Petugas Kominfo melaksanakan Kegiatan Pendataan dan Monitoring menara Telekomunikasi yang telah di bangun oleh pemilik menara telekomunikasi

“Bidang Komunikasi dan Informatika Kabupaten Dharmasraya tahun 2014 ini sedang melaksanakan Kegiatan Pendataan dan Monitoring menara Telekomunikasi yang telah di bangun oleh pemilik menara telekomunikasi”, Demikian Kata Hendri, S.Ag, M.Si, Kabid Kominfo, Dishubkominfoparbud Kabupaten Dharmasraya ketika di temui di ruang kerjanya, Jum’at (24/10/2014)

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan, untuk melengkapi data dan memonitoring kondisi menara yang ada di Kabupaten Dharmasraya. Berdasarkan data di lapangan terdapat lebih kurang 75 Menara yang tersebar di sebelas kecamatan, diantaranya terdapat di Kecamatan Sembilan Koto (2 tower), Pulau Punjung (16 tower), Sitiung (15 tower), Timpeh (5 tower), Padang laweh (2 tower), Tiumang (2 tower), Koto Salak (4 tower), Koto Baru(15 tower), Sungai Rumbai (5 tower), Koto Besar (6 tower), dan Asam Jujuhan (3 tower),

24102014-3Dari pendataan dan monitoring tersebut akan di buat dalam bentuk peta sebaran menara telekomunikasi, secara umum menara tersebut masih berfungsi sebagaimana semestinya namun ada tiga menara yang tidak berfungsi lagi, sehingga perlu dipertanyakan kepada pemilik menara, apa kendala dan penyebab tidak berfungsinya menara tersebut, ditambahkan oleh Kasi Komunikasi Anasir S.Ap bahwa disetiap menara tersebut harus dipasang plank merek atau ID name pada menara tersebut, diharapkan kepada pemilik menara untuk memasang ID name tersebut.

Kemudian menyangkut Retribusi Menara Pada tahun 2013 telah dibayar oleh PT. Daya Mitra sebanyak Rp. 72.578.628, sementara tagihan tahun 2013 yang dibayar pada tahun 2014 oleh PT. Solusi Menara sebayak Rp. 7.020.243, PT. Tower Bersama Group (TBG) sebanyak Rp. 36.421.325, dan PT.Telkomsel sebanyak Rp. 112.814.361, dengan total Rp. 228.384.557, Semetara PT Indosat dan PT.Asiata (XL) belum membayar sebagaimana mestinya, dana tersebut langsung di transfer ke Kas Daerah Kabupaten Dharmasraya.

Untuk tahun 2014 juga telah diberikan Surat Ketetapan Retribusi Daerah (SKRD) ke masing-masing pemilik Menara, sekarang sedang di proses di kantor pusat Jakarta sampai akhir tahun ini. “Harapan kita para pemilik tower segara membayar retribusi sesuai dengan tagihan yang telah ditetapkan dan tidak lupa kita mengucapkan terima kasih kepada pemilik menara yang telah membayar restribusi kata Kabid Kominfo.

loading...