25 C
Padang
Selasa, Januari 26, 2021
Beritasumbar.com

MPR RI Bangun Sinergitas dengan Perbumma Adat Nusantara, Angkat Program Kampung Empat Pilar
M

Kategori -

JAKARTA – Dengan telah digagasnya Perbumma (Perkumpulan Badan Usaha Milik Masyarakat) Adat Nusantara oleh KUP Suta Nusantara, Perbumma selalu menggencarkan program-programnya untuk masyarakat, khususnya masyarakat adat yang ada di Nusantara

Syamsul Rizal selaku Wakil Ketua Umum DPP Perbumma saat dijumpai dikediaman di kawasan Pasar Minggu, Jakarta pada Rabu (23-09-2020) menyampaikan

“Kalau kita liat dari perspektif ekonomi, politik, maupun dari segi Geostrategi Perbumma itu sangat bermanfaat bagi instrumen pembangunan bangsa, dan keberlangsungan Indonesia. Hal ini disebabkan karena Perbumma memiliki semua jaringan wilayah-wilayah adat seluruh Indonesia”

“Perbumma bisa bersinergi dengan pemerintah, baik itu ditingkat pusat maupun daerah untuk mengembangkan kemandirian didaerahnya masing-masing, terutama kemandirian dalam bidang pangan secara nasional. Konsep Perberdayaan secara ekonomi yang dijalankan oleh Perbumma ini secara tidak langsung telah menjalankan amanat konstitusi dengan mentransformasi nilai-nilai budaya nusantara, nilai-nilai adat-istiadat yang telah ada sebelum negara ini hadir, seperti contoh setiap daerah memiliki kearifan lokal masing-masing”, ujar Syamsul Rizal

Syamsul Rizal Menjelaskan Perbumma ini adalah sebuah perkumpulan yang mengejewantahkan konstitusi dan mengejewantahkan prinsip-prinsip berbangsa dan bernegara, dan melanjutkan nilai-nilai yang terkandung didalam proklamasi, bahkan nilai-nilai Pancasilais sesungguhnya.

“Sampai saat ini, Perbummma sangat konsen dengan kepentingan publik, Perbumma sudah mengajak dan sudah terjun kemasyarakat mengajak tokoh-tokoh adat dan tokoh masyarakat untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada diwilayah masing-masing, sebagai contoh kongkrit Perbumma sudah mengajak menanam tumbuh-tumbuhan yang produktif untuk mempertahankan kondisi pangan masyarakat itu sendiri”, ulas Syamsul yang juga Ketua Umum KKMKR (Kerukunan Keluarga Moloko Kie Raha) ini

“Pemerintah tidak bisa menutup mata, karena langkah yang dijalankan Perbumma itu adalah konstitusional, itu adalah perintah UUD 1945, dan merupakan amanat Pancasila serta Proklamasi. Esensi kemerdekaan itu adalah Hak segala Bangsa, apalagi dalam konteks adat dan kearifan lokal itu diatur dalam UUD 1945, dan Pemerintah berkewajiban mensinergikan antara Perbumma dengan Instrumen kebangsaan, Lembaga-lembaga kultural dalam rangka mengisi kemerdekaan”

Syamsul Rizal mengungkapkan Pertemuan antara Perbumma dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo beberapa waktu lalu menghasilkan, bahwa MPR telah membuka ruang sebagai Mahkamah rakyat untuk bersinergi dengan Perbumma, sebagai Contoh kerjasama MPR RI dengan Perbumma membangun Kampung Empat Pilar yang direncanakan nantinya di Salatiga, Jawa Tengah.

“Program Kampung Empat Pilar yang diprakarsai oleh MPR RI bersama Perbumma tidak hanya sekedar efforia belaka, tetapi Perbumma telah menyiapkan semua materi, dan kurikulum pembinaan, dan bahkan sejalan dengan itu kebetulan masyarakat Salatiga itu identik dengan Vanili, ini kita sinergikan dalam bentuk Festival Vanili Nusantara. Jadi Nilai Kebangsaannya dapat, Nilai ekonominya juga dirasakan langsung oleh rakyat dan perberdayaan ekonomi juga akan tercipta. Secara tidak langsung Pemerintahan daerah disana kena imbas yang positif, karena salah satu rancangan dari Perbumma yang telah menjadi kesepakatan dengan Lembaga Tinggi Negara MPR RI melalui Ketua MPR Bambang Soesatyo, Salatiga akan ditetapkan sebagai Kota Vanili”

Syamsul menegaskan Ruang-ruang publik ini memang harus kita ciptakan dan harus dibuka. Pemerintah harus memberikan Legitimasi, dan ikut mendorong, terutama Pemda setempat, karena yang punya rakyat itu adalah Pemerintah daerah, dan Provinsi sebagai ex-officio harus mendorong sebagai perpanjangan tangan pusat kedaerah, sehingga apa yang menjadi konsep bangsa dan negara, pandangan visi misi Presiden RI tentang Indonesia maju dapat berjalan dengan baik dapat terealisasi berkat sinergitas Pemerintah dengan semua elemen-elemen bangsa”, tutur Syamsul dengan penuh optimis

Untuk semua Unsur kepengurusan Perbumma Adat Nusantara, baik DPP dan Calon pengurus DPW se-Indonesia, Syamsul berharap “Tetap semangat dalam Pengabdian, Kerakyatan dan Solidaritas”, Tutup Syamsul yang pernah aktif di Kosgoro ini. (Megy Aidillova)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Erwin Yunaz Hadiri Pelantikan Pengurus Hipmi 3 Daerah

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz hadir dalam hari yang teristimewa bagi organisasi Himpinan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar. Yakni Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kota Sawahlunto.
- Advertisement -

PDAM Payakumbuh Buka Loket Pembayaran Air Di MPP

Kabar gembira bagi warga Payakumbuh, dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi masyarakat pelanggan, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Sago Payakumbuh telah melaunching payment point (loket pembayaran-red) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Balai Kota Payakumbuh.

Tentang Nama Nama Tokoh Yang Bakal Diusung PKS, Ini Kata Riza Falepi

Genderang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Payakumbuh sepertinya mulai dipanaskan. Hal ini terungkap dari wawancara bersama Riza Falepi, saat ditemui media di rumah dinas wali kota, Senin (25/1), Riza yang merupakan pengurus DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu akhirnya buka suara menyampaikan beberapa hal terkait kesiapan Partai yang memiliki 5 kursi di DPRD Payakumbuh itu.
- Advertisement -

Keberadaan Rumah Tahfiz Alkahfi, Wadah Penerus Hafal Al- Quran dan Relegius

Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo.S.Ik bersama - sama Humas Polda Sumatera Barat, Sabtu (23/1) kemarin sekira pukul 13.30 Wib meresmikan Rumah Tahfiz Alkahfi.

IMM Pariaman dan Padang Pariaman Peduli Korban Banjir Solok

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Pariaman dan kabupaten Padang Pariaman melaksanakan aksi sosial peduli terhadap korban banjir Solok. Kegiatan aksi sosial itu dilaksanakan di jalan protokol Kota Pariaman, Senin, 18 Januari 2021.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Ingatkan Kemendikbud Soal Siswi Nonmuslim Diwajibkan Berjilbab, PKB Sumbar: Aturan Sekolah Merusak Persatuan Nasional Harus Ditindak

Viralnya sebuah video tentang dipanggilnya orang tua siswa bernama Elianu Hia karena menolak mengenakan jilbab menggegerkan publik sejak Kamis (21/1) kemaren.

Terkait Tambak Udang Dan Tarok City, mahasiswa Lingkar Piaman Datangi Kantor DPRD Padang Pariaman

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam LIMAPIA bersama Himpunan Mahasiswa Islam komisariat Universitas Eka sakti, pemuda xtc kota Pariaman dan pemuda amal beramal berunjuk rasa...

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.
- Advertisement -