31 C
Padang
Rabu, Januari 20, 2021
Beritasumbar.com

Maju Ke PILKADA 2017, Riza Masih Lihat Dukungan Rakyat
M

Kategori -

Desakan masyarakat terhadap H. Riza Falepi untuk maju kembali menjabat Walikota Payakumbuh untuk kedua kalinya, periode 2017-2022, makin terus mengalir. Namun, hingga kini Walikota Riza Falepi,  masih adem, belum menanggapinya secara serius. “Saya masih kosentrasi menyelesaikan RPJMD Payakumbuh 2012-2017,” kilahnya saat dihubungi di Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Senin (1/3).

Diakui walikota, tokoh masyarakat pada seluruh nagari di  lima kecamatan di Payakumbuh serta kalangan perantau, terus mendesaknya untuk maju. Tapi, menurut Riza, ia belum terburu-buru menyatakan sikap. Karena, amanah yang tengah ia pikul masih menyisakan bengkalai yang harus diburu penyelesaiannya dalam  tahun ini.

Menurut Riza, program yang akan dilakukan, pembangunan normalisasi, pembenahan, jalan dan taman pada kedua sisi  Sungai Batang Agam, dari Balai Panjang sampai ke Payobasung. “Ini proyek strategis yang membutuhkan dana sangat besar. Tahap awal pemerintah pusat sudah menyiapkan dana Rp60 Miliyar, buat memulai pekerjaan ini,” kata Riza.

Menjadikan Sungai Batang Agam sebagai objek wisata  dan pusat  pertumbuhan ekonomi baru, dikatakan Riza, sebuah prestasi jajaran Dinas PU yang membanggakan, dengan raihan juara pertama nasional dibidang  penilaian kinerja pembangunan daerah bidang PU (PKPD-PU), dari era Muswendri sampai ke era Marta Minanda sekarang ini.

Kemudian, pembangunan pasar dan islamic centre di Kelurahan Padang Kaduduk, Payakumbuh Utara, juga akan dimulai dalam  tahun ini. Sedangkan stadion olahraga, masih terbentur pengadaan tanah. Jika ada warga yang bersedia menyediakan tanah lebih kurang 5 hektar, pemko akan membelinya dan segera membuat perencanaan stadion ini, tambahnya.

Menurut walikota, dalam tiga tahun terakhir, masyarakat dapat menilai, sudah cukup banyak yang dikerjakan  pemko  dalam merubah wajah kota ini untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Misalnya, pembangunan infrastruktur di Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina). Betonisasi dan aspal hotmix jalan-jalan lingkungan, drainase, bedah rumah warga miskin, dan normalisasi Sungau Batang Pulau. Tidak kurang, Rp30 Militar dana mengucur ke Latina tahun 2015, dan akan terus berlanjut dalam tahun ini.

Walikota juga membeberkan, pembangunan infrastruktur di kecamatan lainnya, seperti pelebaran Jalan Sudirman, pelebaran jalan di daerah Padang Tangah Payobadar sampai ke Padang Alai, betonisasi jalan di Aur Kuniang Ampangan, MCK plus di semua kecamatan, stadion olahraga mini, serta bedah rumah warga miskin dan lansia. Selain betonisasi jalan pada kelurahan disemua kecamatan dan kantor pemerintahan kelurahan.

Dalam hal pelayanan dasar, tambah walikota, terutama bidang kesehatan dan pendidikan, Payakumbuh sudah lebih maju dianding kota/kabupaten lainnya di Sumatera Barat. Untuk kedua program itu, Payakumbuh sudah menjadi acuan atau percontohan  bagi kota dan kabupaten lainnya di Sumatera Barat dan Tanah Air.

Di Payakumbuh, tak ada anak miskin yang tak bersekolah. Pemko menyediakan beasiswa kepada mereka. Makanya, sudah ada pelajar Payakumbuh yang  juara olimpiade sains internasional, dengan peningkatan mutu pendidikan pada semua tingkatan.

Begitu juga dalam pelayanan target 100 persen air bersih,  0% kawasan kumuh dan  100% sanitasi layak, berjalan lancar di Payakumbuh. Ketiga program, akan tuntas dua atau tiga tahun ke depan.

Dengan kemajuan pembangunan tersebut, Walikota Riza Falepi bersama pasangannya Wakil Walikota H. Suwandel Muchtar, mengaku, belum puas. “Saya belum puas dengan capaian pembangunan itu. Karena target yang lebih besar lagi, ingin menaikkan dua digit pertumbuhan ekonomi Payakumbuh tahun ini, meski di tahun lalu pertumbuhan ekonomi Payakumbuh berdasarkan lapaoran BPS tertinggi di Sumatera Barat,” tegasnya.

Karena itu, dalam soal Pilkada 2017, Riza Falepi menyerahkannya kembali kepada warga Payakumbuh. “Nilailah kinerja saya ini dengan hati nurani dan pikiran jernih. Jika positif terimakasih. Jika sebaliknya, mohon maaf, itu yang baru dapat saya lakukan,”. Makanya, untuk maju kembali, perlu kajian yang matang yang harus saya lakukan,” imbuh walikota.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Nagari Koto Tuo Wakili Sijunjung Lomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Nagari Koto Tuo Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung dinilai Tim Kampung Tangguh Provinsi Sumatera Barat, Jumat (15/1). Nagari Koto Tuo mewakili kabupaten Sijunjung dalam penilaian Kampung Tangguh yang akan bersaing dengan nagari lain di Sumbar.
- Advertisement -

Erwin Yunaz Pimpin Goro Di Gedung Asrama Ponpes CI Yang Terbakar

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz memimpin gotong royong pembersihan dan pembenahan puing-puing bekas kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara Minggu (17/1) pagi.

Tidak Terima Aliran Listrik Diputus Sepihak, Warga Datangi PLN UPP Lintau

Tanah Datar, beritasumbar.com Dugaan pemutusan sementara secara sepihak oleh pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) unit pelayanan pelanggan Lintau terhadap satu unit rumah miliki SE (65)...
- Advertisement -

Dua Orang Petugas Satuan Pengaman Sentra IKM Randang Dapat Penghargaan

Apel pagi di Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh agak sedikit berbeda dari hari biasanya, dua orang petugas pengamanan dipanggil kedepan oleh kepala dinas secara khusus, Senin (18/1).

Beny Dwifa Yuswir Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketua DPD Golkar Sijunjung

Beny Dwifa Yuswir, Bupati terpilih,mendapat Amanah secara aklamasi menjadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah ( DPD) Partai Golkar Kabupaten Sijunjung, priode 2020-2025, dalam Musyawarah Daerah ( Musda) X Partai Golkar Kabupaten Sijunjung, di Gedung Pancasila Muaro. Minggu ( 17/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...
- Advertisement -