Payakumbuh — Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Payakumbuh mengunjungi SMK Kosgoro Lokasi 2 untuk melaksanakan KPA Goes To School. Setelah sebelumnya menggelar kegiatan serupa di SMK Kosgoro Lokasi 1 pada Agustus lalu.

Kali ini KPA bersama Dinas Kesehatan dan Puskesmas Tarok memberikan pemahaman seputar HIV/AIDS dan layanan kesehatan di Kota Payakumbuh bagi kurang lebih 200 siswa di sekolah tersebut, Sabtu (14/9).

Dikatakan Fahman Rizal selaku Sekretaris KPA, masih ada beberapa sekolah lagi yang akan dikunjungi oleh KPA untuk diberikan bekal kepada siswa-siswinya tentang bahaya HIV/AIDS, dimana program ini bertujuan untuk memutus mata rantai sehingga tindakan preventif dapat dilakukan.

“Amanah dari Walikota Riza Falepi selaku pimpinan kepala daerah agar KPA melaksanakan program ini bersama dengan stakeholder terkait, sehingga adanya satu pemahaman persepsi di masyarakat khususnya siswa sekolah tentang bahaya HIV/AIDS yang mengancam,” kata Fahman.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbub Bakhrizal diwakili kasi P3 Fatma Nelly mengatakan dengan turun bersama dengan jajaran puskesmas sesuai dengan di wilayah kerjanya, diharapkan nanti layanan kesehatan di Kota Payakumbuh dapat terus dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Selain bahaya HIV/AIDS kita juga memberikan materi tentang cara hidup sehat dan bahaya Infeksi Menular Seksual (IMS), tujuannya agar sedari dini, pemahaman untuk menjaga kesehatan dapat dimiliki oleh siswa sekolah,” kata Fatma Nelly.

Kepala SMK Kosgoro Silva Noviza mengapresiasi Pemko Payakumbuh dengan adanya program KPA Goes To School ini, dirinya berharap semoga program ini dapat menjadi agenda tahunan agar siswa tahun ajaran baru dapat dibekali dengan materi bahaya HIV/AIDS. (Humas)

loading...