30 C
Padang
Kamis, Desember 2, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Maju Ke Tingkat Nasional, Juru Pengairan Payakumbuh Juara Sumbar
M

Kategori -
- Advertisement -

Staf Bidang Pengairan Dinas PU Kota Payakumbuh, Kalimus, ST, keluar sebagai juara Lomba Juru Pengairan Tingkat Sumatera Barat 2014. Ayah tiga anak ini, untuk selanjutnya mewakili Sumatera Barat ke lomba yang sama tingkat nasional, yang penilaiannya akan berlangsung di Kota Padang, Kamis (21/8) mendatang. Walikota Riza Falepi dan Gubernur Irwan Prayitno berharap, Kalimus, mampu mengukir prestasi terbaik nasional di kandang sendiri.

Plt. Kepala Dinas PU Payakumbuh Ir. Muslim, menginformasikan, Sabtu (16/8), penghargaan dan trofi gelar juara akan diterima Kalimus dari tangan Gubernur Irwan Prayitno, dalam upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI Provinsi Sumatera Barat, di halaman kantor gubernur Jalan Sudirman Padang, Minggu (17/8). Payakumbuh juga memperoleh uang pembinaan Rp10 juta, untuk mengurus persoalan pengairan ini di Payakumbuh.

Menurut Muslim, prestasi yang direbut Payakumbuh dalam Lomba Juru Pengairan bukan sekali ini saja. Setahun lalu, Payakumbuh juga mewakili Sumatera Barat atas nama Yeri Siswanto, dan sukses merebut gelar juara harapan pertama di tingkat nasional. “Jika walikota dan gubernur berharap Kalimus mampu menjadi yang terbaik sah-sah saja. Karena, selain faktor tuan rumah, karena sudah kali kedua Payakumbuh mewakili Daerah Tuah Sakato ini,” ucap Muslim.

Menurut Muslim, seluruh provinsi di Tanah Air akan mengirim wakilnya dalam Lomba Juru Pengairan Nasional di Padang. Seluruh peserta akan menyampaikan presentasinya di depan tim penilai pusat, dan langsung akan menjawab seluruh pertanyaan tim penilai, dalam penanganan pengairan di daerah kerja peserta.

Dikatakan, tugas juru pengairan sesuai PP 20 Tahun 2006 tentang irigasi dan Permen PU Nomor 32 Tahun 2007, tentang pedoman operasi dan pemeliharaan irigasi, di antaranya, mengawasi pekerjaan pemeliharaan irigasi dan operasi irigasi. Kemudian, merencanakan, melaksanakan, melaporkan pekerjaan irigasi dan pemeliharaan irigasi. Selain itu, mengatur penyediaan air, pembagian air ke areal persawahan. “Tugas-tugas tersebut sudah dilakukan juru pengairan Payakumbuh dengan baik dan profesional, kata Muslim.

Di Payakumbuh, tambahnya, luas layanan irigasi sudah mencapai 25.210 hektar sawah dan dilewati 70 daerah irigasi (DI). Dari 70 DI itu, 65DI menjadi tanggung jawab Pemko Payakumbuh dan 5 DI tanggung jawab Pemprov Sumbar. Sementara itu, Dinas PU punya 1 pengamat pengairan, 4 juru pengaiaran dan 32 petugas lapangan.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img