27 C
Padang
Kamis, Januari 20, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Padang Paraiaman-BPJS Sepakati MoU Optimalisasi JKN, Bupati Suhatri Bur Minta Pelayananan Kesehatan Ditingkatkan
P

Kategori -
- Advertisement -

Padang, beritasumbar.com – Untuk mempercepat pencapaian tujuan program jaminan kesehatan, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melakukan kerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Padang. Kerjasama tersebut ditandatangani pada Jum’at (24/13) bertempat di Aula Kantor BPJS Kesehatan Cabang Padang. 

Perjanjian kerjasama tersebut, ditandatangani langsung oleh Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, SE. MM dan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Padang Yessi Rahimi, S.Farm. Apt. MPH dalam sebuah Nota Kesepakatan tentang Optimalisasi Jaminan Kesehatan Nasional antara Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dengan BPJS Kesehatan Cabang Padang.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Padang Yessi Rahimi mengatakan bahwa setiap program kerja BPJS Kesehatan yang melibatkan pemerintah daerah harus dilakukan dengan perjanjian kerjasama dan penandatanganan nota kesepakatan oleh kedua belah pihak.

Ia juga menjelaskan capaian kepesertaan Kabupaten Padang Pariaman menuju Universal Health Coverage (UHC) atau Cakupan Kesehatan Semesta. Pengertian dari Cakupan Kesehatan Semesta adalah sistem perawatan dan pelayanan kesehatan yang menjamin semua penduduk di suatu negara atau wilayah tertentu memiliki akses untuk mendapatkan layanan kesehatan.

Progres pencapaian UHC hingga Desember 2021 sudah 72.79 % atau 318.009 dari jumlah penduduk Padang Pariaman 438.893 jiwa. Sementara jumlah penduduk yang belum memiliki Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS) berdasarkan data UHC sebanyak 118.884 jiwa.

“BPJS Kesehatan Cabang Padang hingga saat ini, capaian telah bekerjasama dengan 39 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di Kabupaten Padang Pariaman dan untuk ke depannya BPJS Kesehatan butuh penambahan sebanyak 7 FKTP lagi,” jelasnya.

Sementara, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur sangat mengapresiasi kegiatan tersebut karena tujuan dilaksanakannya perjanjian kerjasama untuk meningkatkan dan memperluas jangkauan pelayanan kesehatan. Selain itu, juga untuk memudahkan kedua belah pihak dalam melaksanakan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Daerah.

“Agar tercapai layanan kesehatan yang berkualitas, perlu dilakukan sinkronisasi data antara BPJS dengan Pemkab Padang Pariaman dan DTKS yang dikeluarkan oleh Kementerian Sosial, sehingga data yang digunakan itu valid dan dapat dipertanggungjawabkan. Ini terkait dengan persentase penerimaan bagi hasil cukai tembakau untuk Kabupaten Padang Pariaman, yang akan digunakan oleh BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat pemegang Kartu BPJS di Kabupaten Padang Pariaman,” ujarnya.

Bupati Suhatri Bur juga berpesan agar perangkat daerah terkait segera menindaklanjuti perjanjian yang telah disepakati tersebut dengan memenuhi hak dan kewajiban masing-masing pihak, sehingga dapat memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik lagi.

“Mengingat juga banyaknya masyarakat Padang Padang Pariaman ikut dalam kepesertaan BPJS Kesehatan, maka untuk pelayanan kesehatan perlu lebih ditingkatkan lagi. Berkenaan dengan hal-hal teknis lainnya, terkait dengan  administrasi dan pelayanan kesehatan nanti akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan pihak terkait,” imbuhnya.

Ia juga mengatakan, bahwa Pemkab Padang Pariaman mendukung penambahan kepesertaan BPJS untuk Pekerja Penerima Upah (PPU) penyelenggara negara khusus dan pegawai lain yang gaji/honornya dibayarkan dengan APBD/APBN. Hal itu karena sudah diatur dalam Peraturan Presiden nomor 82 tahun 2018 tentang Pendaftaran PPU Penyelenggara Negara Khusus Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)

Hadir dalam acara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Padang Pariaman Taslim Letter, Kepala Dinas Kesehatan Drs. Yutiardy Riva’i, Apt, Kabag Tata Pemerintahan dan Kerjasama Setdakab. Wirson, S.Sos. MM, Kabag Hukum Riki Zakaria, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Anesa Satria, SH MM, serta jajaran manajemen BPJS Kesehatan Cabang Padang.

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan penandatanganan kerjasama Rencana Kerja Tahunan antara Kepala Dinas Kesehatan Padang Pariaman Drs. Yutiardy Riva’i dengan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Padang Yessi Rahimi. Acara diakhiri dengan penyerahan cenderamata, antara Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dan BPJS Kesehatan Cabang Padang. (Rel/Andra)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img