23 C
Padang
Senin, Januari 24, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Masyarakat Sumbar Harapkan Pasangan Calon Gubernur Anti Korupsi
M

Kategori -
- Advertisement -

Padang – Sejumlah warga Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mengharapkan kedua pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur daerah itu yang akan maju dalam Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2015 bersih dari korupsi.

“Sudah saatnya Sumbar memiliki pemimpin yang mementingkan masyarakatnya bukan hanya memperjuangkan kedudukan dan mencari kekayaan sebanyak-banyaknya sehingga dekat pada korupsi,” kata salah seorang warga Endi Marlina, di Padang, Kamis.

Menurutnya adanya persaingan sengit dan bongkar pasang calon gubernur dan calon wakil gubernur menjelang pendaftaran terakhir diharapkan bukan menjadi awal munculnya korupsi.

Para pemimpin yang ikut dalam pilkada mendatang tersebut katanya, sudah seharusnya memiliki dedikasi tinggi untuk membangun Sumbar ke arah lebih baik.

Apalagi para kandidat tersebut merupakan mantan pemimpin yang sebelumnya sukses memajukan wilayah yang dipimpinnya.

Seperti Fauzi Bahar dengan pembangunan di Padang, Muslim Kasim sukses di Padang Pariaman dan Wagub Sumbar, Irwan Prayitno sukses dengan segudang prestasi di Provinsi, serta Nasrul Abit yang berhasil memajukan Pesisir Selatan, katanya.

“Para pemimpin tersebut sejauh ini tidak terindikasi korupsi, maka perlu dipertahankan predikat tersebut hingga salah satunya menjadi pemimpin Sumbar yang baru,” kata Endi.

Selain Endi, Presiden Mahasiswa Universitas Andalas Padang Redho Deskumar menyampaikan harapan yang sama untuk para cagub dan cawagub tersebut.

Menurutnya hingga pilkada mendatang diharapkan kedua pasang calon tersebut dapat membangun atmosfer politik yang bersih dan bebas korupsi.

Terutama terkait dalam menjaring massa, diharapkan tidak terjadi politik uang yang dampaknya perilaku korupsi pada saat memimpin mendatang, ujarnya.

Sementara itu Pengamat Politik Unand Asrinaldi menilai politik uang yang terjadi pada masa penetapan cagub dan cawagub ini hanya terasa harumnya.

Mengingat begitu saratnya kepentingan pusat menjadikan politik uang tersebut sulit terlacak, katanya.

Hingga hari terakhir pendaftaran calon gubernur Sumbar ke KPU, dua kandidat telah mendaftar yaitu Irwan Prayitno-Nasrul Abit dan Muslim Kasim-Fauzi Bahar.

Irwan-Nasrul diusung oleh PKS dan Partai Gerindra sementara Muslim-Fauzi diusung oleh PAN, Partai Nasdem, Partai Hanura dan PDI Perjuangan.

 

Sumber: Antara/Oleh M R Denya Utama
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img