27 C
Padang
Kamis, Januari 28, 2021
Beritasumbar.com

Tim Gugus Covid-19 Kecamatan Situjuah Limo Nagari Fasilitas Tes Swab; Perangkat Nagari Hingga Penyelenggara Pemilu Jalani Tes
T

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Tim Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid-19 Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Kabupaten Limapuluh Kota melakukan tes swab secara mandiri di daerah itu guna memastikan wilayah bebas dari Covid-19 atau dinyatakan zona hijau.
Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid-19 Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Drs. Rahmad Hidayat, M. Si mengatakan agar dapat dinyatakan zona hijau, untuk Kecamatan Situjuah Limo Nagari minimal 90 sampel yang harus di tes swab.
“Saat ini bagi kita di Situjuah sudah melewati target tersebut. Tinggal saat ini kita menunggu hasilnya,” katanya didampingi Kepala Puskesmas Situjuah Ns.Masril, S.Kep di kantor camat setempat.
Ia mengatakan, tes swab tersebut merupakan program dari dinas kesehatan, dan untuk Kecamatan Situjuah Limo Nagari jadwalnya bergabung dengan Kec Akabiluru beberapa hari yang lalu.
Namun, kata dia karena tidak sampai kuota 90, maka tim gugus kecamatan meminta kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Limapuluh Kita untuk melakukan swab secara mandiri di Kecamatan Situjuah Limo Nagari dan mereka menyanggupi.
“Setelah adanya kesediaan dinkes mendatangkan tim medis berserta perlengkapannya, maka kita undang pihak-pihak yang akan di tes swab,” katanya.
Menurutnya yang diundang untuk tes swab itu diantaranya perangkat desa/nagari, linmas, wali nagari
ketua lembaga, Pendamping Sosial PKH, kade yandu, dan pendamping desa. Selain itu juga penyelenggara pemilu, berupa PPK dan PPS serta pengawas pemilihan Panwascam hingga PPL.
Rahmad menilai para pemangku kepentingan tersebut intensitasnya bersentuhan dengan masyarakat sangat lah tinggi. Apalagi bagi penyelenggara pemilu dan pengawas pemilu, yang mana tidak berapa lama lagi kegiatannya di masyarakat sangat padat.
Ia menambahkan, kegiatan tes swab tersebut untuk memastikan wilayah/daerah bebas dari covid-19 atau menuju zona hijau.
“Untuk memastikan perlu dilakukan tes swab dan tidak bisa dengan perkiraan saja,” pungkasnya.
Sementara itu, Komisioner KPU Kabupaten Limapuluh Kota Amfreizer mengatakan, pihaknya mengapresiasi serta ucapan atas langkah cepat Tim Gugus Tugas Penanganan Percepatan Covid-19 Kecamatan Situjuah Limo Nagari yang telah berinisiatif memfasilitasi tes swab bagi penyelengara pemilu.
“Selain itu juga ucapan terima kasih kepada dinas kesehatan yang telah memfasilitasi tes swab ini,” kata komisioner bidang hukum dan pengawasan itu.
Kegiatan tersebut, katanya
sebagai upaya untuk memastikan penyelenggara pemilu bebas dari Covid-19 atau virus corona dan berharap semua hasil tesnya negatif.
“Pihak KPU juga menganjurkan adanya tes swab tersebut. Sebelum diminta, kawan-kawan sudah terlebih dahulu telah melakukannya. Ini tentunya berkat adanta kerja sama yang baik antara PPK dan PPS dengan camat serta instansi terkait di wilayahnya masing-masing,” tambahnya.(relis)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Senin (25/1), Kasus Positif Nol, 17 Guru Sembuh Dari Covid-19

Baru saja kemarin payakumbuh mendapatkan kabar 2 guru telah bebas dari Covid-19, pada hari Senin (25/1), kabar baik datang dari 17 orang tenaga pendidik yang dikabarkan telah bebas dari isolasi, karena mereka sudah negatif Covid-19.
- Advertisement -

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

13 Anak Punk Diamankan Dan Dibina Satpol PP Payakumbuh

Menindaklanjuti laporan masyarakat yang resah dan merasa terganggu oleh tindakan gank punk di wilayah Kota Payakumbuh, Tim Penegak Perda Kota Payakumbuh atau yang lebih dikenal dengan Satpol PP ini mengamankan sebanyak 13 muda-mudi yang berstyle punk itu, Selasa (26/1) sekitar pukul 14.35 WIB.
- Advertisement -

13 Anak Punk Diamankan Dan Dibina Satpol PP Payakumbuh

Menindaklanjuti laporan masyarakat yang resah dan merasa terganggu oleh tindakan gank punk di wilayah Kota Payakumbuh, Tim Penegak Perda Kota Payakumbuh atau yang lebih dikenal dengan Satpol PP ini mengamankan sebanyak 13 muda-mudi yang berstyle punk itu, Selasa (26/1) sekitar pukul 14.35 WIB.

Lakukan Program Sambang Warga,Bhabinkamtibmas Pasa Gadang Kunjungi Sekolah

Dalam Rangka melaksanakan program Sambang Warga, Bhabinkamtibmas Kelurahan Pasa Gadang kunjungi Sekolah SD.N 27 dan 32 Pemancungan Kelurahan Pasa Gadang Kecamatan Kota Padang,Jum'at 22/01/2021.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Targetkan Rampung Enam Bulan, Wajah Kawasan Pasar di Padang Panjang Bakal “Tacilak”

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pemko Padang Panjang kembali mengganggarkan dana sekitar Rp.8 miliar untuk mempersolek wajah Kawasan Pasar Pusat, setelah tertunda lantaran refocusing anggaran...

Ketua Bhayangkari 50 Kota Terima Penghargaan Wastra

Ketua Bhayangkari Cabang Limapuluh Kota Ny. Maya Trisno Eko sukses merebut pemenang favorit tingkat nasional cerita wastra kompetisi foto daring kebaya dan kain tradisional Indonesia menggunakan kain Tenun Kubang. Maya yang mewakili Bhayangkari se-Indonesia, mendapatkan 22.816 likes dan 427 comments.

Edward DF Sato Sakaki Diacara Karang Taruna Jorong Padang Tangah Sialang

Edward DF Anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh sato sakaki terhadap kegiatan yang akan diselenggarakan Karang Taruna Jorong Padang Tangah Sialang Nagari Batu Payuang Kecamatan Lareh Sago Halaban.

DPD PKS Limapuluh Kota Kukuhkan Pengurus di 13 Kecamatan dan 79 Nagari

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Limapuluh Kota gelar Musyawarah Cabang (Muscab) serentak se-Limapuluh Kota di Aula Hotel Sago Bungsu, Tanjung Pati, Ahad (24/1).

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Mobil Damp Truk Terbakar Usai Terjun Kejurang Di Kelok Sembilan

Kamis Malam Sekira jam 01.00 wib satu unit mobil jenis damp truk terjun masuk jurang. Menurut saksi mata dilokasi, Truk jenis Hino BA 9148 OU meluncur dari arah Pekanbaru menuju Payakumbuh.

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...
- Advertisement -