30 C
Padang
Minggu, September 25, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Kota Depok Belajar Kota Sehat Ke Payakumbuh
K

Kategori -
- Advertisement -

Kota Depok, Jawa Barat, tidak segan-segan belajar tentang proram Kota Sehat ke Payakumbuh. Rombongan tamu berjumlah 20 orang, dipimpin Ketua Bappeda Depok drg. Hardiono, Sp. BM, sampai di Payakumbuh, Rabu (4/12), siang. Mereka, diterima Kadis Kesehatan Payakumbuh dr. Hj. Merry Yuliesday serta seluruh kepala bidang dan dokter pimpinan puskesmas di Kantor Dinkes di Jalan Pahlawan Payakumbuh.

Di Kantor Dinkes, tamu dari berbagai unsur, seperti jajaran Dinkes Depok, pejabat terkait lainnya serta Forum Kota Sehat Depok itu, mendengar ekspose program Kota Sehat Payakumbuh yang disampaikan Kadiskes Merry Yuliesday. Usai mendengar ekspose secara audio visual itu, rombongan di bawa ke sekretariat Forum Kota Sehat Payakumbuh dan Forum Kota Sehat Kecamatan di Payakumbuh Selatan.

Menurut Ketua Bappeda Kota Depok, Hardiono, pilihan studi banding ke Payakumbuh, direkomendasi Menteri Kesehatan RI, dr. Nafsiah Mboi. “Kita direkomendasi langsung oleh ibuk Menteri Kesehatan belajar program Kota Sehat ke Payakumbuh,” ucap Hardiono saat memberi sambutan. “Kalau ingin belajar program Kota Sehat, datanglah ke Kota Payakumbuh,” sebut Menkes dikutip Hardiono.

“Ternyata memang, tak berlebihan kalau Menkes merekomendasi Kota Payakumbuh sebagai daerah kunjungan studi banding.” Karena, menurut Hardiono, Payakumbuh sebagai penerima Penghargaan Kota Sehat Tingkat Pengembangan tiga kali, memang punya program yang jelas dalam bidang ini. “Kami senang dan banyak dapat ilmu dari ekspose dan hasil turun ke lapangan,” katanya menjawab pertanyaan wartawan koran ini.

Dikatakan, petunjuk Kementerian Kesehatan dalam menjalankan program Kota Sehat, sudah ada. Tapi, yang berbeda di kota ini, adalah keterlibatan peran serta masyarakat dan stakeholder yang cukup tinggi dalam mengaplikasikan Kota Sehat. Menurut Hardiono, disini program Kota Sehat sudah diperkenalkan ke sekolah, mulai dari PAUD sampai ke perguruan tinggi. Program integrasi PAUD dengan Posyandu, sebuah program yang sangat bagus. Begitu juga, adanya Posyandu Lansia yang sudah ada pada seluruh kelurahan.

Keberadaan Forum Kota Sehat, Pokja Pasar Sehat serta Forum Kota Sehat Kecamatan dan kelurahan, sebuah program yang pantas kami teladani. Apalagi di Payakumbuh, selain keberadaan puskesmasnya yang sudah representative, juga sudah banyak kelurahan yang dilengkapi dengan pos kesehatan. “Untuk sebuah kota sedang, dengan jumlah penduduk di bawah Kota Depok, Payakumbuh sudah lebih dari cukup fasilitas kesehatannya,” sebut hardiono.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img