31 C
Padang
Selasa, Desember 7, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Mahasiswa Unri Lakukan Pendataan Pelaku Perjalanan Di Lembah Melintang Dalam Rangka Kukerta
M

- Advertisement -

Pasaman Barat,BeritaSumbar.com, – Tim mahasiswa Universitas Riau yang tergabung dalam satuan tugas (satgas) covid-19 Kecamatan Lembah Melintang melakukan kegiatan pendataan pelaku perjalanan diwilayah kecamatan lembah melintang.
Pendataan pertama kali dilakukan di Jorong kuamang pada 04 -06 Juni 2020 bersama tenaga kesehatan dari puskesmas Ujung gading. Pendataan dilakukan kepada masyarakat yang pernah melakukan perjalanan ke luar daerah. Juga dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dan gejala yang dialami setelah melakukan perjalanan.
Menurut salah satu pegawai Bank yang sempat dilakukan pendataan sebelum kembali ke Ujung gading mereka terlebih dahulu melakukan serangkaian test seperti uji swab. Bank yang sempat dikunjungi oleh tim relawan sudah menerapkan aturan penggunaan masker dan physical distancing. Di bank tersebut juga disediakan tempat cuci tangan bagi para pengunjung maupun pegawai bank.
Pendataan selanjutnya dilakukan di Jorong Situak pada 18 Juni 2020, pendataan ini dilakukan pada salah satu keluarga yang sempat melakukan perjalanan ke Bukittinggi. Menurut bu Fajri yang juga merupakan guru di SMPN 6 Kecamatan lembah melintang “tidak ada gejala yang mereka alami setelah mereka melakukan perjalanan, namun karantina mandiri juga mereka lakukan” ungkap bu Fajri.
Para relawan sangat menekankan pentingnya karantina mandiri setelah dilakukannya perjalanan. Selain itu tim relawan juga memaparkan pentingnya mencuci tangan setelah melakukan kegiatan yang melibatkan kontak dengan tangan dan pentingnya menggunakan masker saat keluar rumah.
Dari pendataan yang dilakukan pada 29 orang pelaku perjalanan Alhamdulillah tidak ada satupun yang menunjukan gejala covid-19.
“Meskipun tidak ada yang menunjukan gejala corona namun langkah pencegahan juga penting dilakukan apalagi dimasa masa new normal saat ini. Sekarang masyarakat sudah beraktifitas seperti biasa. Jangan sampai kecolongan dimasa ini” ungkap Toto selaku ketua tim relawan.(*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img