26.1 C
Padang
Jumat, Oktober 22, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Lurah Jasmi Membangkit Lagi Kejayaan Kampung Pondok, Kota Padang
L

Kategori -
- Advertisement -

Sebagai pejabat Lurah Kampung Pondok yang baru, Jasmi, mendapat setumpuk ‘Pekerjaan Rumah’. Selain menyelesaikan Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) yang sakit, ia pun harus kembali membangun komunikasi dengan warga untuk mendukung program – program kota yang akan dilaksanakan.

Kendati belum seminggu ia ditempatkan di sana, tapi Jasmi bertekad menyelesaikan PR yang menumpuk itu secepatnya. “Kita tak ingin berlambat – lambat. Semua pekerjaan yang menumpuk harus secepatnya diselesaikan agar beban tidak semakin berat,” kata Jasmi saat ditemui usai serah terima jabatan dengan Lurah sebelumnya, Ricky JA di Aula Kantor Lurah Kampung Pondok, Kecamatan Padang Barat Jumat (6/2)

Dikatakan Jasmi, pada 2009 hingga awal 2010 ia pernah ditempatkan sebagai Lurah Kampung Pondok. Berbagai program pernah ia rintis untuk memajukan kampung tertua di Kota Padang ini. Bukan saja dari penataan fisik, tetapi juga untuk meningkatkan partisipasi masyarakat sehingga bisa diberdayakan pada semua lini.

Partisipasi dan kebersamaan masyarakat yang tinggi di Kampung Pondok, menurut Jasmi, telah mengantarkan kelurahan yang heterogen ini mendapat predikat terbaik nasional di masa Lurah pengganti dirinya Andree H. Algamar pasca gempa di tahun 2010.

“Beberapa tokoh masyarakat yang saya ditemui menyampaikan harapan agar membangkitkan kembali kejayaan dan kebanggaan warga Kampung Pondok sebagai kelurahan yang pernah dinyatakan terbaik di tingkat nasional,” kata Jasmi.

Menanggapi harapan masyarakat tersebut, Jasmi mengaku sudah punya rencana akan membangun tugu Anugerah Adhi Karya Abdi Praja di gerbang kantornya. Dimaksudkan, untuk mengingatkan setiap warga bahwa Kampung Pondok pernah mencapai yang terbaik. “Sekaligus mendorong seluruh aparatur kelurahan agar sungguh dan memberikan dedikasi terbaik dalam melaksanakan tugas,” ujar Jasmi.

Sementara itu Camat Padang Barat Arfian menaruh harapan kepada Lurah Jasmi untuk membuktikan ‘lakek tangan’ di Kampung Pondok setelah sebelumnya diakui sukses di Kelurahan Rimbo Kaluang dan Kelurahan Olo.

Menurut Arfian, Kampung Pondok merupakan kelurahan yang heterogen dengan warganya yang terdiri dari berbagai etnis, suku bangsa, agama dan ragam budaya. Selama ratusan tahun masyarakat disini hidup rukun dan senantiasa memberi dukungan untuk pembangunan Kota Padang.

“Kita berharap, kerukunan dan persatuan masyarakat Kampung Pondok dapat dimenej oleh Lurah menjadi sebuah kekuatan untuk mengantarkan kembali kelurahan ini menjadi yang terdepan,” tukas Arfian.

 

Humas Padang
Pewarta: DU
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img