27 C
Padang
Selasa, Januari 26, 2021
Beritasumbar.com

Korupsi, Wako Riza Falepi Siap Dihukum
K

Kategori -

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi Datuak Rajo Ka-Ampek Suku menyatakan siap dihukum bila melakukan tindak pidana korupsi. Pernyataan itu disampaikan Riza saat menjadi bintang tamu dalam acara variety show Hitam Putih yang ditayangkan secara langsung dari studio Trans7, Selasa (17/2) malam.

Dalam acara yang dipandu mentalis sekaligus pesulap keturunan Tiongkok, Deodatus Andreas Deddy Cahyadi Sunjoyo atau lebih dikenal sebagai Deddy Corbuzier tersebut, Riza Falepi mengenakan batik cokelat, terlihat sedikit nervous.

Mungkin karena dipicu faktor kelelahan, karena sehari sebelum wawancara, mantan anggota DPD-RI itu masih di Payakumbuh menghadiri sejumlah agenda daerah.

Selain terlihat sedikit nervous, Riza yang diwawancarai Deddy Corbuzier bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan mantan anggota DPR-RI dari Partai Demokrat Nurul Qomar, nampak tak seperti biasanya.

Ide-ide mengejutkan yang sering mencuat saat berdiskusi dengan Riza, tidak muncul pada malam itu. Mungkin ini juga dipicu durasi wawancara yang terlalu singkat. Walau terlihat sedikit nervous, bukan berarti Riza Falepi gagal menguasai panggung Hitam Putih pada malam itu.

Di pengujung wawancaranya dengan Deddy Corbuzier, Riza sempat mencuri perhatian dan tepuk-tangan penonton studio Trans7 dengan pernyataan yang cukup menyindir.

Waktu itu, Deddy meminta pendapat Riza Falepi dan Ganjar Pranowo, soal banyaknya pejabat-pejabat di negeri ini yang melakukan tindak pidana korupsi, sehingga membuat kepercayaan rakyat terhadap pemerintah menurun.

“Saya pernah wawancara dengan Pak Abraham Samad. Dia bilang, kalau korupsi siap ditembak. Bagaimana dengan bapak berdua,” tanya Deddy. Ganjar yang mendapat kesempatan menjawab duluan menyebut, negeri ini sudah memiliki undang-undang soal korupsi. ”Kita mengacu ke undang-undang itu saja,” kata Ganjar.

Saya sependapat dengan Pak Ganjar. Tapi saya tentu tak ingin dihukum karena korupsi. Saya juga melihat, sistem penegakan hukum kita harus dibenahi secara sistemik. Karena buat apa menyatakan siap dihukum, tapi kenyataannya enggak,” kata Riza disambut gelak tawa.

Sebelum mendapat pertanyaan soal korupsi, Riza Falepi dan Ganjar Pranowo juga ditanyai Deddy Corbuzier soal cara mereka dalam menjaga kepercayaan publik dan membangun komunikasi dengan konsituen.

Terkait hal ini, Ganjar mengaku, membangun kepercayaan publik dengan melibatkan mereka mengawal proses pembangunan. Caranya, dengan memberdayakan media atau jejaring sosial, seperti Twitter.

”SKPD saya suruh bikin akun Twitter. Saya juga kelola Twitter saya sendiri. Dengan ini, kita bisa komunikasi dengan warga. Terakhir, kami bikin gerakan Jawa Tengah Tanpa Lobang. Lewat gerakan ini, saya ajak warga memantau jalan-jalan berlobang, dengan meng-upload di Twitter. Nanti, saya teruskan ke Dinas PU untuk diperbaiki. Kalau sudah diperbaiki, Dinas PU foto balik lagi,” kata Ganjar yang pernah berkunjung ke BPTU Limapuluh Kota.

Berbeda dengan Ganjar, Riza Falepi justru mengaku tidak terlalu memberdayakan media sosial.

”Pernah saya coba, tapi tidak terlalu efektif. Sebab orang Padang, jago bersilat lidah. Makanya, saya lebih memilih bertemu langsung. Kepada satpam (Satpol PP) yang jaga rumah dinas saya bilang, siapa saja yang datang, asalkan tak mabuk, suruh masuk,” kata Riza.

Putra Nagari Koto Nan Gadang itu juga sempat menceritakan proses ia menjadi wali kota di Payakumbuh.

“Saya menjadi wali kota setelah diminta orang kampung. Karena belum pernah sejarahnya orang kampung saya menjadi wali kota. Untuk itu, saya yang sebelumnya menjadi anggota DPD-RI maju jadi wali kota,” ujarnya.

Tidak sekadar berbagai pengalaman menjadi wali kota, dalam acara Hitam Putih Riza Falepi juga ditanyai Deddy Corbuzier soal potensi pertanian Payakumbuh, termasuk soal produksi padi yang diklaim sudah 8 ton/hektare.

Sebelumnya, Riza dan Ganjar Pranowo sempat diwawancarai tentang keseharian mereka, oleh seorang anak yang menjadi Bintang Ceria Hitam Putih.

 

Sumber
 Wartawan : Fajar Rilah Vesky - Padang Ekspres
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Ketua Bhayangkari 50 Kota Terima Penghargaan Wastra

Ketua Bhayangkari Cabang Limapuluh Kota Ny. Maya Trisno Eko sukses merebut pemenang favorit tingkat nasional cerita wastra kompetisi foto daring kebaya dan kain tradisional Indonesia menggunakan kain Tenun Kubang. Maya yang mewakili Bhayangkari se-Indonesia, mendapatkan 22.816 likes dan 427 comments.
- Advertisement -

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Mobil Damp Truk Terbakar Usai Terjun Kejurang Di Kelok Sembilan

Kamis Malam Sekira jam 01.00 wib satu unit mobil jenis damp truk terjun masuk jurang. Menurut saksi mata dilokasi, Truk jenis Hino BA 9148 OU meluncur dari arah Pekanbaru menuju Payakumbuh.
- Advertisement -

Senin (25/1), Kasus Positif Nol, 17 Guru Sembuh Dari Covid-19

Baru saja kemarin payakumbuh mendapatkan kabar 2 guru telah bebas dari Covid-19, pada hari Senin (25/1), kabar baik datang dari 17 orang tenaga pendidik yang dikabarkan telah bebas dari isolasi, karena mereka sudah negatif Covid-19.

Tim Klewang Ringkus Raja Jambret Kota Padang

HS, 23 tahun, harus merasakan timah panas dari polisi bersarang di kakinya. Ia ditangkap karena diduga terlibat dalam kasus pencurian gawai di delapan Tempat Kejadian Perkara (TKP) Kota Padang. Modusnya, pelaku menjambret korban yang lengah di jalan raya dan membobol masuk melalui jendela rumah pada tengah malam.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Ingatkan Kemendikbud Soal Siswi Nonmuslim Diwajibkan Berjilbab, PKB Sumbar: Aturan Sekolah Merusak Persatuan Nasional Harus Ditindak

Viralnya sebuah video tentang dipanggilnya orang tua siswa bernama Elianu Hia karena menolak mengenakan jilbab menggegerkan publik sejak Kamis (21/1) kemaren.

Terkait Tambak Udang Dan Tarok City, mahasiswa Lingkar Piaman Datangi Kantor DPRD Padang Pariaman

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam LIMAPIA bersama Himpunan Mahasiswa Islam komisariat Universitas Eka sakti, pemuda xtc kota Pariaman dan pemuda amal beramal berunjuk rasa...

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.
- Advertisement -