23 C
Padang
Rabu, Oktober 20, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Menuju Kemandirian dan Kesejahteraan; Peternak Kambing-Domba Se-Sumatra Barat Adakan Silaturahmi Bersama
M

Kategori -
- Advertisement -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Kambing dan Domba (Kado) merupakan plasma nutfah yang menjadi salah satu komoditas penting dalam memenuhi kebutuhan daging dan susu bagi masyarakat, termasuk di Sumatra Barat.

Sektor pembangunan peternakan Kado masih menyimpan sejumlah permasalahan, baik secara internal ataupun eksternal, yang perlu di atasi secara bersama. Menyikapi ragam permasalahan itu, para peternak Kado Se-Sumatra Barat mengadakan kegiatan Silaturahmi Bersama. Kegiatan yang dilangsungkan di Agamjua Resto – Kota Payakumbuh, kemaren (13/02) berlangsung khidmat sekaligus juga menjadi bukti bahwa para peternak Kado di Sumatra Barat masih memiliki semangat untuk maju bersama.

Febryon Tri Intano selaku Ketua Pelaksana melaporkan bahwa “kegiatan ini dilaksanakan melalui swadaya dan swadana seluruh peternak Se-Sumatra Barat yang hadir saat ini”, ungkapnya.

Lebih lanjut, Febri juga melaporkan bahwa “peserta yang hadir dalam kegiatan ini adalah sebanyak 120 orang pelaku ternak yang tersebar dari 14 Kabupaten/Kota di Sumatra Barat, suatu jumlah yang jauh di batas ekspektasi kami selaku panitia”, imbuhnya.

Febri yang juga sebagai owner usaha peternakan kambing Rantiang Ameh mengajak agar seluruh peserta bisa mengikuti kegiatan ini secara seksama dan berharap agar melalui kegiatan ini, semoga ikatan kekeluargaan antar sesama peternak dan lintas sektor terus berjalin berkelindan untuk menuju cita-cita dan semangat kemandirian dan kesejahteraan bagi para pelaku ternak Kado di Sumatra Barat.

Erwin Yunaz selaku Wakil Walikota Payakumbuh menyambut baik dan mengapresiasi para pelaku ternak Sumatra Barat atas inisiatifnya menjadikan Kota Payakumbuh sebagai tempat untuk dilaksankannya acara Silaturahmi bersama ini. Semoga acara ini memberikan manfaat bagi kita semua, khususnya bagi pelaku ternak yang berhadir, harapnya

Dalam kegiatan Silaturahmi tersebut, dilaksanakan juga Diskusi Terbuka dengan menghadirkan pemateri kompeten. Erwin Yunaz selaku Wakil Walikota Payakumbuh memaparkan tentang Prospek Kambing dan Domba sebagai Model Bisnis Masa Depan, sementara itu, Kepala Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatra Barat, menyampaikan tentang orientasi dan arah pembangunan peternakan kambing dan domba di Sumatera Barat, dan Dekan Fakultas Peternakan Universitas Andalas memaparkan tentang Peran Akademisi dalam Pembangunan Peternakan Kambing-Domba di Sumatra Barat. Ketiga pemateri tersebut menyampaikan materinya secara apik dan mengundang banyak pertanyaan yang kemudian menjadi bahan diskusi dalam pertemuan tersebut.

Selanjutnya, Diskusi Terbuka juga dilanjutkan pada Sesi kedua yang disampaikan oleh para pakar di bidangnya, misalnya Dr. Fuad Madarisa, M.Sc memaparkan materi tentang Dilema Pembangunan Ternak Kambing-Domba di Sumatra Barat, Sementara itu Febri dan Toni yang merupakan praktisi peternakan kambing juga menyampaikan materi secara berturut-turut; menangkal stigma negatif pada ternak kambing-domba, dan semangat, motivasi dan inovasi dalam beternak kambing. Sesi diskusi kedua ini berlangsung alot dengan munculnya ragam pertanyaan dan tanggapan hingga acara berakhir.

Dodi selaku peternak yang berasal dari Kota Padang mengucapkan terimakasih kepada panitia atas terselenggaranya kegiatan silaturahmi ini. Ia berharap mudah-mudahan ini bukan (red. pertemuan) yang pertama dan terakhir. Kita berharap ke depan, kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan secara lebih meriah lagi dengan ragam acara yang lebih berwarna, imbuhnya.

Sementara itu, Febri selaku Ketua Panitia menghimbau dan mengajak agar semua pelaku ternak Kado di Sumatra Barat bisa merapatkan barisan, membuka diri, serta tetap menjaga ikatan persaudaraan dan kekeluargaan antar sesama peternak Kado di Sumatra Barat. Lebih dari itu, mari kita wujudkan pembangunan Peternakan Kado yang lebih mandiri dan sejahtera ke depannya dengan tetap menjalin spirit kebersamaan. Jayalah Peternak Kado Sumatra Barat, tutupnya. (khz)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img