29 C
Padang
Minggu, April 11, 2021
Beritasumbar.com

Muhammad Nur Rais Syuriah – Taufik Pimpim Tanfidziyah PCNU Kota Pariaman 2020-2025
M

Kategori -

Pariaman, beritasumbar.com,-Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin mengungkapkan salut dan kagum dengan organisasi Nahdlatul Ulama (NU). Organisasi yang lahir jauh sebelum kemerdekaan ini, yakni 31 Januari 1926, menjadi organisasi Islam terbesar di Indonesia.

Hal itu diungkapkan Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin pada pembukaan Konferensi Cabang (Konfercab) Nahdlatul Ulama Kota Pariaman, Sabtu (12/9) malam di Hall Saiyo Sakato Kota Pariaman. Konfercab dibuka Ketua PWNU Sumbar Ganefri dan dihadiri Sekretaris PWNU Sumbar Sulaiman Tanjung, Kasi Pendis Kamenag Kota Pariaman Syaiful Azmi.

Menurut Mardison, walaupun NU organisasi Islam besar di Indonesia, namun keberadaannya di Kota Pariaman masih jauh dari harapan. Untuk itu, ke depan merupakan tanggungjawab bersama Pengurus terpilih nantinya untuk membesarkan NU di Kota Pariaman. “Saya salut kepada PWNU Sumbar yang dipimpin Rektor Universitas Negeri Padang (UNP). Mudah-mudahan di Kota Pariaman semangat membangun NU ke depan semakin baik,” kata Mardison yang juga alumni UNP ini.

Dikatakan Mardison, ciri-ciri orang NU antara lain tidak mau menjelek-jelekkan kawan. Hal ini benar-benar mengikuti jejak Nabi Muhammad Saw. yang tidak mau menjelekkan sahabatnya. Orang NU itu jarang menentang pemerintah, tapi mau membantu pemerintah dalam menjalankan program-program pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Karena itu, kami mengajak NU Kota Pariaman untuk saling bersinergi dalam berbagai program Pemerintah Kota Pariaman. Seperti saat ini Kota Pariaman sudah berada pada zona kuning dalam hal kasus terpapar virus Covid-19. Padahal sebelumnya pada zona hijau. Dengan ditemukannnya kluster baru, sehingga terjadi lonjakan kasus terpapar Covid-19,” kata Mardison.

Sampai saat ini sudah 115 orang yang dinyatakan positif Covid-19 di Kota Pariaman. Kami mengajak pengurus, ulama dan warga NU Kota Pariaman melakukan sosialisasi protocol kesehatan pada masyarakat. Apalagi dengan keluarnya Pergub Sumbar terkait sanksi bagi yang tidak menggunakan masker sangat perlu disosialisasikan, tutur Mardison.

Ketua PWNU Sumbar Ganefri mengingatkan bahwa peran dan tanggungjawab NU meliputi bidang keagamaan dan kebangsaan. Di bidang keagamaan bagaimana paham Islam Ahlussunnah Waljamaah dan tradisi para ulama terdahulu tetap berjalan dengan baik, sekaligus toleran dalam kehidupan berbangsa bernegara. Sedangkan kebangsaan selalu mendorong agar pemerintah Indonesia berjalan dengan baik dan tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“NU Sumbar ke depan harus berperan aktif dalam berbagai kehidupan di masyarakat. Karena itu pada kepengurusan sekarang sebelum dilaksanakan Konfercab di masing-masing kabupaten/kota, dipastikan dulu majelis wakil cabang (MWC)-nya ada yang dihasilkan dari konferensi MWC layaknya. Jika MWC-nya belum terbentuk, maka pelaksanaan Konfercab ditunda sampai terbentuk. Setelah MWC tuntas, nanti dilanjutkan dengan pembentukan ranting-ranting,” kata Ganefri yang juga Rektor UNP ini.

Konfercab NU Kota Pariaman berhasil memilih Rais Syuriah Muhammad Nur dan Ketua Tanfidziyah Taufik. Dari 6 suara yang memilih, Taufik memperoleh tiga suara dan pesaingnya Syafrizal mendapatkan dua suara. Satu suara abstain. Penyusunan kepengurusan PCNU Kota Pariaman masa khidmat 2020-2025 bakal dilakukan Tim Formatur yang terdiri Rais Syuriah terpilih Muhammad Nur (Ketua), Ketua Tanfidziyah Taufik (Sekretaris), PCNU Kota Pariaman demisioner Mardison Tuanku Simarajo, utusan MWC Idris dan perwakilan dari PWNU Sumbar. Tim Formatur diberi waktu satu minggu untuk melengkapi kepengurusan. (bus)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

BNPT: Perkuat Sinergi Antar Lembaga Untuk Cegah Terorisme

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar Rapat Koordinasi dalam Rangka Penandatanganan Dokumen Kesepakatan Rencana Aksi Kementerian/Lembaga Dalam Program Penanggulangan Terorisme di Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 pada Kamis, 8 April 2021 di Hotel Pullman, Jakarta.
- Advertisement -

Ridwan Kamil Tepati Janji, Hadiah Motor Buat THL Pemko Payakumbuh Akhirnya Datang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menepati janjinya kepada salahsatu Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, Adi Ironi.

Disdukcapil Kota Payakumbuh Disambangi Tim Penilai Tingkat Provinsi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh disambangi Tim penilai Disdukcapil kabupaten/kota terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).
- Advertisement -

Ustadz Orange, Sampaikan Tausiah di Masjid Terapung Samudera Ilahi Carocok

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Ustadz Narlis Nazar, yang dikenal dengan Ustadz Orange ini, memberikan Tausiah agama di Masjid Terapung Samudera Ilahi Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan Kamis (8/4).

Polres Payakumbuh Amankan Tiga Tersangka Terduga Penggelapan Dana Koperasi

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan tiga orang tersangka terduga penggelapan dana Koperasi Serba Usaha (KSU) Sutra Ketinggian Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. Kasat...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Aktivis LIMAPIA Kecam Oknum Penyalahgunaan Jabatan di Sumbar

Indonesia pada tahun 2020 terjadi bencana yang sangat mempengaruhi siklus pertumbuhan baik di ekonomi untuk mensejahterakan masyarakat sampai kepada hal pendidikan sebagai generasi penerus negara untuk bersaing dengan bangsa lainnya, tentunya hal ini tidak menjadi keinginan bersama. Oleh karena itu pemerintah pusat sampai kepada lembaga-lembaga lain bekerjasama mempercepat penanganan untuk keluar kasus corona ini.

Gelar Raker Bulanan, GMK Fokus Pada Urusan Sosial dan Tidak Ikut Politik Praktis

Padang, beritasumbar.com - Pasir jambak pada Minggu, (28/2) dipenuhi orang berseragam merah abu abu yang berlogokan GMK. Organisasi tersebut tak lain adalah Grup Minàng...

LIMAPIA Minta SKB 3 Menteri Direvisi

kasus demi kasus dalam dunia pendidikan mulai terviralkan khususnya terjadi pada salah satu sekolah yang berada di provinsi sumatra Barat yang dikabarkan bahwa seorang peserta didik mendapatkan perlakuan yang seharusnya tidak didapatkannya.

Beredar Informasi Ada Pulau di Jual, Ini Komentar LIMAPIA

Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan sebuah gabungan dari ribuan pulau yang menghampar dilintasan Khatulistiwa. Masing Sangat banyak pulau pulau kecil yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pemasukan masyarakat sekitar. Dengan kata lain mampu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Kadis Kominfo Kota Pariaman Datangi Kantor PWI Pariaman

Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021 Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pariaman berkunjung silaturahmi ke Kantor PWI Kota Pariaman, Selasa 9/2/2021.

IMM Pariaman dan Padang Pariaman Peduli Korban Banjir Solok

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Pariaman dan kabupaten Padang Pariaman melaksanakan aksi sosial peduli terhadap korban banjir Solok. Kegiatan aksi sosial itu dilaksanakan di jalan protokol Kota Pariaman, Senin, 18 Januari 2021.

LIMAPIA Gelar Diskusi Dan Bedah film Bersama HMI, XTC Dan Institut Petarung

Sabtu (9/1) Malam Minggu lingkaran mahasiswa Piaman (LIMAPIA) mengadakan diskusi dan bedah film bersama Kawan-kawan HMI, XTC, Institut petarung untuk mengembalikan budaya literasi di kalangan pemuda dan mahasiswa agar generasi penerus bangsa (Iron Box).

Tentang Pembangunan Pasar Rakyat Pariaman, Ini Kata Plt Walikota

Pariaman,- Pembangunan Pasar Rakyat Pariaman yang menggunakan dana APBN hingga saat ini telah mencapai hampir 90 persen. Hal tersebut diungkapkan Plt.Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin usai meninjau...

Forum Adat Seni Budaya Anak Nagari (FASBANA) Kota Pariaman adakan MUBES Petama

Pariaman, BeritaSumbar.com,- Afriade selaku Founder FASBANA, menjelaskan bahwa Fasbana ini dibentuk atas kekhawatiran sekelompok pemuda dan anak mudo sekarang ini, mulai jauh dari adat,...

Pimpinan IMM Pariaman dan Padang Pariaman Dilantik

Padang Pariaman,- Acara pelantikan pimpinan baru Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman berlangsung Di Hall Saiyo Sakato Pemda Padang Pariaman,Pada...
- Advertisement -