25 C
Padang
Selasa, Januari 19, 2021
Beritasumbar.com

Muslim Kasim Hadiri Pelantikan Serikat Pengecara Indonesia Sumatera Barat
M

Kategori -

Padang – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Serikat Pengacara Indonesia (SPI) Sumatera Barat (Sumbar), segera membentuk kepengurusan cabang di 19 kabupaten/kota di provinsi setempat.

“Kepengurusan DPD provinsi telah dilantik, saat ini kami fokus untuk membentuk kepengurusan cabang di kabupaten dan kota di Sumbar,” kata Ketua DPD SPI Sumbar, Hanky Mustav Sabarta di Padang, Senin.

Ia mengatakan, tidak ingin menetapkan target muluk-muluk untuk 19 kabupaten/kota secara langsung dalam waktu yang singkat.

“Target memang di seluruh kabupaten/kota, tapi kami harus tetap realistis.

Setidaknya pada tahap awal dapat terisi setengah dari 19 itu, dengan mempertimbangkan daerah mana yang kebutuhannya lebih tinggi,” katanya.

Hanky juga mengatakan, pembentukan cabang di Sumbar tersebut agar SPI dapat tersentuh oleh masyarakat secara luas. Hal itu mengingat organisasinya tetap menjalankan bantuan hukum bagi masyarakat yang kurang mampu.

“Saat dibutuhkan, masyarakat bisa mendatangi pengurus cabang yang nantinya dibentuk. Tidak perlu datang ke Padang,” katanya.

Hingga saat ini, lanjutnya, pengurus cabang baru yang telah dibentuk adalah cabang Kabupaten Tanah Datar, dan Kota Pariaman.

Sedangkan Sekretaris DPD SPI Sumbar, Mukhti Ali Kusmayadi Putra, mengatakan saat ini pihaknya mempersiapkan pelaksanaan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA).

“PKPA sedang dipersiapkan, sejauh ini SPI Sumbar telah sukses menggelar PKPA sebanyak 13 kali, kerjasamanya dengan Universitas Bung Hatta (UBH) Padang,” jelasnya.

Sebelumnya, para pengurus yang telah dilantik beberapa waktu lalu itu adalah Hanky Mustav Sabarta (ketua), Mukhti Ali Kusmayadi Putra (sekretaris), Nisfan Jumadil (bendahara), Mevrizal (Kabid Organisasi dan Hubungan Antar Lembaga), Syamsi Rusdian (Kabid Advokasi Hukum dan HAM), Boiziardi (Kabid Pendidikan dan Peningkatan Kapasitas Anggota ) dan Fauzi Novaldi (Kabid Humas dan Olahraga), serta lainnya.

Pelantikan dihadiri Ketua Umum DPP SPI, Trimedya Panjaitan, Kapolda Sumbar Brigjen Pol Bambang Sri Herwanto, Ketua Pengadilan Negeri Padang Panjang, sekaligus Hakim Pengadilan Tipikor Padang Fahmiron Fahmi, Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim, dan lainnya.

“Semoga kehadiran SPI dapat membantu masyarakat Sumbar dalam menghadapi persoalan hukum yang tengah dihadapi,” kata Wagub Muslim Kasim, saat pelantikan Sabtu.

(Ant/Oleh: Agung Pambudi)
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...
- Advertisement -

Riza Falepi : JK Pensiun, Saya dan Wartawan Merasa Kehilangan

Rapat Koordinasi Pemko Payakumbuh di awal tahun 2021 terasa berbeda. Karena juga ada momen perpisahan dengan pejabat yang memasuki purna tugas atau pensiun di Kafe Agam Jua, Kawasan Batang Agam, Rabu (13/1).

Polres Pessel Gelar Giat AYO PAKAI Masker

Anggota Satlantas Polres Pesisir Selatan memasang stiker bertuliskan " Ayo Pakai Masker", di kendaraan roda dua dan roda empat, yang melintas di kota Painan, Jum'at (15/1). Selain stiker, juga dibagikan masker pada warga, juga pengendara di wilayah Hukum Polres Pessel, Jum'at (15/1).
- Advertisement -

Irfendi Arbi Serahkan APD Bantuan Donatur

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi menyerahkan bantuan mesin hand sprayer, cairan desinfektan, masker dan hand sanitizer serta vitamin bagi sekolah-sekolah, kantor wali nagari, kantor camat dan lainnya di Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota. Ia berharap bantuan donatur yang disalurkan melalui forum peduli Sumatera Barat itu mampu mencegah penyebaran Covid-19 di daerah ini.

Perumnas Kubang Gajah Wakili Kota Payakumbuh Dilomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Sebagai salah satu kampung tangguh yang masih aktif sampai sekarang, kampung tangguh Perumnas Kubang Gajah Kelurahan Limbukan ditunjuk sebagai salah satu perwakilan Kota Payakumbuh untuk lomba kampung tangguh tingkat Provinsi Sumatera Barat.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Padang Panjang Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Padang Panjang, beritasumbar.com- Wakil Walikota Padang Panjang  Asrul menyatakan daerah tersebut siap menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dimulai Senin, 11 Januari. "Kami meninjau...

Pada Usia 17 Tahun, Solok Selatan Alami Berbagai Kemajuan

Padang Aro - Pada usia Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat yang sudah menginjak usia 17 tahun berbagai kemajuan daerah terus akan dicapai. Pejabat Sekdakab Solok...

Terkait Visi-Misi Bupati Ke Depannya, Ini Penegasan DPRD Solok Selatan

Padang Aro, beritasumbar.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan, Zigo Rolanda menegaskan pihaknya akan mendukung visi dan misi pasangan bupati-wakil terpilih...

Momentum HAB Ke-75, Wako Padang Panjang: Tanpa Toleransi Tidak Ada Kerukunan

Padang Panjang, beritasumbar.com -  Kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar...
- Advertisement -