30 C
Padang
Sabtu, Mei 21, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

LPPM Unand Memberikan Bantuan Peningkatan Kualitas Produksi-Higienitas Dapur Keripik Talas Di Situjuh, Kabupaten Limapuluh Kota
L

Kategori -
- Advertisement -

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang saat ini diorganisir oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Andalas (LPPM UNAND) terdiri dari tiga orang dosen Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran. Mereka adalah Tri Rahayuningsih, S.Psi., M.A sebagai ketua dan Annisa Fauzana, M. Farm., Apt. serta Rani Armalita, S. Psi., M.A sebagai anggota PKM pada tahun 2021 untuk membantu usaha berkembang yakni makanan ringan jenis keripik talas di daerah Sawah Laweh, Situjuh Tungka, Kabupaten Limapuluh Kota.

Rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat dari September hingga November 2021. Usaha mitra dari segi positioning sudah cukup baik, karena sudah memiliki pelanggan dan pembeli biasanya akan merekomendasikan keripik talas mitra pada keluarga atau orang terdekatnya. Situasi mitra masih minim sarana pendukung produksi dan pengemasan keripik talas nya.

Tim pengabdian dosen dari UNAND, mitra diberikan pengetahuan tentang peningkatan jumlah kapasitas produksi dan mutu keripik talas agar terjaga higienitas nya melalui pembangunan dapur produksi.

Bantuan yang diberikan LPPM UNAND yakni perluasan bagian dapur dengan memasangkan atap, menambah dinding, dan penyemenan lantai dapur untuk dapat meningkatkan kenyamanan kerja karyawan. Juga, melakukan pemasangan keramik tempat cuci talas, sehingga dapat menjamin kebersihan dan kualitas produk yang dihasilkan. Oleh karena petugas dari Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh akan berkunjung melakukan survei untuk memperoleh izin PIRT, maka dirasa perlu untuk meningkatkan sarana dapur produksi ini.

*Ditulis oleh Tri Rahayuningsih, S.Psi., M.A (Dosen Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas).

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img