25 C
Padang
Minggu, April 11, 2021
Beritasumbar.com

Payakumbuh Menunggu New Normal Usai Penerapan PSBB 7 Juni
P

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Pembatasan Sosial Berskala Besar di Sumatera Barat (PSBB), minus Bukittinggi, disepakati masih diperpanjang hingga 7 Juni. Ditetapkan dengan Keputusan Gubernur Sumbar Nomor 180-366-220. tanggal 28 Mei 2020.
Sementara, Bukittinggi sudah memulai menerapkan New Normal di tengah pandemi Covid-19 ini.
Kota Payakumbuh sendiri, dikatakan Ketua Gugus Tugas Covid-19 H. Riza Falepi, masih memberlakukan PSBB. Segala ketentuan dalam PSBB dalam pencegahan dan penanganan virus corona disease, masih diberlakukan, tidak mengalami perubahan.
Pemko bersama Forkopimda serta seluruh komponen Gugus Tugas, hingga 7 Juni mendatang, membentuk disain, atau berbagai protokol, jika nanti New Normal diberlakukan di Payakumbuh.
Keterangan Walikota H. Riza FaLepi kepada sejumlah awak media, di Balaikota, Jumat (29/5), pihaknya sudah memerintahkan semua pimpinan perangkat daerah untuk menyusun konsep protokol New Normal dengan mempedomani ketentuan New Normal yang sudah dikeluarkan pemerintah pusat dan provinsi. Di Payakumbuh tentu harus memperhatikan local wisdom.
Hebatnya kita, tambah walikota, TNI/Polri diperintahkan langsung Panglima dan Kapolri untuk membantu pemko dalam mendisiplinkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan dalam masa pandemi Covid-19.
“Kita sangat senang, pak Damdim 0306/50 Kota Letkol Kav. Ferry D Lahe bersama pak Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan, sudah meresponnya dengan cepat,” ucap walikota.
Dalam beberapa hari terakhir dan selanjutnya, ratusan anggota TNI/Polri dibantu anggota Satpol PP, terjun ke tengah pasar, ke ruang-ruang publik, mengajak warga mematuhi semua protokol kesehatan. Hal yang sama juga dilakukan kepada pemilik toko, kios, pemilik supermarket, pengusaha transportasi, pemilik rumah makan dan restoran.
Jika nanti, seluruh warga sudah disiplin mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, sarung tangan, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengkonsumsi makanan bergizi, vitamin, maka dengan sendirinya, pekerjaan dimaksud sudah menjadi budaya di tengah masyarakat.
Sehingga, akhirnya penerapan New Normal di Payakumbuh akan berjalan sukses. Pandemi virus corona akan mudah distop dan tidak mewabah di kota ini.
Tidak mudah mendisiplinkan masyarakat dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, sebut walikota. Tapi, tidak ada jalan lain, warga harus patuh dan terbiasa dengan kehidupan itu, kalau ingin menghentikan pandemi virus corona di Payakumbuh.
Menurut Riza, New Normal merupakan perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas secara normal, tetapi dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Prinsipnya disiplin membiasakan pola hidup bersih, dalam meningkatkan produktifitas diri.(humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Gubernur Sumatra Barat Serahkan Sertifikat Hafiz Qur’an Kepada Santri PontrenMu Kauman

Padangpanjang, BeritaSumbar.com,- H. Mahyeldi, SP menyerahkan sertifikat tanda kelulusan sebanyak 128 bagi para penghafal Qur’an yang merupakan santriwan - Santriwati Pondok Pesantren Muhammadiyah (PontrenMu) Kauman Padang Panjang.
- Advertisement -

Pilih Bukittinggi Tempat Acara, Pemkot Apresiasi KPU Provinsi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi mengapresiasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat, karena telah memilih Bukittinggi sebagai tempat penyelenggaraan Rapat Evaluasi...

49 Orang Petugas Lapas Sijunjung Di Vaksin

Sijunjung, BeritaSumbar.com,-Sebanyak 49 ( Empat Puluh Sembilan ) orang petugas Lembaga Permasyarakatan ( Lapas) kelas ll B Muaro Sijunjung di vaksin covid-19, pada Senin (5/4). Kepala Lapas Muaro Sijunjung B.O.Situngkir mengatakan seharus ada 51 orang pegawai Lapas yang harus di vaksin, tapi yang 2 ( dua) orang lagi cuti. Pada pelaksanaan vaksin di lapas juga ada dari anggota Polres Sijunjung.
- Advertisement -

Gandeng Satres Narkoba, Kepala Rutan Sawahlunto Razia Narkoba di Sel Tahanan

Sawahlunto,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 86 warga binaan yang ada di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B kota Sawahlunto, 3 diantaranya perempuan, diperiksa satu persatu. Bahkan, usai diperika seluruh ruang tahanan pun digeledah oleh petugas Rutan di bawah komando Subhan Malik, Selasa 6/4).

Gubernur Sumatra Barat Serahkan Sertifikat Hafiz Qur’an Kepada Santri PontrenMu Kauman

Padangpanjang, BeritaSumbar.com,- H. Mahyeldi, SP menyerahkan sertifikat tanda kelulusan sebanyak 128 bagi para penghafal Qur’an yang merupakan santriwan - Santriwati Pondok Pesantren Muhammadiyah (PontrenMu) Kauman Padang Panjang.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Wali Kota Riza Falepi Tutup Objek Wisata Selama Balimau Dan Libur Lebaran

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Menyambut bulan Suci Ramadhan setiap tahunannya, ada adat istiadat dan budaya yang berkembang ditengah-tengah masyarakat, namanya ”Potang Balimau” yang dilaksanakan di lokasi-lokasi objek wisata sebagai bentuk mensucikan diri sebelum menjalankan ibadah puasa. Ada juga tradisi pulang basamo untuk merayakan hari lebaran bersama saudara dan kerabat.

Pemko Payakumbuh Kembali Sukses Gelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Untuk kedua kalinya, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) kembali menggelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna Tingkat Kota Tahun 2021.

Disdukcapil Kota Payakumbuh Disambangi Tim Penilai Tingkat Provinsi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh disambangi Tim penilai Disdukcapil kabupaten/kota terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Kota Payakumbuh kembali Raih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,– Kota Payakumbuh berhasil meraih juara II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021 yang diserahkan langsung oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah kepada Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi pada acara Musrenbang RKPD tingkat provinsi tahun 2021 di Hotel Grand Inna, Jumat(9/4).

Pemko Payakumbuh Berduka, Roza Thomas Wafat Usai Tabrakan Dengan Truk Colt Diesel

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Kabar duka datang dari lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh. Pasalnya Roza Thomas (40), ASN di Kecamatan Payakumbuh Selatan mengalami kecelakaan lalu lintas setelah bertabrakan hebat dengan mobil colt diesel pada Kamis (8/4), pukul 22.30 WIB malam.

Asisten 1 Pemko Payakumbuh Buka Mukerda LPM

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Payakumbuh yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Yufnani Away membuka secara resmi musyawarah kerja daerah (mukerda) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Payakumbuh tahun 2021, di Aula Ngalau Indah Lt. III Balai Kota Payakumbuh, Kamis (08/04).

Kadisnakerin Wal Asri : Generasi Milenial Adalah Potensi Duta Informasi Dan Media Promosi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Beberapa hari ini, banyak aktifitas yang dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh bersama insan pendidikan, mulai dari kunjungan studi tur, sosialisasi bursa kerja, sampai kepada kegiatan penguatan sumber daya manusia lainnya.

BPBD Kota Payakumbuh Berangkatkan KSB Pelatihan Di Padang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Bencana dapat terjadi kapan saja, dan masyarakat harus selalu siap dan siaga terhadap segala kemungkinan. Kelompok Siaga Bencana (KSB) merupakan organisasi masyarakat di kelurahan yang dibentuk pemerintah agar masyarakat ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan penanggulangan bencana.

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Ridwan Kamil Tepati Janji, Hadiah Motor Buat THL Pemko Payakumbuh Akhirnya Datang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menepati janjinya kepada salahsatu Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, Adi Ironi.
- Advertisement -