24.9 C
Padang
Rabu, Agustus 4, 2021
Beritasumbar.com

Moderalisasi Mengikis Adat
M

Kategori -

BeritaSumbar.com,-Terkenal dengan adat yang begitu kental, Minangkabau termasuk daerah yang mulai maju dan berkembang. Moderalisasi adalah proses pergeseran sikap dan mentalitas sebagai warga masyarakat untuk dapat hidup sesuai dengan tuntunan masa kini atau pemodernan, sedangkan Adat istiadat adalah perilaku budaya dan aturan-aturan yang telah berusaha diterapkan dalam lingkunagan masyarakat.

Adat istiadat merupakan ciri khas suatu daerah yang melekat sejak dahulu kala dalam diri masyarakat yang melakukannya. Layaknya kata pepatah adat yang sebenarnya adat adalah adat yang tak lekang oleh panas, tak lapuk oleh hujan, dipindahkan tidak layu, dibasuh habis air. Artinya semua ketetapan yang ada di alam ini memiliki sifat-sifat yang tak akan berubah. Contohnya Sumatra Barat ( Sumbar), daerah yang dikenal dengan berbagai macam budaya. Salah satunya yang paling unik dan menarik masyarakat luar daerah Sumbar adalah perempuan “membeli” laki-laki atau disebut juga istilah “bajapuik”.

Bajapuik adalah tradiri atau ciri khas perkawinan di daerah Pariaman. Bajapuik dipandang sebagai kewajiban dari pihak keluarga perempuan (calon istri) dengan cara memberi sejumlah uang kepada laki-laki (calon suami) sebelum akad nikah berlangsung. Bajapuik dalam tradiri adat Pariaman bermaksud untuk menghargai keluarga dari pihak laki-laki yang telah melahirkan dan membesarkannya. Biasanya seorang anak laki-laki adalah tumpuan harapan dari keluarganya, sementara ketika mereka menikah menjadi tumpuan dari harapan keluarga perempuan

Asal mula tradisi bajapuik sudah ada sejak dahulu, bermula dari kedatangan Islam ke Nusantra. Kedatangan islam menjadi sumber Adat di Minangkabau yakni Al-Quran. Layaknya pepatah Minang “Adaik Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabullah” jadi semua adat atau tradisi orang Minang besasal dari ajaran islam. Melihat dari sejarah bajapuik ini, dahulunya ada sorang saudagar kaya raya yang ingin mencari suami untuk anak perempuannya. Didapatilah seorang laki-laki yang alim, sholeh, dan bagus pula agamanya, namun lelaki tersebut tidak memiliki harta untuk membangun rumah tangga, lalu saudagar tadi memberikan sejumlah emas  dan lahan pertanian untuk modal pernikahan dengan anaknya.

Memang tradisi bajapuik ini terdengar kurang lazim bagi masyarakat luar Sumbar, namun perlu kita cermati kembali bahwa masyarakat Minang menempatkan budaya atau tradisi di bawah Hukum Agama. Seiring perkembangan waktu tradisi bajapuik ini kian terkikis, banyak dari orang-orang yang menyalah gunakan wewenang, seperti dari pihak laki-laki yang seolah-olah sengaja menentukan tarif atau jumlah uang kepada pihak wanita, bahkan sekarang tarif tersebut diukur melalui pekerjaan atau profesi laki-laki, semakin tinggi profesi semakin mahal pula uang jeputannya.

Karena adanya penyalahgunaan ini bisa mencoreng nilai dari budaya ini, yang seharusnya nilai budaya budaya banyak mengandung nilai positif kini dipandang negative. Tidak jarang masyarakat luar memandang buruk tradisi ini. Bahkan dampak negative dari penyalahgunaan ini memungkinkan batalnya pernikahan. Ada pula yang berinisiativ dari laki-laki memberi uang kepada perempuan untuk melancarkan proses perkawinan, bisa juga dikatakan untuk mempertahankan tradisi tanpa harus membatalkan perkawinan.

Sayangnya seiring berjalannya waktu semua itu mulai ditinggali dan dilupakan oleh anak muda minang sekarang. Alah  hilang  Minang yang tinggal kabau. Norma, adat atau tradisi yang sejak dulu menjadi kebanggaan orang minang telah mulai pudar dan hilang dilupakan oleh anak mudak sekarang.

Dalam menjaga dan melestarikan kembali adat yang hampir punah ini dalam masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara khususnya untuk anak muda zaman sekarang yaitu dengan mengenal atau mempelajari kembali adat tersebut serta mempraktikkanya, ikut berpartisipasi dengan masyarakat yang lain dalam rangka menegakkan kembali adat tersebut, mengajarkan dan mengingatkan kepada penerus bangasa khususnya anak muda sekarang agar adat ini tidak musnah dan tetap bertahan.

Penulis: Rahmita Erlinawati

foto hanya sebagai ilustrasi

 

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Instruksi Gubernur Sumbar Dalam Memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI

Padang,BeritaSumbar.com,-Gubernur Sumatera Barat secara resmi menginstruksikan jajaran pemerintahan dan seluruh masyarakat di Sumbar untuk turut serta dalam peringatan HUT Kemerdekaan ke-76 RI.
- Advertisement -

23 Positif Covid-19 Dan 8 Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya penambahan kasus positif Covid-19 yang hasil swabnya keluar Senin (02/08) sebanyak 23 orang dan delapan bebas isolasi.

Jadi Lokus Studi Tiru, GTP UIakan Kembali Dikunjungi Pokdarwis se Kabupaten Sijunjung.

Padang Pariaman, beritasumbar.com.,-Nagari Ulakan melalui potensi kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park (GTP) yang dimiliki, kembali menjadi pusat perhatian. Hal itu dibuktikan, dengan adanya kunjungan Studi Tiru ke destinasi wisata ini, yang digagas oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Dalam kesempatan kali ini, Dinas Pariwisata Provinsi selaku penyelenggara Pelatihan Sadar Wisata di Kabupaten Sijunjung memboyong seluruh peserta untuk melakukan Studi Tiru ke kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park di Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang, pada Selasa (27/7).
- Advertisement -

Kuliah Daring, Belajar Sambil Bekerja Di Masa Pandemi

Penerapan Kuliah Daring berawal sejak pandemi Covid-19 pada bulan Maret tahun 2020 di Indonesia, dimana segala aktivitas perkuliahan di lakukan melalui Program Daring, adapun beragam fitur media sosial di gunakan untuk bertatap muka guna kegiatan tersebut antara lain ; Zoom Meeting, Google Meet, WAG, E-Learning,serta aplikasi media lainnya.

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Kuliah Daring, Belajar Sambil Bekerja Di Masa Pandemi

Penerapan Kuliah Daring berawal sejak pandemi Covid-19 pada bulan Maret tahun 2020 di Indonesia, dimana segala aktivitas perkuliahan di lakukan melalui Program Daring, adapun beragam fitur media sosial di gunakan untuk bertatap muka guna kegiatan tersebut antara lain ; Zoom Meeting, Google Meet, WAG, E-Learning,serta aplikasi media lainnya.

Mengenal Politik Praktis & Pragmatisme

Dalam praktik perebutan maupun mempertahankan sebuah kekuasaan Politik Praktis dan Pragmatisme seolah menjadi dua hal yang sulit dipisahkan, khususnya di negara Demokrasi seperti Indonesia.

Filosofi Lidi

Dari filosofi pohon kelapa yang sangat banyak manfaatnya, bahkan hampir seluruh bagian tanaman kelapa tersebut memberi manfaat untuk kehidupan manusia. Manusia sebagai makhluk yang paling sempurna tentu seharusnya juga memberi manfaat dan berperan menjaga bumi dan lingkungan setelah mengambil manfaat untuk kehidupan. Sesuai juga dengan perintah Tuhan dalam ajaran agama bahwa tujuan Tuhan menurun-kan manusia ke muka bumi ini adalah untuk beribadah dan berbuat yang bermanfaat.

Raih Keridhaan Allah melalui Etos Kerja

Dalam Manajemen Pendidikan Islam, etos kerja (semangat/motivasi kerja) dilandasi oleh semangat beribadah kepada Allah Swt. Maksudnya, bekerja tidak sekedar memenuhi kebutuhan duniawi melainkan juga sebagai pengabdian kepada Allah Swt,

Rugi Rasa Untung

Apakah beberapa fenomena terbalik yang terjadi ditengah masyarakat bangsa ini atau mungkin juga ditengah masyarakat dunia adalah pertanda bahwa kiamat sudah dekat ? Wallahu a’lam bishawab hanya Allah pencipta langit dan bumi yang tahu persis.

Mengatur Konflik dengan Teknik Mind Mapping

Konflik. Ketika kita mendengar kata itu, kebanyakan orang akan membayangkan seperti perang, rusuh, gontok-gontokan, atau orang yang berkelahi antarkampung. Tidak, sebenarnya konflik bisa dimulai dari sesuatu yang kecil. Kalau menurut psikologi, konflik itu bisa dimulai dari ketika kita merasa ada perbedaan, entah perbedaan pendapat atau perasaan tentang sesuatu hal.

DPW PTPI Sumbar Buka Bimbel & Bimtes CPNS 2021 Online

Dewan Pimpinan Wilayah Perkumpulan Trainer Profesional Indonesia Wilayah Sumatera Barat (DPW PTPI Sumbar) resmi membuka kegiatan Bimbingan Belajar (BIMBEL) dan Bimbingan Test CPNS 2021...

BUMN Berburu di Kebun Binatang

Sangat menarik menyimak perjalanan PT POS Indonesia sebuah perusahaan BUMN yang pionir dalam bidang jasa pengiriman barang dan serta pengiriman uang dalam bentuk wesel.

Kita Pancasila

Bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki komitmen dan memahami buah pemikiran dan cara pandang hidup yang disarikan para pendiri bangsa. Mereka telah membuat rumusan atau intisari yang digali dari jiwa bangsa ini, dari ruh bangsa ini, dari sikap hidup bangsa ini, yang berbhineka dan penuh nilai-nilai luhur.

Menanamkan Pendidikan Karakter Kepada Anak Sejak Dini

Pendidikan karakter memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan dan sangat menarik untuk diteliti, terutama karena pendidikan karakter berorientasi pada pembentukan karakter siswa.
- Advertisement -