23 C
Padang
Senin, Maret 8, 2021
Beritasumbar.com

Bupati Dharmasraya Ingatkan Peserta CPNS untuk Jujur dan Percaya Diri
B

Kategori -

Bupati Dharmasraya H. Adi Gunawan mengingatkan peserta seleksi menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Dharmasraya, agar tidak mengharapkan bantuan orang lain untuk kelulusan dalam seleksi calon abdi negara formasi Tahun 2014. Pasalnya, tak ada celah pelibatan orang lain dalam penentuan kelulusan.

Hal itu ditegaskan orang nomor satu Dharmasraya tersebut saat memberikan arahan sebelum tes seleksi CPNS Dharmasraya pada hari pertama, yang dimulai Kamis (16/10) di Aula SMK 1 Koto Baru.

“Bekerjalah dengan jujur dan percaya diri. Karena yang dapat menolong hanya Yang Diatas dan diri anda sendiri,” tegasnya. Untuk itu, dirinya mengingatkan agar peserta berusaha dan berjuang dengan mengerahkan segala kemampuan yang ada.

Dirinya juga menjamin tak ada kolusi dalam penerimaan CPNS itu. Termasuk tidak adanya praktik seperti intervensi, apalagi meluluskan peserta dengan cara-cara yang tidak benar. Kelulusan peserta murni berdasarkan kemampuan dan usaha sendiri. “Saya tegaskan tidak ada praktik kolusi dalam tes CPNS ini,” tegasnya lagi.

Dalam kesempatan itu, Bupati yang didampingi Asisten I Setdakab Drs. Irsyad MM, Kepala BKD A. Joni Zubir, Sekretaris Inspektorat M. Afifi, Staf Ahli Bupati Syahril Syahda, Kabag Humas Budi Waluyo, dan beberapa pejabat lainnya, meninjau ruang komputer peserta dan sempat berdialog dengan panitia dari BKN Kanreg Pekanbaru, Riau.
Bupati berpesan, selama ujian hendaknya peserta bisa mengikuti semua rangkaian proses ujian, sekaligus meminta menjaga pelaksanaan tes agar berjalan tertib, lancar dan aman.

Sementara itu, Kepala BKD A. Joni Zubir mengemukakan jumlah peserta yang mendaftar dan memasukkan berkas mencapai 2.296 orang. Setelah dilakukan penyaringan, ternyata yang berhak ikut ujian hanya 1.730 peserta. “Ada 556 peserta yang tak bisa ikut ujian, karena berkas tidak memenuhi persyaratan,” tegasnya lagi.

Disebutkan, ujian berlangsung selama lima hari hingga berakhir Senin (20/10). Materi ujian meliputi tes karakteristik pribadi, wawasan kebangsaan dan kemampuan intelejensi umum. Ujian juga diawasi BPKP, Ombudsman Sumbar, kepolisian dan BKN.

“Ujian digelar dengan sistem shif. Satu shif sebanyak 51 peserta. Mengingat komputer kita terbatas, hanya 51 komputer dengan 5 sampai 6 komputer cadangan,” paparnya. Ujian menggunakan sistem computer assisted test (CAT). Setelah tes, peserta langsung mengetahui hasil ujiannya tersebut.

Soal penilaian, lanjutnya, peserta harus mampu menembus nilai yang ditetapkan sesuai dengan passing grade. Bila ada nilai sama, dilakukan pertimbangan dengan melihat kecepatan dan kesigapan peserta dalam menjawab soal ujian. “Tapi, jika tak mencukupi nilai sesuai standar yang telah ditetapkan, panitia tak akan meloloskannya,” timpalnya. Tahun ini Dharmasraya menerima sebanyak 77 orang CPNS dari pelamar umum. (rfk)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Rezka Tegaskan Demokrat Solid dan Tegak Lurus dengan AHY

Padang,BeritaSumbar.com, - Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat dari Daerah Pemilihan Sumatera Barat, Rezka Oktoberia dan Darizal Basir memimpin jalannya deklarasi penolakan Kongres Luar Biasa (KLB) bersama dengan seluruh jajaran Fraksi Partai Demokrat tingkat Provinsi dan Kabupaten Kotamadya se-Sumatera Barat.
- Advertisement -

Kelurahan Padang Karambia Gelar Pemilihan Ketua LPM Dan Karang Taruna

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - "Mamiliah Badunsanak" begitu slogan dalam pemilihan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan Ketua Karang Taruna (KT) Kelurahan Padang Karambia yang dilaksanakan bak pemilihan Kepala Daerah ini, yang dilaksanakan di MTI Tarbiyah Padang Karambia, Minggu (07/03).

Akhir Pekan Ala Erwin Yunaz, Seaspal Bareng Komunitas RX King Kebersamaan Kota Biru

Siapa sangka kalau akhir pekannya diisi oleh seorang Erwin Yunaz dengan melakukan touring perdananya menikmati keindahan alam Provinsi Sumatera Barat bersama Komunitas RX King Kebersamaan Kota Biru, yaitu klub otomotif sepeda motor yang sudah terdaftar di Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Kantor Kesbangpol Kota Payakumbuh.
- Advertisement -

UPZ Nagari Se Kecamatan Ulakan Tapakih Dilantik

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Nagari se Kecamatan Ulakan Tapakih dilantik oleh Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Padang Pariaman Dr. Rahmat Tk. Sulaiman, Rabu (3/3) di Aula Kantor Ulakan Tapakih. Hadir dalam acara pelantikan, semua wakil ketua BAZNAS sebanyak 4 orang yaitu Fakhri Zaki, Masri Chan, Zulfahmi dan Zulherman. Plt. Camat Ulakan Tapakih Syafruddin, Plt. Kapolsek Nan Sabaris Iptu. Zulkarnaini, Kanit Sabhara Ipda. Junaidi Salat, SH. Danramil 07/PK diwakili oleh Serda Zainal Arifin, KUA Kecamatan, Kasi Trantib Anesa Satria dan Wali Nagari se Kecamatan Ulakan Tapakih.

Rezka Tegaskan Demokrat Solid dan Tegak Lurus dengan AHY

Padang,BeritaSumbar.com, - Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat dari Daerah Pemilihan Sumatera Barat, Rezka Oktoberia dan Darizal Basir memimpin jalannya deklarasi penolakan Kongres Luar Biasa (KLB) bersama dengan seluruh jajaran Fraksi Partai Demokrat tingkat Provinsi dan Kabupaten Kotamadya se-Sumatera Barat.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Selama Menjabat Bupati dan Wakil Bupati Lima Puluh, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo-Rizki Kurniawan Nakasri Janji tak Akan Terpecah

Sarilamak, beritasumbar.com - Selama menjabat Bupati dan Wakil Bupati Lima Puluh Kota, Sumatera Barat Safaruddin Dt. Bandaro Rajo dan Rizki Kurniawan Nakasri berjanji tidak akan...

Pemko Bukittinggi Programkan Subuh Berjamaah Setiap Jumat

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota Bukittinggi, memprogramkan setiap hari Jumat hingga tahun 2024 nanti, waji menyelenggarakan subuh berjemaah. Hal itu disampaikan Wali Kota Bukittinggi, Erman...

PD PII Padang Dilantik; SKB 3 Menteri Kembali Menuai Tantangan

Polemik SKB tiga Menteri kembali menuai tantangan berat dari berbagai elemen di Sumatera Barat, selain tokoh ulama dan tokoh adat; saat ini juga di...

Wako Bukittinggi Erman Safar Buktikan Janji dan Komitmennya

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sering memang, seseorang setelah duduk di tahta yang telah didapat, bakal banyak lupa apa yang telah dijanjikan. Penyakit lupa, terkadang harus...

Dilantik Jadi Wako dan Wawako Bukittinggi, Erman Safar – Marfendi Minta Doa Masyarakat

Padang, beritasumbar.com -- Hari ini, Bukittinggi telah resmi memiliki wali kota dan wakil wali kota baru. Dilantik langsung Gubernur Sumbar, Erman Safar - Marfendi...

Presiden Jokowi Lantik Mahyeldi-Audi bersama Dua Gubernur dan Wagub lainnya, Masa Bakti Hingga 2024

Jakarta, beritasumbar.com - Presiden Joko Widodo melantik tiga pasang gubernur dan wakil gubernur terpilih pada Kamis, (25/2), dimana pelantikan tersebut berlangsung di Istana Negara,...

Dirujuk ke RS M Djamil, Pasien Lutut Besar Dibezuk Danlantamal Padang

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Bintang Herlambang (18), pasien lutut membesar sebesar bola kaki karena kanker stadium 4, akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit M. Djamil Padang...

BNPT Angkat Novel ‘Si Doel Anak Jakarta’ Versi Original Jadi Webseries untuk Media Pendidikan Toleransi

Novel Si Doel Anak Jakarta versi original yang ditulis oleh Aman Datuk Madjoindo yang diterbitkan oleh Balai Pustaka pada tahun 1932 akan dijadikan webseries oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Pesan webseries tersebut lebih menitikberatkan pada kesalehan, jiwa sosial, dan toleransi anak-anak Betawi.

Lutut Membesar Sebesar Bola Kaki, Ini Penyebabnya

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Miris, rupanya lutut membesar sebesar bola kaki dialami Bintang Herlambang (18), yang kini tengah dirawat di Rumah Sakit Yarsi Bukittinggi, karena...

Kecelakaan di Pendakian Kodok Palupuh, 20 Penumpang Nyaris Tewas

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebanyak 20 penumpang bus PO Family BA 7983 DU nyaris tewas, setelah bus hilang kendali di Simpang Pendakian Kodok, Jorong Batang...
- Advertisement -