27 C
Padang
Kamis, Januari 20, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Kuliah Umum Ketua Ombudsman RI, Perguruan Tinggi Berperan Penting Dalam Pengawasan Pelayanan Publik
K

Kategori -
- Advertisement -

Bukittinggi,BeritaSumbar.com,- Ketua Ombudsman RI, Mokhammad Najih memberikan kuliah umum di Universitas Muhammadyah Sumatera Barat, Rabu (8/12/2021). Dalam pemaparannya, Najih menyampaikan bahwa perguruan tinggi memegang peran penting dalam pengawasan pelayanan publik.

“Peran serta seluruh elemen masyarakat sangat diperlukan dalam pengawasan pelayanan publik. Perguruan tinggi merupakan salah satu elemen yang memegang peran penting dalam pengawasan pelayanan publik,” ujar Najih saat menyampaikan kuliah umum bertema Sinergi Ombudsman RI dengan Perguruan Tinggi dalam Pengawasan Pelayanan Publik.

Najih menerangkan, peran serta masyarakat dalam pengawasan pelayanan publik dapat dilakukan dengan cara memberikan masukan terhadap jalannya pelayanan publik, bergabung dalam organisasi pengawasan pelayanan publik, ikut serta dalam mengawasi perbaikan pelayanan publik, turut serta mengedukasi masyarakat mengenai pengawasan pelayanan publik, dan lain sebagainya.

Lebih lanjut terkait program merdeka belajar kampus merdeka, Ombudsman RI menyambut baik dengan merancang kurikulum mahasiswa magang dengan menyesuaian keterampilan hardskill maupun softskill yang dapat dipelajari di Ombudsman. Di antaranya keterampilan analisis sosial dalam pelayanan publik, penyelesaian laporan masyarakat, mediasi,  menyusun dokumen laporan, komunikasi layanan, kepemimpinan, dan lain lain.

Sementara itu Rektor Universitas Muhammadyah Sumatera Barat Dr. Riki Saputra MA menyampaikan terima kasih atas kehadiran Ketua Ombudsman dalam kuliah umum tersebut. Dalam rangka sinergitas  antara Ombudsman RI dengan perguruan tinggi.

Kami berharap Universitas Muhammadyah Sumatera Barat dapat menjadi salah satu pilot project perpanjangan tangan dalam pengawasan pelayanan publik. Salah satunya dengan menyusun rancangan nota kesepahaman sebagai langkah awal.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img