Mobil Minibus Terbalik Di Jalan Rusak Menuju Kawasan Geopark Silokek

Sijunjung, BeritaSumbar.com,– Jalan rusak menuju kawasan Geopark Silokek, memakan korban. Mobil toyota jenis Ayla Nopol polisi BA 1274 QW, mengalami kecelakaan tunggal di penurunan jalan rigit beton yang terban, sekitar pukul 8.00 WIB, Rabu (8/7).
Mobil Ayla ini datang dari arah Muaro menuju Nagari Silantai kecamatan Sumpur Kudus, sesampai di Tempat Kejadian Perkara ( TKP), badan jalan rigit beton ini sudah terban dengan kedalaman sekitar 2 meter, tinggal bahu jalan yang arah ke tebing sisi kiri dari arah Muaro.

Informasi dilapangan berkemungkinan sopir Ayla ini belum pernah lewat jalan ini atau dalam kondisi mengantuk. Sopir tidak melihat kondisi jalan yang terban, sejurus kemudian mobil tidak bisa dikendalikan, sampai nyunsep ke arah badan jalan yang ambruk tersebut.

Menurut saksi mata dalam peristiwa ini, tidak ada korban jiwa, hanya sopir bersama beberapa orang penumpangnya korban perasaan dan ketakutan karena mobil mereka masuk jurang. Kondisi mobil, bagian kaca depannya pecah dan di dinding mengalami rinset.

Setelah peristiwa kecelakaan ini, sekitar pukul 14.30 WIB, sudah ada alat berat dari Pemkab Sijunjung yang datang memperbaiki badan jalan tersebut. Seperti yang pernah diberitakan beberapa bulan yang lalu, jalan geopark silokek terancam putus lagi. Karena ada beberapa titik badan jalan yang turun dan lonsor. Kalau tahun lalu yang putus lebih kurang 800 meter sudah dibuat jalan baru, dengan dana bencana alam APBN.

Baca : Jalan Menuju Geopark Silokek Terancam Putus

Kami sangat kuatir jalan tersebut bisa putus lagi, bila tidak segera diperbaiki oleh pemerintah daerah. Apalagi hari masih musim penghujan dan arus batang kuantan sering meluap sampai melebihi bibir sungai tersebut.

Akan terjadi pengikisan dibagian dasar dan pinggir jalan disekitar Batu Gando, jelas Ahyar.
Menurut ahmadir,salah seorang warga Durian Gadang, turunnya badan jalan ini, mungkin dampak dari penambang emas yang mengarah ke jalan Muaro-Silokek.

Jalan ini merupakan urat nadi warga Silokek, Durian Gadang dan 5 (lima) nagari di kecamatan Sumpur Kudus dan jalan utama menuju Geopark Silokek yang mulai di kenal oleh warga Sumatera Barat dan Indonesia, karena sudah masuk Geopark Nasional, tambahnya ( alim)

loading...