28 C
Padang
Minggu, Maret 7, 2021
Beritasumbar.com

Menuju Kemandirian dan Kesejahteraan; Peternak Kambing-Domba Se-Sumatra Barat Adakan Silaturahmi Bersama
M

Kategori -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Kambing dan Domba (Kado) merupakan plasma nutfah yang menjadi salah satu komoditas penting dalam memenuhi kebutuhan daging dan susu bagi masyarakat, termasuk di Sumatra Barat.

Sektor pembangunan peternakan Kado masih menyimpan sejumlah permasalahan, baik secara internal ataupun eksternal, yang perlu di atasi secara bersama. Menyikapi ragam permasalahan itu, para peternak Kado Se-Sumatra Barat mengadakan kegiatan Silaturahmi Bersama. Kegiatan yang dilangsungkan di Agamjua Resto – Kota Payakumbuh, kemaren (13/02) berlangsung khidmat sekaligus juga menjadi bukti bahwa para peternak Kado di Sumatra Barat masih memiliki semangat untuk maju bersama.

Febryon Tri Intano selaku Ketua Pelaksana melaporkan bahwa “kegiatan ini dilaksanakan melalui swadaya dan swadana seluruh peternak Se-Sumatra Barat yang hadir saat ini”, ungkapnya.

Lebih lanjut, Febri juga melaporkan bahwa “peserta yang hadir dalam kegiatan ini adalah sebanyak 120 orang pelaku ternak yang tersebar dari 14 Kabupaten/Kota di Sumatra Barat, suatu jumlah yang jauh di batas ekspektasi kami selaku panitia”, imbuhnya.

Febri yang juga sebagai owner usaha peternakan kambing Rantiang Ameh mengajak agar seluruh peserta bisa mengikuti kegiatan ini secara seksama dan berharap agar melalui kegiatan ini, semoga ikatan kekeluargaan antar sesama peternak dan lintas sektor terus berjalin berkelindan untuk menuju cita-cita dan semangat kemandirian dan kesejahteraan bagi para pelaku ternak Kado di Sumatra Barat.

Erwin Yunaz selaku Wakil Walikota Payakumbuh menyambut baik dan mengapresiasi para pelaku ternak Sumatra Barat atas inisiatifnya menjadikan Kota Payakumbuh sebagai tempat untuk dilaksankannya acara Silaturahmi bersama ini. Semoga acara ini memberikan manfaat bagi kita semua, khususnya bagi pelaku ternak yang berhadir, harapnya

Dalam kegiatan Silaturahmi tersebut, dilaksanakan juga Diskusi Terbuka dengan menghadirkan pemateri kompeten. Erwin Yunaz selaku Wakil Walikota Payakumbuh memaparkan tentang Prospek Kambing dan Domba sebagai Model Bisnis Masa Depan, sementara itu, Kepala Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatra Barat, menyampaikan tentang orientasi dan arah pembangunan peternakan kambing dan domba di Sumatera Barat, dan Dekan Fakultas Peternakan Universitas Andalas memaparkan tentang Peran Akademisi dalam Pembangunan Peternakan Kambing-Domba di Sumatra Barat. Ketiga pemateri tersebut menyampaikan materinya secara apik dan mengundang banyak pertanyaan yang kemudian menjadi bahan diskusi dalam pertemuan tersebut.

Selanjutnya, Diskusi Terbuka juga dilanjutkan pada Sesi kedua yang disampaikan oleh para pakar di bidangnya, misalnya Dr. Fuad Madarisa, M.Sc memaparkan materi tentang Dilema Pembangunan Ternak Kambing-Domba di Sumatra Barat, Sementara itu Febri dan Toni yang merupakan praktisi peternakan kambing juga menyampaikan materi secara berturut-turut; menangkal stigma negatif pada ternak kambing-domba, dan semangat, motivasi dan inovasi dalam beternak kambing. Sesi diskusi kedua ini berlangsung alot dengan munculnya ragam pertanyaan dan tanggapan hingga acara berakhir.

Dodi selaku peternak yang berasal dari Kota Padang mengucapkan terimakasih kepada panitia atas terselenggaranya kegiatan silaturahmi ini. Ia berharap mudah-mudahan ini bukan (red. pertemuan) yang pertama dan terakhir. Kita berharap ke depan, kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan secara lebih meriah lagi dengan ragam acara yang lebih berwarna, imbuhnya.

Sementara itu, Febri selaku Ketua Panitia menghimbau dan mengajak agar semua pelaku ternak Kado di Sumatra Barat bisa merapatkan barisan, membuka diri, serta tetap menjaga ikatan persaudaraan dan kekeluargaan antar sesama peternak Kado di Sumatra Barat. Lebih dari itu, mari kita wujudkan pembangunan Peternakan Kado yang lebih mandiri dan sejahtera ke depannya dengan tetap menjalin spirit kebersamaan. Jayalah Peternak Kado Sumatra Barat, tutupnya. (khz)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Wawako Bukittinggi Marfendi dan Istri Terima Kunjungan Dari Bengkalis

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Organisasi Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Bengkalis, Kepulauan Riau mengadakan kunjungan ke Kota Bukittinggi,Kamis (3/3/2021). Kunjungan sekaligus dalam...
- Advertisement -

Bukittinggi Tuan Rumah BBGRM ke-XVIII, Wako Erman Safar: Ucapkan Terima Kasih

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Ditunjuknya kota Bukittinggi sebagai tuan rumah dalam kegiatan pencanangan Bulan Bakti Dasa Wisma dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM)...

Sempat Resahkan Warga, Seekor Harimau Dahan Masuk Perangkap BKSDA Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Beberapa hari belakangan warga Jorong Sikabu Kabu digemparkan dengan ditemukan hewan ternak mereka mati dikandang. Hewan peliharaan berupa kambing warga tersebut mati dengan luka di leher. Melihat kondisi tersebut warga lansung menduga ada binatang buas yang memangsa ternak mereka dan lansung melaporkan ke pihak Nagari dan diteruskan kepada BKSDA Limapuluh Kota.
- Advertisement -

Dua Belas Personil Polri Polsek Lintau Buo Dan Lintau Buo Utara Di Vaksin Sinovac Perdana

Tanah Datar,Beritasumbar.com -Sebanyak dua belas personil Polri Polsek Lintau Buo dan Lintau Buo Utara di Vaksin Sinovac hari ini Kamis,04/03/2021.di Puskesmas Lintau Buo Nagari Tigo Jangko.

Usai Dilantik, Benny Dan Radi Serius Garap Pertanian Di Sijunjung

Sijunjung,BeritaSumbar.com,- Belum genap seminggu masuk kantor sejak dilantik, Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung sudah bergerak cepat. Baik itu kunjungan, Rapat Program maupun acara undangan.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

90 vial Vaksin Tahap II Tiba di Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Dengan pengawalan ketatat anggota Satuan Brimobda Sumbar Yon B Pelopor Padang Panjang, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Payakumbuh kembali menerima 90 vial vaksin Covid-19 untuk tahap II dan langsung disimpan di Gudang Instalasi Farmasi Dinkes Kelurahan Ibuh, Selasa (02/03) siang.

Ujian Akhir Sekolah SD dan SMP Di Payakumbuh Bakal Dilaksanakan 29 Maret Sampai 1 April 2021

Ujian Nasional (UN) dan ujian kesetaraan tahun 2021 ditiadakan. Dengan ditiadakannya UN dan ujian kesetaraan tahun 2021, maka UN dan ujian kesetaraan tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, di Payakumbuh hanya melaksanakan ujian akhir sekolah (UAS) saja.

HUT Damkar Di Kota Payakumbuh, Diwarnai Aksi Bagi-bagi Masker

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Payakumbuh menggelar aksi berbagi masker dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Damkar dan Penyelamatan Indonesia Ke-102 yang jatuh pada Senin (01/03) dan digelar di Tugu Adipura dengan mengusung tema Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yang Profesional, Mandiri dan Melayani dalam mendukung adaptasi kebiasaan baru.

Rayakan Hari Jadi Ke-102, Damkar Kota Payakumbuh Hadirkan Pakaian Aluminized

Dinas Pol-PP dan Damkar kota Payakumbuh hari ini memperingati hari jadi mereka yang ke-102. Bertempat di posko Pemadam Kebakaran kota Payakumbuh Jalan Luhak 50 Nomor 1 kelurahan Nunang Daya Bangun, kecamatan Payakumbuh Barat, dinas Pol-PP dan Damkar kota Payakumbuh meriahkan hari jadi yang ke-102 di tahun 2021 dengan membagikan masker kepada warga yang melintas di seputaran tugu Adipura pusat kota Payakumbuh, Senin (1/3/2021).

Terkait Isu KLB, Rezka Oktoberia: Demokrat Tegak Lurus Bersama SBY dan AHY

Payakumbuh, beritasumbar.com - Anggota DPR RI Partai Demokrat, Rezka Oktoberia memberikan tanggapannya terkait isu Kongres Luar Biasa (KLB) yang tengah menghampiri partainya. Dia memastikan kader...

Akhir Pekan Ala Erwin Yunaz, Seaspal Bareng Komunitas RX King Kebersamaan Kota Biru

Siapa sangka kalau akhir pekannya diisi oleh seorang Erwin Yunaz dengan melakukan touring perdananya menikmati keindahan alam Provinsi Sumatera Barat bersama Komunitas RX King Kebersamaan Kota Biru, yaitu klub otomotif sepeda motor yang sudah terdaftar di Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Kantor Kesbangpol Kota Payakumbuh.

Liko SC Kurang Puas dengan Hasil Buruannya

Menindaklanjuti keluhan petani RW III Talawi Kelurahan Ompang Tanah Sirah (OTS) Kecamatan Payakumbuh Utara, akan mewabahnya hama tupai yang merusak tanaman petani, Lurah OTS, Majri sengaja mengundang Lima Puluh Kota Shooting Club (Liko SC) untuk ikut mengendalikan hama tersebut.

Penilaian Kemenpan RB, Polres Payakumbuh Sangat Baik Memberikan Pelayanan Publik

Payakumbuh, beritasumbar.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memberikan penghargaan kepada Polres Payakumbuh sebagai Pelayanan Publik Sangat Baik dalam evaluasi pelayanan...

Rida Ananda : Wanita Fokus Jangan Rawat Wajah Saja

Kesehatan organ kewanitaan untuk pencegahan kanker serviks menjadi topik utama dalam Webinar Inspirasi Sehat yang digelar Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Payakumbuh secara daring di Aula Ngalau Indah Lantai III Balai Kota Payakumbuh, Selasa (23/2).

Uang Yang Disimpan Dalam Karung Oleh Pria Tuna Rungu Asal Payakumbuh Ditaksir Capai Ratusan Juta

Payakumbuh, beritasumbar.com -  Sudah tujuh hari sejak dilakukannya beres-beres di rumah Palyuri (81 tahun) atau lebih dikenal dengan nama Biok. Kakek tuna rungu yang viral...
- Advertisement -