank sampah yang dikelola LPM,” ungkap Camat L. Kefrinaldi, dalam rakor dimaksud. Pada kesempatan ini juga hadir,  Kapolsek Payakumbuh, AKP Basrial, Perwakilan Danramil, dan Duta Zero Waste Payakumbuh.

Dikatakan camat, paradigma kita terhadap sampah harus dirubah. Jika dahulu sampah merupakan barang yang tidak berguna dan menjadi masalah rumah tangga, maka saat ini sampah bisa menjadi uang dan menampah pendapatan keluarga.

“Dulu sampah dibuang, sekarang sampah bisa jadi uang dengan adanya bank –bank sampah di daerah kita. Untuk itu tolong sampaikan kepada warga  bahwa sampah mereka sekarang punya nilai jual, lumayan buat membantu tagihan rumah tangga”,  pesan camat.

Menurut camat, Pemerintah Kota payakumbuh sangat serius dalam hal pengelolaan sampah. Walikota, Riza Falepi melalui Kantor Lingkungan Hidup mengharapkan agar diseluruh kelurahan se Kota Payakumbuh memiliki minimal satu Bank Sampah.

Sementara itu, Koordinator Zero Waste Payakumbuh yang merupakan binaan bersama Pertamina Foundation dan Pemko Payakumbuh, Novanto Yudistira mengatakan bahwa prinsip pengelolaan sampah di Kota Payakumbuh mengacu kepada konsep 3R.

“Kita menganut konsep 3R dalam mengelola sampah, yaitu Reduce, Re-use, dan RecycleReduce merupakan proses pengurangan jumlah sampah, Re-use menggunakan kembali barang yang sudah dianggap sampah, misalnya plastik asoi dan Recycle adalah mendaur ulang sampah menjadi barang baru yang bermanfaat bagi manusia”, terang Novanto.

“Sampah plastik saja bertingakat tingkat, dan punya nilai jual yang berbeda. Begitupun kertas dan jenis sampah lainnya, oleh karena itu si pemilik sampah perlu memilah dulu sampah yang akan dijual ke bank sampah, agar nilai jualnya bisa lebih tinggi, sebab jika bercampur, maka sampah dinilai dengan harga bahan sampah terendah”, ujarnya.

Pada prinsipnya proses daur ulang sampah itu ditujukan untuk dipakai kembali oleh yang punya sampah, akan tetapi jika produknya bagus, tak tertutup kemungkinan pasar akan tersedia dan kami siap menampungnya”, ujar Novanto sembari memperlihatkan berbagai produk hasil daur ulang sampah di Bank Sampah Koto Tuo Limbukan.

Dalam kesempatan itu, Kapolsek Payakumbuh, AKP Basrial juga menyarankan masyarakat agar jangan ragu dengan pemasaran sampah daur ulang. “Untuk pemasaran bapak ibuk jangan ragu, pemasaran sangat luas, seperti sampul buku hasil daur ulang, itukan bisa ditawarkan ke sekolah sekolah melalui dinas pendidikan agar sampul buku tersebut dibeli oleh anak-anak sekolah se Payakumbuh, itukan sangat luas sekali pasarnya”, saran Basrial.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Etika Politik Koalisi PKS dan PAN Dalam Menentukan Wakil Walikota Padang

Kota Padang sudah resmi memiliki walikota. Sejak dilantiknya Hendri Septa pada tanggal 7 April 2021. Dimana sebelumnya Hendri Septa menjabat sebagai wakil walikota dan selanjutnya pelaksana tugas Walikota Padang. Posisi tersebut ditempatinya untuk mengisi kekosongan setelah Buya Mahyeldi Ansharullah dilantik sebagai Gubernur Sumbar.
- Advertisement -

Sarang Tawon Di Depan SPBU Ngalau Dibasmi Damkar Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Keberadaan sarang tawon di pohon pelindung tepatnya di depan SPBU Ngalau, Jalan Soekarno Hatta sangat meresahkan warga. Hal itu diketahui berawal dari postingan di grup facebook Informasi Payakumbuh dan Limapuluh Kota, ada warga yang mengingatkan pengendara untuk hati-hati dengan adanya keberadaan sarang tawon tersebut pada Sabtu, 10 April 2021 sore.

Startup Milenial Bekerja Membangun Negeri: Pelatihan Gratis Digital Marketing dengan Instagram untuk KUMKM se-Indonesia

Startup digital agency Dig.It.All untuk keseskian kalinya kembali berkontribusi dalam pengembangan kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menegah (KUMKM) yang sedang berupaya melakukan transformasi, dari bisnis tradisional brick and mortar menjadi bisnis yang mampu memanfaatkan peluang dari geliat pertumbuhan pasar online.
- Advertisement -

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Polres Pessel tangkap 5 orang Penyalahgunaan Narkoba

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Selama operasi antik 2021 digelar, tim dari satreskrim Polres Pesisir Selatan ungkap 5 kasus narkoba. Hasil ini disampaikan Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo. S.IK.MM melalui Kasat Narkoba Polres Pessel AKP. Hidup Mulia, SH.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H

Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung...

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

Saat Rampungkam RPJMD, Bupati Minta OPD Sijunjung Himpun Data Ril Ke Lapangan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sijunjung diberi waktu selama dua minggu untuk turun ke lapangan dan menyusun langkah strategis untuk...

Polres Payakumbuh Amankan Tiga Tersangka Terduga Penggelapan Dana Koperasi

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan tiga orang tersangka terduga penggelapan dana Koperasi Serba Usaha (KSU) Sutra Ketinggian Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. Kasat...

Polres Sinjunjung Bekuk Dua Orang Pengedar Narkoba

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepolisian Resos Sijunjung mengamankan dua orang pengedar dan pemakai nakorba jenis yang selama ini beroperasi di wilayah hukum polres tersebut. “Yang bersangkutan berhasil...

Mahyeldi Dukung Pemajuan Kebudayaan Koto Gadang Koto Anau untuk Jadi Destinasi Wisata Dunia

Peninggalan sejarah memiliki potensi besar bagi kemakmuran masyarakatnya. Jika tidak dijadikan cagar budaya, keberadaannya akan mengalami kepunahan. Menyikapi hal tersebut, Dra. Zusneli Zubir, M.Hum., Peneliti di Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sumatera Barat (BPNB Sumbar) memprakarsai Penyusunan Grand Design Pemajuan Kebudayaan Nagari Koto Gadang Koto Anau yang digelar pada 3 - 4 April 2021 di Depan Balai Adat Nagari Koto Gadang Koto Anau, Kabupaten Solok, Kecamatan Lembang Jaya, Provinsi Sumatera Barat.

Tak Sampai 24 Jam Polres Sinjujung Bekuk Sindikat Pencuri Antar Provinsi, Korban Rugi Puluhan Juta

Sijunjung, beritasumbar.com - Sekitar 12 jam setelah kejadian jajaran Polres Sijunjung berhasil membekuk enam orang pelaku pencurian dengan modus gembos ban dan pecah kaca mobil. “Pelaku...
- Advertisement -