Limapuluh Kota – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat terus melakukan pematangan kesiapan cabang olahraga (cabor) yang akan bertanding pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar ke-XIV tahun 2016 di Kota Padang.

Ketua KONI Limapuluh Kota, Davis Emha mengatakan, Dari 30 cabor yang ada, hanya 28 cabor yang menyatakan siap dan akan berlaga di porprov 2016 mendatang.

“Untuk cabang dayung dan kempo terpaksa absen karena tidak ada koordinasi antara KONI dengan pengurus cabor,” kata Davis kepada beritasumbar.com di Kantor KONI Limapuluh Kota, Selasa (25/10).

Dari 28 cabang tersebut, pihaknya mengandalkan lima cabor, yakni atletik, menembak, senam, angkat berat, dan wushu. Dirinya menyebut, KONI akan mengutus 396 atlet dan didamping oleh 119 pelatih atau official. Ia menambahkan, mendekati waktu pelaksanaan proprov masing masing cabor sudah melakukan pemusatan latihan dan persiapan jauh hari bagi atlet yang akan dikirim pada iven olahraga provinsi.

“Satu bulan menjelang pelaksanaan iven tersebut, masing-masing cabor melakukan pemusatan latihan, bahkan hampir setiap hari,” kata dia.

Tidak hanya itu, karena KONI setempat memiliki target bagi masing-masing cabor, yakni atlet yang akan dikirim adalah mereka yang memiliki peluang untuk meraih medali, kalau tidak maka tidak diutus.

Davis menyebutkan, pihaknya menargetkan posisi lima besar pada pelaksanaan Porprov ke-XIV yang diselenggarakan di Kota Padang pada akhir November 2016. “Kalau tidak akan meraih juara umum, setidaknya posisi lima besar dapat dipertahankan,” ungkapnya.

Dari data yang diperoleh di KONI setempat, Porprov Sumbar ke-XIII di Kabupaten Dharmasraya pada 2014, berada pada urutan lima, setelah Kota Padang, Bukittinggi, Kabupaten Padang Pariaman, dan Kabupaten Agam denga perolehan medali 45 emas, 40 perak, dan 63 perunggu.

loading...