31 C
Padang
Minggu, Januari 17, 2021
Beritasumbar.com

Panwascam Koto VII Adakan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Masyarakat
P

Kategori -

Sijunjung,-Panwascam Koto VII telah melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pilkada Serentak Tahun 2020 terhadap Masyarakat dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sijunjung bertempat di Gedung UDKP Kecamatan Koto VII pada hari Kamis (17/9) kemaren

Acara yang dihadiri oleh berbagai unsur, antara lain Camat dan Aparatur Kecamatan, Kepala Nagari , BPN, Ketua Pemuda/ Karang Taruna, Ulama, dan Tokoh Masyarakat. Agenda ini dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan wajib mematuhi protokoler kesehatan untuk pencegahan menularnya ancaman Covid 19.

Pihak penyelenggara Panwascam Koto VII di hadiri tiga komisioner Panwacam yakni Mutia Rahmi, Em Zamzami, dan Pen Hendra. Pada sesi materi dihadiri Ketua Bawaslu Kabupaten sekaligus sebagai narasumber Agus Hutria Tatul ( Ketua Bawaslu Kabupaten Kabupatren Sijunjung, Koordinator Divisi SDM dan Organisasi) menyampaikan bahwa Masyarakat mempunyai kewajiban ikut berpartisipasi dalam pengawasan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sijunjung. Keterlibatan masyarakat dalam pengawasan bisa dilakukan pada semua tahapan Pilkada, karena potensi pelanggaran ada dalam setiap tahapan.

“Jelas terlihat bahwa rasio jumlah pengawas dan wilayah kerjanya belum sebanding. Artinya bahwa tugas pengawas pemilu dalam melakukan pengawasan terhadap tahapan dan proses Pilkada 2020 itu begitu berat. Oleh karena itu, dalam pelaksanaan pengawasan Pilkada Tahun 2020 ini tidak saja menjadi tugas Bawaslu, Panwaslu Kecamatan, Panwaslu Kelurahan/Desa dan PTPS, akan tetapi juga perlu adanya pengawasan partisipatif dari masyarakat”, tutur yang acap di sapa ketua

Saat itu pula Mutia Rahmi selaku Ketua Panwascam Koto VII menyampaikan pafa materinya bahwa dengan adanya partisipasi pengawasan masyarakat untuk memberikan situasi Pilkada dengan, damai, dan sangat berharap partisipasi masyarakat semakin tinggi dalam pengawasan penyelenggaraan Pilkada.

“Oleh karena itu, masyarakat sudah faham betul bahwa Pemilihan Kepala Daerah adalah bagian penting dalam rangka pembangunan daerah untuk mencapai kemajuan”, tutur Mutia

Sebagai pamungkas Mutia mengajak masyarakat Kecamatan Koto VII untuk sama-sama mensosialisasikan pentingnya melakukan Pengawasan Partisipatif.

“Bersama Rakyat Awasi Pilkada, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pilkada. Salam awas!!!” Imbuhnya ( Rezar)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).
- Advertisement -

Perumnas Kubang Gajah Wakili Kota Payakumbuh Dilomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Sebagai salah satu kampung tangguh yang masih aktif sampai sekarang, kampung tangguh Perumnas Kubang Gajah Kelurahan Limbukan ditunjuk sebagai salah satu perwakilan Kota Payakumbuh untuk lomba kampung tangguh tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Nagari Koto Tuo Wakili Sijunjung Lomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Nagari Koto Tuo Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung dinilai Tim Kampung Tangguh Provinsi Sumatera Barat, Jumat (15/1). Nagari Koto Tuo mewakili kabupaten Sijunjung dalam penilaian Kampung Tangguh yang akan bersaing dengan nagari lain di Sumbar.
- Advertisement -

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

Ide Sekolah Tangguh Covid-19, Erwin Yunaz Siapkan Pilot Proyek Di Kecamatan Payakumbuh Barat

Proses belajar mengajar (PBM) tatap muka sudah dimulai di Payakumbuh sejak awal tahun 2021. Namun kondisi pandemi Covid-19 membuat protokol kesehatan ketat harus diterapkan di sekolah. Seluruh warga sekolah seperti siswa, guru, dan tenaga kependidikan wajib memakai masker, mencuci tangan, dan mengecek suhu tubuh untuk bisa masuk ke lingkungan sekolah.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Nagari Koto Tuo Wakili Sijunjung Lomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Nagari Koto Tuo Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung dinilai Tim Kampung Tangguh Provinsi Sumatera Barat, Jumat (15/1). Nagari Koto Tuo mewakili kabupaten Sijunjung dalam penilaian Kampung Tangguh yang akan bersaing dengan nagari lain di Sumbar.

Warga Tanjuang Gadang dihebohkan Penemuan Mayat Laki Laki

Masyarakat Jorong Guaguak None Kenagarian Tanjung Gadang kabupaten Sijunjung dihebohkan dengan penemuan mayat laki-laki Minggu (10/1) Sekitar pukul 09.30 WIB.

Usai Pilkada, Kapolres Sijunjung Kunjungi Para Cabup

Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan, SiK., M.Hum didampingi Kasat Intel Iptu Alminazri dan Kasubag Humas AKP Nasrul.N melakukan silaturrahim tatap muka ke kediaman Cabup Sijunjung Beny Dwipa Yuswir di Jorong Kampung Baru Nagari Sijunjung, pasca, kamis (7/1).

Selama 2020 Ini Pengungkapan Kasus Di Polres Sijunjung

Pada tahun 2020 yang lalu, jajaran Polres Sijunjung telah berhasil mengungkap berbagai kasus, kata Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan, yang didampingi Waka Polres, para Kasat di Mapolres Sijunjung diakhir tahun kemaren.

49 Personil Polres Sijunjung Naik Pangkat

Sebanyak 49 ( Empat Puluh Sembilan) orang personel Polres Sijunjung mendapat kenaikan pangkat. Upacara kenaikan pangkat ini dilaksanakan di Mapolres Sijunjung Kamis 31/12 sore.

Polres Sijunjung Amankan Ratusan Botol Miras

Sijunjung, Berita Sumbar--Menjelang pergantian tahun, jajaran Polres Sijunjung berhasil mengamankan Ratusan Botol Minuman Keras ( Miras) dengan berbagai merk, kata Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan, yang didamping Waka Polres, dan para Kasat di Mapolres Sijunjung, Kamis (31/12).

Kapolres Dan Dandim 0310/SSD Gelar Silaturahmi Dengan Wabup Sijunjung

Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan, SiK., M.Hum bersama Dandim 0310/SSD Letkol Infantri Endik Hendra Sandi, Sos., M.ipol melakukan silaturrahim tatap muka Wakil Bupati Sijunjung,H.Arival Boy di rumah dinas Wabup Sijunjung, Selasa (29/12).

2 Anggota DPRD Sijunjung Dilantik

Ketua DPRD kabupaten Sijunjung Bambang Surya Irwan memimpin Rapat Paripurna Istimewa DPRD dalam acara pengucapan sumpah janji Anggota DPRD Kabupaten Sijunjung Pergantian Antar Waktu (PAW) sisa masa jabatan 2019-2024, di Gedung DPRD Sijunjung, Selasa (29/12).

Budi Syafarman, Perbaikan dan Peningkatan Kondisi Jalan Sijunjung TA 2020 Berjalan Dengan Baik

Perbaikan dan peningkatan kondisi jalan kabupaten Sijunjung Tahun Anggaran 2020 ini telah berhasil dilaksanakan dengan baik. Sesuai teknis dan gambar pekerjaan dilapangan, jelas kepala Dinas PUPR Kabupaten Sijunjung Budi Syafarman diruang kerjanya, Senin (28/12).

Kapolres Sijunjung Cek Pos Pelayanan Natal dan Tahun Baru

Kapolres Sijunjung AKBP Andri Kurniawan. SIK.M.Hum, bersama Kasubag Humas Iptu Nasrul,Kasi Propam Bripka Abibul. Melakukan pengecekan Pos Pelayanan Natal dan Tahun Baru, Pos Kiliran jao, Rabu (23/12). Sesampai dilokasi Kapolres di dampingi Kapolsek Kamang Baru AKP. Rahmadi Kurniawan, SIKom. serta Kabid Lalin Dinas Perhubungan Sijunjung Emil Evan
- Advertisement -