31 C
Padang
Senin, Desember 6, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

LBH Padang Tuntut Gubernur dan Perusahaan Lakukan Reklamasi dan Pascatambang di Sungai Batang Hari Solok Selatan
L

Kategori -
- Advertisement -

Padang,BeritaSumbar.com,-Gugatan LBH Padang terhadap Gubernur Sumatera Barat dan PT, Geominik Sapek digelar hari ini. Kuasa hukum LBH Padang, dihadiri oleh Desvita Reni yang memulai sidang pada pukul 09.20 WIB. Sedangkan kuasa hukum Gubernur Sumatera Barat dihadiri oleh Yeni Novarita dan Mirawati, hingga saat ini PT, Geominik Sapek tidak pernah menghadiri sidang pengadilan. Ini membuktikan political will yang lemah dari perusahaan untuk menghargai proses peradilan yang sedang berlangsung.

Sidang yang dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim Andrianto S.H., M.H. dengan dua orang anggotanya hakim Dr. Jonlar Purba S.H., M.H. dan hakim Agnes Sinaga S.H., M.H dalam gugatannya, LBH Padang mengutarakan dalam mengelola pertambangan, Gubernur Sumatera Barat berkewajiban untuk melakukan pengelolaan lingkungan hidup, reklamasi dan pascatambang sebagaimana diatur dalam Pasal 140 ayat (3) dan Pasal 141 ayat (1) huruf h Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara yang berbunyi :”Menteri, gubernur dan bupati/walikota sesuai dengan kewenangannya melakukan pengawasan atas pelaksanaan kegiatan usaha pertambangan yang dilakukan oleh pemegang IUP, IPR atau IUPK” dan “Pengawasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 140 antara lain berupa : pengelolaan lingkungan hidup, reklamasi dan pascatambang”.

Dalam gugatannya, LBH Padang mengemukakan sejak 28 April 2010, PT. Geominik Sapek telah melakukan operasi produksi di wilayah IUP-nya sehingga mengakibatkan terkikisnya daerah sempadan sungai, munculnya lubang-lubang di badan dan bibir sungai serta pelebaran sungai yang membahayakan kehidupan masyarakat di sekitar sungai. Namun, hingga IUP Operasi Produksinya dicabut berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sumatera Barat Nomor 544-859-2017 tertanggal 27 Oktober 2017, PT Geominik Sapek tidak pernah melaksanakan kewajibannya untuk melakukan reklamasi dan pasca tambang sebagaimana diatur dalam Pasal 96 huruf c Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara berbunyi :” dalam penerapan kaidah teknik pertambangan yang baik, pemegang IUP dan IUPK wajib melaksanakan pengelolaan dan pemantauan lingkungan pertambangan, termasuk kegiatan reklamasi dan pasca tambang” serta Pasal 2 ayat (2) dan ayat (4) Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2010 tentang Reklamasi dan Pasca Tambang yang berbunyi :”pemegang IUP Operasi Produksi dan IUPK Operasi Produksi wajib melaksanakan reklamasi dan pasca tambang” dan “Reklamasi dan pascatambang sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dilakukan terhadap lahan terganggu pada kegiatan pertambangan dengan sistem dan metode: a. penambangan terbuka; b. penambangan bawah tanah”.

Direktur LBH Padang, Wendra Rona Putra menuturkan gugatan ini merupakan ikhtiar dan perjuangan LBH bersama masyarakat untuk memastikan perusahaan pertambangan dan pemerintahan bekerja sungguh-sungguh dalam mengawasi dan mengimplementasikan kewajiban-kewajiban hukum yang telah nyata tertera dari berbagai aturan perundang-undangan. Selama ini yang terjadi, aktivitas pertambangan yang dilakukan oleh perusahaan tanpa pengawasan yang ketat sehingga seringkali berdampak pada pelanggaran HAM terhadap masyarakat disekitar pertambangan. Kami hanya meminta Gubernur Sumatera Barat dan PT. Geominik Sapek menjalankan kewajiban hukumnya ujarnya.

Didalam gugatannya, LBH Padang menuntut Gubernur Sumatera Barat dan PT. Geominik Sapek untuk melaksanakan reklamasi dan pascatambang di bekas wilayah konsesinya yang berada di Nagari Lubuk Ulang Aling Kabupaten Solok Selatan. Upaya ini ditujukan sebagai langkah penghormatan, pemenuhan dan perlindungan HAM masyarakat yang terganggu dikarenakan ketiadaan reklamasi dan pascatambang untuk memulihkan lingkungan dari aktivitas pertambangan yang merusak kehidupan generasi kedepan.

SIARAN PERS
Nomor : 13/S.Pers/LBH-PDG/VIII/2019

Hormat Kami
LBH Padang

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img