24 C
Padang
Selasa, November 30, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Khidmat Peringatan Hari Sumpah Pemuda Di Payakumbuh
K

Kategori -
- Advertisement -

Payakumbuh. Hari Sumpah Pemuda ke-85 diperingati sederhana di Kota Payakumbuh. Upacara  digelar di halaman Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, berlangsung tertib, aman, lancar dan khidmat, dengan inspektur upacara Walikota Riza Falepi.  Keputusan Kongres Pemuda Indonesia Tahun 1928 dibacakan lantang oleh Ade Vianora  dari Karang Taruna Payakumbuh, di lingkari puluhan bendera organisasi kepemudaan dan KNPI.  Di antara putusan tersebut, memuat tiga pernyataan penting yang kemudian dikenal dengan Sumpah Pemuda.

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Kedua Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Ketiga Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia, bergema di kawasan upacara.

Sumpa Pemuda itu, sebut Walikota Riza Falepi salam sambutannya,  merupakan komitmen  anak bangsa ini yang harus diaplikasikan  seluruh perkumpulan-perkumpulan kebangsaan untuk bersatu mengisi cita-cita kemerdekaan ini. Tanpa semangat persatuan dan kesatuan, bangsa dan negara ini,   sulit  akan lebih maju dan berkembang, seperti negara-negara besar lainnya.

Dalam  Undang-undang Nomor 40 tahun 2009 tentang Kepemudaan, kata walikota, maka pembangunan kepemudaan yang dilaksanakan melalui pelayanan kepemudaan akan lebih jelas, terarah, dan mengalami kemajuan yang terukur. Khususnya pada aspek penyadaran, pemberdayaan, dan pengembangan potensi pemuda.

Dikatakan, banyak hal  yang bisa dipetik  dari makna Hari Sumpah Pemuda. Di antaranya, usaha pemerintah menyiapkan ruang yang luas bagi pemuda  untuk berkreasi, berkreativitas, bersosial dan berwirausaha.  Ruang itu, seyogianya akan meningkatkan partisipasi pemuda dalam pembangunan nasional ke depan. Karena, keterlibatan dan peran serta pemuda dalam pembangunan nasional senantiasa memberikan warna yang khas bagi pertumbuhan dan kemajuan bangsa.

Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-85 itu, diikuti Wakil Walikota Payakumbuh H. Suwandel Muchtar, anggota Muspida,   Ketua Pengadilan Negeri S, Sekdako H. Benni Warlis, Asisten, pimpinan SKPD, Korpri, mahasiswa, pelajar, KNPI serta organisasi kepemudaan dan sejumlah undangan lainnya.

Upacara Hari Sumpah Pemuda itu ditandai dengan penyerahan penghargaan kepada dua Pemuda Pelopor Payakumbuh, masing-masing buat Masni dari Kelurahan Aur Kuniang, Payakumbuh Selatan dan Gema Hadiputra dari Kelurahan Sungai Durian, Kecamatan Latina,  keduanya kategori atau Bidang Kewirausahaan.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img