25 C
Padang
Sabtu, April 17, 2021
Beritasumbar.com

Korupsi, Wako Riza Falepi Siap Dihukum
K

Kategori -

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi Datuak Rajo Ka-Ampek Suku menyatakan siap dihukum bila melakukan tindak pidana korupsi. Pernyataan itu disampaikan Riza saat menjadi bintang tamu dalam acara variety show Hitam Putih yang ditayangkan secara langsung dari studio Trans7, Selasa (17/2) malam.

Dalam acara yang dipandu mentalis sekaligus pesulap keturunan Tiongkok, Deodatus Andreas Deddy Cahyadi Sunjoyo atau lebih dikenal sebagai Deddy Corbuzier tersebut, Riza Falepi mengenakan batik cokelat, terlihat sedikit nervous.

Mungkin karena dipicu faktor kelelahan, karena sehari sebelum wawancara, mantan anggota DPD-RI itu masih di Payakumbuh menghadiri sejumlah agenda daerah.

Selain terlihat sedikit nervous, Riza yang diwawancarai Deddy Corbuzier bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan mantan anggota DPR-RI dari Partai Demokrat Nurul Qomar, nampak tak seperti biasanya.

Ide-ide mengejutkan yang sering mencuat saat berdiskusi dengan Riza, tidak muncul pada malam itu. Mungkin ini juga dipicu durasi wawancara yang terlalu singkat. Walau terlihat sedikit nervous, bukan berarti Riza Falepi gagal menguasai panggung Hitam Putih pada malam itu.

Di pengujung wawancaranya dengan Deddy Corbuzier, Riza sempat mencuri perhatian dan tepuk-tangan penonton studio Trans7 dengan pernyataan yang cukup menyindir.

Waktu itu, Deddy meminta pendapat Riza Falepi dan Ganjar Pranowo, soal banyaknya pejabat-pejabat di negeri ini yang melakukan tindak pidana korupsi, sehingga membuat kepercayaan rakyat terhadap pemerintah menurun.

“Saya pernah wawancara dengan Pak Abraham Samad. Dia bilang, kalau korupsi siap ditembak. Bagaimana dengan bapak berdua,” tanya Deddy. Ganjar yang mendapat kesempatan menjawab duluan menyebut, negeri ini sudah memiliki undang-undang soal korupsi. ”Kita mengacu ke undang-undang itu saja,” kata Ganjar.

Saya sependapat dengan Pak Ganjar. Tapi saya tentu tak ingin dihukum karena korupsi. Saya juga melihat, sistem penegakan hukum kita harus dibenahi secara sistemik. Karena buat apa menyatakan siap dihukum, tapi kenyataannya enggak,” kata Riza disambut gelak tawa.

Sebelum mendapat pertanyaan soal korupsi, Riza Falepi dan Ganjar Pranowo juga ditanyai Deddy Corbuzier soal cara mereka dalam menjaga kepercayaan publik dan membangun komunikasi dengan konsituen.

Terkait hal ini, Ganjar mengaku, membangun kepercayaan publik dengan melibatkan mereka mengawal proses pembangunan. Caranya, dengan memberdayakan media atau jejaring sosial, seperti Twitter.

”SKPD saya suruh bikin akun Twitter. Saya juga kelola Twitter saya sendiri. Dengan ini, kita bisa komunikasi dengan warga. Terakhir, kami bikin gerakan Jawa Tengah Tanpa Lobang. Lewat gerakan ini, saya ajak warga memantau jalan-jalan berlobang, dengan meng-upload di Twitter. Nanti, saya teruskan ke Dinas PU untuk diperbaiki. Kalau sudah diperbaiki, Dinas PU foto balik lagi,” kata Ganjar yang pernah berkunjung ke BPTU Limapuluh Kota.

Berbeda dengan Ganjar, Riza Falepi justru mengaku tidak terlalu memberdayakan media sosial.

”Pernah saya coba, tapi tidak terlalu efektif. Sebab orang Padang, jago bersilat lidah. Makanya, saya lebih memilih bertemu langsung. Kepada satpam (Satpol PP) yang jaga rumah dinas saya bilang, siapa saja yang datang, asalkan tak mabuk, suruh masuk,” kata Riza.

Putra Nagari Koto Nan Gadang itu juga sempat menceritakan proses ia menjadi wali kota di Payakumbuh.

“Saya menjadi wali kota setelah diminta orang kampung. Karena belum pernah sejarahnya orang kampung saya menjadi wali kota. Untuk itu, saya yang sebelumnya menjadi anggota DPD-RI maju jadi wali kota,” ujarnya.

Tidak sekadar berbagai pengalaman menjadi wali kota, dalam acara Hitam Putih Riza Falepi juga ditanyai Deddy Corbuzier soal potensi pertanian Payakumbuh, termasuk soal produksi padi yang diklaim sudah 8 ton/hektare.

Sebelumnya, Riza dan Ganjar Pranowo sempat diwawancarai tentang keseharian mereka, oleh seorang anak yang menjadi Bintang Ceria Hitam Putih.

 

Sumber
 Wartawan : Fajar Rilah Vesky - Padang Ekspres
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Startup Milenial Bekerja Membangun Negeri: Pelatihan Gratis Digital Marketing dengan Instagram untuk KUMKM se-Indonesia

Startup digital agency Dig.It.All untuk keseskian kalinya kembali berkontribusi dalam pengembangan kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menegah (KUMKM) yang sedang berupaya melakukan transformasi, dari bisnis tradisional brick and mortar menjadi bisnis yang mampu memanfaatkan peluang dari geliat pertumbuhan pasar online.
- Advertisement -

Startup Milenial Bekerja Membangun Negeri: Pelatihan Gratis Digital Marketing dengan Instagram untuk KUMKM se-Indonesia

Startup digital agency Dig.It.All untuk keseskian kalinya kembali berkontribusi dalam pengembangan kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menegah (KUMKM) yang sedang berupaya melakukan transformasi, dari bisnis tradisional brick and mortar menjadi bisnis yang mampu memanfaatkan peluang dari geliat pertumbuhan pasar online.

Wako Erman Safar Ditunjuk Sebagai Ketua Alumni SMALBI 2020 – 2023

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar ditunjuk sebagai Ketua Alumni SMA Negeri 5 Kota Bukittinggi, atau yang lebih akrab disebut alumni SMALBI...
- Advertisement -

Etika Politik Koalisi PKS dan PAN Dalam Menentukan Wakil Walikota Padang

Kota Padang sudah resmi memiliki walikota. Sejak dilantiknya Hendri Septa pada tanggal 7 April 2021. Dimana sebelumnya Hendri Septa menjabat sebagai wakil walikota dan selanjutnya pelaksana tugas Walikota Padang. Posisi tersebut ditempatinya untuk mengisi kekosongan setelah Buya Mahyeldi Ansharullah dilantik sebagai Gubernur Sumbar.

Bupati Padang Pariaman Kukuhkan H. Mahyudin Putra Minang, SE Cs Jadi Koordinator Pengurus Ranah dan Rantau Secara Nasional

JAKARTA - Ranah dan Rantau harus bersinergi untuk kemajuan kampung halaman. Acara Silaturahmi Ranah dan Rantau dengan Pemkab Padang Pariaman dilaksanakan di Hotel Balairung, Matraman, Jakarta pada Sabtu malam (10-04-2021)
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Startup Milenial Bekerja Membangun Negeri: Pelatihan Gratis Digital Marketing dengan Instagram untuk KUMKM se-Indonesia

Startup digital agency Dig.It.All untuk keseskian kalinya kembali berkontribusi dalam pengembangan kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menegah (KUMKM) yang sedang berupaya melakukan transformasi, dari bisnis tradisional brick and mortar menjadi bisnis yang mampu memanfaatkan peluang dari geliat pertumbuhan pasar online.

BNPT Gandeng Pemuka Agama untuk Cegah Pengaruh Radikal Terorisme pada Generasi Milenial

Generasi milenial sangat rentan terpengaruh pada paham radikal terorisme yang menjadi misi bagi organisasi terlarang dunia, seperti ISIS dan Wahabi. Guna mencegah hal tersebut, Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa menggelar Dialog Kebangsaan dengan tema ‘Kebhinekaan Penyelamat Bangsa’, pada Jumat malam (9/4/2021) di Taman Miniatur 99 Masjid Dunia, Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Munas IV Akbarindo Canangkan Profesionalisme Masyarakat Jasa Konstruksi untuk Pembangunan Indonesia

Sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme masyarakat jasa konstruksi dalam mewujudkan pembangunan Indonesia, Asosiasi Kontraktor Bangunan Konstruksi Indonesia (Akbarindo) mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) IV pada Kamis, 8 April 2020 di Hotel Ambhara, Kebayoran Baru, Jakarta.

BNPT: Perkuat Sinergi Antar Lembaga Untuk Cegah Terorisme

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar Rapat Koordinasi dalam Rangka Penandatanganan Dokumen Kesepakatan Rencana Aksi Kementerian/Lembaga Dalam Program Penanggulangan Terorisme di Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 pada Kamis, 8 April 2021 di Hotel Pullman, Jakarta.

Ridwan Kamil Tepati Janji, Hadiah Motor Buat THL Pemko Payakumbuh Akhirnya Datang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menepati janjinya kepada salahsatu Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, Adi Ironi.

Alodokter– Alomedika Berkalaborasi Dengan Dinkes, Puslatkesda, Dan IDI Dukung Percepatan Program Vaksinasi Dengan Pelatihan Vaksinator Terbesar Di Indonesia

Jakarta, - ALODOKTER, platform kesehatan digital no.1 di Indonesia, berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), Pusat Pelatihan Kesehatan Daerah (Puslatkesda), dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk mengadakan pelatihan vaksinator massal. Pelatihan ini menargetkan lebih dari 10.000 tenaga kesehatan untuk berpartisipasi dan mendapatkan sertifikasi vaksinator COVID 19.

TERKAIT INSIDEN MABES POLRI, Ketum PB Perbakin ; Pelaku Bukan Anggota dan KTA Tersebut Palsu !

JAKARTA | Ditemukan sejenis KTA Perbakin dari terduga pelaku penyerangan MABES POLRI pada Rabu 31/03 siang kemarin yang menjadi pemberitaan pada media massa mendapat klarifikasi dari Ketua Umum PB Perbakin Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto.

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Kunjungi Payakumbuh, Ridwan Kamil Buka Peluang Pemasaran Produk UMKM-Pertanian Luak Limopuluh Di Jabar

Payakumbuh, beritasumbar.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuka peluang untuk pemasaran hasil produk Usaha Mikro, Kecil dan menengah (UMKM) serta pertanian dari Kota...

Bea Serendy Garap Videoklip Lagu Romantis Karya AM. Kuncoro, Sampai Matahari Berhenti Bersinar

Bea Serendy akan meramaikan dunia musik Indonesia dengan single solo perdananya yang berjudul ‘Sampai Matahari Berhenti Bersinar’, setelah sukses merilis lagu duet bersama Alex Yunggun, kakak kandungnya. Penyanyi cantik tersebut menjalani syuting videoklipnya pada Jumat 26 Maret 2021 di Yogyakarta.
- Advertisement -