26 C
Padang
Minggu, Januari 17, 2021
Beritasumbar.com

KPUD Kota Payakumbuh Gelar Rakor Penataan Dapil dan Alokasi Kursi Pemilu 2019
K

Payakumbuh–Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Payakumbuh gelar rapat koordinasi dengan pimpinan OPD terkait penataan dapil dan simulasi penghitungan alokasi kursi pemilu tahun 2019 bertempat di aula serbaguna Kankemenag Kota Payakumbuh, Kelurahan Sawah Padang Kec. Payakumbuh Selatan, Senin (20/11/2017). Rakor yang dilaksanakan 1 hari ini diikuti 24 peserta dari unsur Polres, Kesbangpol, Disdukapil, BPS, Dinas Pekerjaan Umum, Kabag Pemerintahan Pemko Payakumbuh, Camat dan undangan lainnya.

Membuka rakor ini, Divisi Umum, Keuangan dan Logistik, Haidi Mursal menyampaikan salam maaf dari Ketua KPU, Muhammad Khadafi yang berhalangan hadir dalam rakor kali ini.

” Rakor ini merupakan rangkaian pelaksanaan amanat UU No.7 tahun 2017 tentang Pemilu serta Peraturan KPU No.7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaran Pemilu, sekaligus Peraturan KPU No. 7 Tahun 2017. Secara teknis terkait penataan dapil dan simulasi penghitungan alokasi kursi pemilu tahun 2019, selanjutkan akan disampaikan Divisi Teknis, Hetta Mambayu. Kami mengharapkan usul dan saran serta masukan dari peserta, demi kelancaran pelaksanaan tahapan pemilu tahun 2019, mendatang,” ucap Haidi Mursal.

Divisi Teknis, Hetta Mambayu dalam paparan materinya dengan media tayang infocus menjelaskan, “bahwa penataan daerah pemilihan didasarkan prinsip kesetaraan suara, ketaatan pada sistem pemilu, proporsionalitas, coterminus, kohesivitas, integritas wilayah dan kesinambungan dengan pemilu sebelumnya. Penataan dapil akan dilaksanakan tanggal 17 Desember 2017 berdasarkan penyerahan Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) semester II dari kecamatan dan Disdulcapil dan penetapan dapil akan dilaksanakan tanaggal 6 April 2018, mendatang,” terang Hetta.

“Untuk Kota Payakumbuh dengan 48 kelurahan saat ini, mempunyai simulasi penghitungan alokasi 25 kursi DPRD, dengan berpedoman pada pemilu tahun 2009, Kota Payakumbuh terdiri dari 3 daerah pemilihan. Dapil I (Payakumbuh Barat) dengan alokasi 10 kursi, dapil II (Payakumbuh Utara dan Latina) dengan alokasi 8 kursi dan dapil III (Payakumbuh Timur dan Payakumbuh Selatan) dengan alokasi 7 kursi,” papar Hetta Mambayu.

Rakor yang berlangsung satu hari penuh ini, moderator memberikan kesempatan kepada semua peserta rakor untuk menyampaikan tanggapan, masukan, usulan. Kesempatan tersebut dipergunakan dengan baik oleh peserta, dan dicatat langsung oleh notulen.

Sebagaimana yang kita kutip dari 2 penagggap. Tanggapan pertama disampaikan Kapolres Kota Payakumbuh diwakili Kanit Intel Polres, Feri.

“Belajar dari pelaksanaan tahap pemilu yang lalu, KPUD Kota Payakumbuh sudah menjalankan tahapan pemilu sesuai regulasi berlaku. Alhamdulillah, berkat kerjasama semua unsur terkait, kantibmas di 3 dapil relatif terjaga dan bebas dari ancaman,” ucap Feri.

Terkait kondisi jumlah penduduk Kota Payakumbuh sebagaimana disambung perwakilan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Asrul.

“Membaca data penduduk Kota Payakumbuh per 31 Oktober 2017, saat ini penduduk berjumlah 129.751 jiwa dengan wajib KTP sejumlah 89.585 jiwa. Dan data ini akan mengalami pergerakan hingga 17 April tahun 2019, mendatang. Termasuk penambahan jiwa yang wajib KTP,” terang Asrul.

Pimpinan rakor, Haidi Mursal saat menutup rakor menyampaikan bahwa semua usul dan saran ini selanjutnya akan kita jadikan pedoman.

” Kami siap menampung semua usul dan saran, sekalipun itu diluar rakor ini, silahkan sampaikan. Setelah pelaksanaan rakor KPU dengan Pimpinan OPD terkait, selanjutnya kita juga akan menggelar rapat dengan stakeholder terkait lainnya, termasuk dari perangkat 10 nagari yang ada di Kota Payakumbuh,” ucap Haidi Mursal tutup rakor.ul

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Edward DF Anggota F-PPP Bantu Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS

Edward DF anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh memberikan bantuan pada panitia Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS Balai Panjang Kecamatan Lareh Sago Halaban
- Advertisement -

Polres Pessel Gelar Giat AYO PAKAI Masker

Anggota Satlantas Polres Pesisir Selatan memasang stiker bertuliskan " Ayo Pakai Masker", di kendaraan roda dua dan roda empat, yang melintas di kota Painan, Jum'at (15/1). Selain stiker, juga dibagikan masker pada warga, juga pengendara di wilayah Hukum Polres Pessel, Jum'at (15/1).

Warga Tanjuang Gadang dihebohkan Penemuan Mayat Laki Laki

Masyarakat Jorong Guaguak None Kenagarian Tanjung Gadang kabupaten Sijunjung dihebohkan dengan penemuan mayat laki-laki Minggu (10/1) Sekitar pukul 09.30 WIB.
- Advertisement -

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Sampah Berserakan Di Lembah Harau, Ini Komentar Penggiat Wisata

Kawasan Sarasah Bunta Harau, sudah tidak bisa digarap apapun untuk tujuan wisata natural, artinya kealamiannya mulai tercemar. Hal ini tampak dari banyaknya sampah plastik yang menumpuk di salahsatu objek Wisata di Kabupaten Limapuluh Kota itu.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Erwin Yunaz Pimpin Goro Di Gedung Asrama Ponpes CI Yang Terbakar

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz memimpin gotong royong pembersihan dan pembenahan puing-puing bekas kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara Minggu (17/1) pagi.

Berpasangan Dengan YB Dt Parmato Alam, Wawako Kalahkan Dirut Perumda Tirta Sago Di Nusa Bersinar Cup

Wakil Wali Kota Payakumbuh memenangkan pertandingan eksekutif saat pembukaan turnamen Nusa Bersinar Cup 2020 di lapangan PB. Nusa Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Sabtu (16/01) malam.

Wawako Buka Open Turnamen Nusa Bersinar CUP

Masih dalam rangka peringangatan HUT Kota Payakumbuh yang ke 50, secara resmi Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz membuka open turnamen Nusa Bersinar CUP

Bantuan Randang Siap Saji Dari Pemko Kepada Yayasan Cahaya Islam Yang Alami Musibah Kebakaran

Pemerintah Kota Payakumbuh memberikan bantuan berupa randang kepada Pondok Pesantren Cahaya Islam yang dilanda musibah. Asrama putri ponpes yang berada di Kawasan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate itu ludes dilahap si jago merah, Sabtu (16/1) dini hari.

Kerugian Capai Angka 600 Juta lebih, Pemko Siap Bantu Ponpes Cahaya Islami

Musibah kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak Kelurahan Tigo Koto Diate yang terjadi pada Sabtu (16/1) dini hari sekitar pukul 01.10 WIB menyebabkan 124 santriwati dan 20 orang ustadzah harus dirumahkan.

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Asrama Putri Pesantren Cahaya Islam Payakumbuh Terbakar

Kebakaran hebat terjadi di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Sabtu (16/1) dini hari. Gedung Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam terbakar sekitar pukul 01.10 WIB.

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).

Melalui Disperkim, Pemko Payakumbuh Lanjutkan Program peningkatan Kualitas RTLH

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Payakumbuh kembali lanjutkan program kegiatan bantuan swadaya peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Payakumbuh untuk tahun 2021.

Riza Falepi : JK Pensiun, Saya dan Wartawan Merasa Kehilangan

Rapat Koordinasi Pemko Payakumbuh di awal tahun 2021 terasa berbeda. Karena juga ada momen perpisahan dengan pejabat yang memasuki purna tugas atau pensiun di Kafe Agam Jua, Kawasan Batang Agam, Rabu (13/1).
- Advertisement -