30 C
Padang
Minggu, September 25, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pasaman selenggarakan Sosialisasi Gemar Ikan
P

Kategori -
- Advertisement -

Kabupaten Pasaman sebagai Kabupaten penghasil ikan tawar terbesar di Sumatera Barat dan dan telah berhasil dipasarkan ke Provinsi tetangga seperti Provinsi Sumatera Utara dan Riau namun penduduk Kabupaten Pasaman masih banyak yang belum mengerti apa saja yang terkandung pada ikan itu. Sekarang Provinsi Sumatera Barat sangat memperhatikan Kabupaten Pasaman dibidang pengolahan ikan tersebut.

Pada hari ini Senin (10/11) Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas terkait dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi tergugah untuk mengadakan sosialisasi Gemarikan sekaligus melakukan demontrasi pengolahan pangan ikan yang dilaksanakan di Kabupaten Pasaman bertempat di Gedung pertemuan Syamsiar Thaib Lubuksikaping.

Acara tersebut hadir Bupati Pasaman Benny Utama, Kepala SKPD, Ketua TP-PKK Kabupaten Ny. Susi Benny Utama, dan peserta Sosialisasi dari TP-PKK Kecamatan se Kabupaten Pasaman, Tim Pengelola PAUD, Kelompok Pengolah dan pemasaran se Kabupaten Pasaman dan Penyuluh Perikanan sebanyak 75 orang.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pasaman Ir. Yuspi pada laporannya mengatakan, Pasaman adalah penghasil ikan terbesar, hanya masyarakat kita yang belum mengerti akan manfaat mekosumsi ikan dan juga belum ada keterampilan mengolah ikan dengan betuk makanan lain, kami sangat berterima kasih sekali kepada Dinas Perikanan Provinsi melaksanakan programnya dibidang pengolahan ikan dengan beragam masakan yang berbahan baku ikan, baik merupakan peningkatan usaha rumah tangga maupun untuk dikosumsi dalam keluarga, ujarnya.

Bupati Pasaman pada sambutannya “ Sosialisasi Gerakan Memasyaratkan Makan Ikan (GEMARIKAN) bertujuan untuk Mengajak seluruh lapisan masyarakat, terutama anak-anak generasi penerus bangsa untuk sejak dini gemar makan ikan, mengingat ikan memiliki komposisi nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, kecerdasan dan pertumbuhan. Untuk itulah pada kesempatan ini kami undang seluruh tim pengerak PKK Kecamatan, Pengelola PAUD, Kepala SKPD di lingkup pemerintah daerah kabupaten Pasaman, beserta para penyuluh perikanan, dengan harapan setelah selesainya acara sosialisai ini para peserta sosialisasi dapat mensosialisasikan lagi kepada seluruh lapisan masyarakat di Kanagarian dan kejorongan.

Ikan sebagai salah satu sumber protein hewani merupakan tepat dalam penyediaan gizi yang sehat, terhadap keluarga, beberapa keunggulan daging ikan diantaranya Kadar kolesterol daging ikan rendah, daging ikan mengandung asam lemak omega 3 yang dapat mempengaruhi fungsi pembuluh darah sehingga dapat mencegah penyumbatan dan penyempitan pembuluh darah sehingga dapat mencegah penyakit jantung.

Secara nasional tingkat konsumsi ikan perkapita pada tahun 2013 baru mencapai 34 Kg/kapita/tahun, Sumatera Barat 32 Kg/kapita/tahun dan Pasaman baru mencapai 30 Kg/kapita/tahun. Rendahnya tingkat kosumsi ikan dimasyarakat kita disebabkan kurangnya informasi manfaat dari mekosumsi ikan. Untuk meningkatkan konsumsi ikan di Kabupaten Pasaman, maka membudayakan makan ikan di masyarakat terutama kalangan generasi muda adalah suatu keharusan. Melalui Gerakan Memasyarakatkan diharapkan tumbuh kesadaran masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan yang aman, sehat, dan halal dengan melibatkan seluruh elemen.

WNPG (Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi) merekomendasikan angka kecukupan gizi perkapita perhari adalah 57 gram protein perkapita perhari yang harus dipenuhi. Untuk mencapai hal itu, maka ikan sebagai salah satu sumber protein yang murah haruslah menjadi hidangan prioritas mulai sekarang. Ikan dapat diolah menjadi menu hidangan yang menarik melalui diversifikasi olahan seperti sosis, bakso, nugget dan abon ikan tentunya tanpa mengabaikan mutu dan higienisnya.

Demontrasi masak berbagai jenis pangan yang bahan bakunya dari ikan teserbut jadi perhatian bagi Bupati beserta Ny. Susi Benny Utama, setelah matang Bupati langsung menyuguhkan kepada beberapa anak PAUD yang berada disekitarnya. (suwardi/humas pasaman)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img