24 C
Padang
Senin, April 12, 2021
Beritasumbar.com

Ketidakhadiran Ali Mukhni Di Panggung Publik Merupakan Bentuk Ketidaksiapan Dan Kegagapan Memimpin Sumbar
K

Kategori -

Rabu malam 14 Oktober 2020 Padang TV mengadakan acara debat dengen tema Adu Strategi Pengembangkan BUMD dengan mengundang semua kandidat calon wakil gubernur yang akan berlaga pada kontestasi Pilgub Sumbar 2020. Punggung publik seperti ini sangat perlu diapresiasi karena dari sinilah masyarakat bisa mengetahui kualitas kepala daerah yang akan memimpin Sumbar lima tahun kedepan. Baik itu dari segi ide, gagasan, pemikiran serta program-program kerja yang akan dihadirkan untuk masyarakat Sumbar. Dan dengan panggung publik seperti ini, bisa langsung menakar mental calon pemimpin beradu gagasan dengan panelis maupun antar satu kandidat dengan kandidat lainnya.

Dengan kemudahan teknologi, acara ini sangat bisa langsung dilihat melalui live streaming kanal youtube Padang TV. Dapat dibayangkan ribuan mata melihat acara yang hanya berlangsung 2 jam saja. Sehingga punggung publik ini bisa dikatakan sebagai media yang sangat efektif mengkampanyekan diri dimasa pandemi. Sangat beruntung sekali jika kandidat bisa tampil dengan performa terbaik meyakinkan masyarakat.

Debat malam tadi merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat baik yang ada di Sumbar maupun luar Sumbar. Apalagi ini merupakan debat pertama yang disiarkan langsung oleh televisi daerah dengan mengangkat sebuah topik penting dengan menyeret calon wakil gubernur ke ranah publik. Masyarakat tidak lagi melihat campaign kandididat melalui spanduk, media sosial bahkan slogan yang disebar, dikarenakan hal ini sudah biasa. Akan tetapi kandidat ditarik ke ranah publik melalui siaran langsung media televisi daerah secara bersamaan merupakan hal yang luar biasa.

Cawagub Ali Mukhni Tidak Hadir

Acara Debat malam tadi yang diadakan Padang TV sangat direspon baik oleh Indra Catri, Genius Umar dan Audy Joinaldy. Mereka sangat kooperatif dengan undangan tersebut. Buktinya mereka hadir. Akan tetapi tidak untuk Ali Mukhni cawagub nomor urut satu yang berasangan dengan Mulyadi. Ali Mukhni memilih untuk berada di daerah, sesuai dengan informasi yang disampaikan oleh Nashrian Bahzein moderator acara bahwa Ali Mukhni tidak bisa hadir dikarenakan sedang berada di daerah Lubuk Sikaping.

Perlu diketahui acara debat ini, undanganya sudah disampaikan sebelum acara diselenggarakan. Artinya ada space waktu untuk bisa mengatur jadwal atau me-reschedule jadwal agar bisa hadir di acara debat ini. Jika kandidat memiliki jiwa kooperatif, walaupun sudah ada jadwal tentu akan meluangkan waktu untuk hadir. Karena ini punya nilai dan arti tersendiri bagi masyarakat.

Dengan sikap Ali Mukhni tidak hadir, tentu menimbulkan berbagai macam spekulasi di tengah-tengah masyarakat. Jika alasanya ada kunjungan ke daerah, apakah kandidat lain tidak memiliki aktivitas yang sama?. Audy Joinaldy misalnya, berani meng-cancel acara di Solok Selatan yang sudah dijadwalkan jauh hari dan itu tidak hanya satu titik, akan tetapi ada  tujuh belas titik kunjungan yang dibatalkan demi hadir di depan publik menyampaikan pemikiran, adu gagasan dan program dengan kandidat lain.

Kalaupun tidak bisa hadir, harusnya Ali Mukhni bisa mencari alternatif lain agar sosok dan pemikiranya tetap hadir diacara debat semalam. Misalkan dengan video conference atau via telepon conference. Sungguhpun tidak bisa dikarenakan akses signal internet dan telepon tidak memadai didaerah, setidaknya ada perwakilan yang ditunjuk untuk bisa hadir mewakili. Apakah itu dengan mendelegasikanya ke perwakilan tim sukses sesuai dengan kompetensi yang dimiliki di bidang BUMD atau bisa langsung mendatangkan tandemnya Mulyadi calon gubernur. Hal tersebut lebih terhormat dibandingkan tidak datang dan tidak mendatangkan pewakilan sama sekali.

Disisi lain timbul pertanyaan, apakah Ali Mukhni tidak siap untuk beradu gagasan, ide dan pemikiran dengan kandidat lain di panggung publik?. Dengan pengalaman sebagai Bupati Padang Pariaman dua periode seharusnya pertanya tersebut terjawab. Akan tetapi dengan ketidak hadirnya tadi malam, spekulasi masyarakat makin kuat bahwa Ali Mukhni tidak percaya diri tampil ke publik disandingkan dengan kandidat lain walaupun mempunyai pengalaman.

Hal ini sangat berbeda dengan Audy Joinaldy yang belum punya pengalaman jabatan politik akan tetapi tetap kooperatif hadir dan menyampaikan gagasan pemikiran serta narasinya. Hal hasil anak muda millenial ini mampu menyampaikan pemikiranya begitu sistematis,  terstruktur, dan terukur dengan topik yang diangkat. Walaupun berhadapan dengan kandidat yang sudah menjadi walikota dan bupati sekalipun.

Sebuah kata bijak mengatakan ketidakhadiran calon pemimpin di depan publik dalam rangka adu gagasan, ide dan pemikiran dengan berbagai alasan yang tidak begitu urgent, sudah menandakan  ketidaksiapan dan kegagapan dalam berkompetisi.

Panggung publik ini sangat penting, dan punya arti tersendiri bagi masyarakat. Apalagi semua kandidat dihadirkan di waktu dan tempat yang sama untuk adu gagasan. Sehingga bisa meyakinkan masyarakat siapa kandidat yang pantas dan berkualitas memimpin Sumbar lima tahun kedepan.

Oleh Reido Deskumar

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Optimalkan Pelaksanaan Pembangunan Tahun 2021, Pemko Payakumbuh Lakukan Monev.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Bagian Pengadan Barang Jasa Administrasi Pembangunan (PBJ Dalbang) Sekretariat Daerah Kota Payakumbuh mengadakan kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev) Triwulan I terhadap pelaksanaan dan pelaporan kegiatan pembangunan tahun 2021 di pemerintahan Kota Payakumbuh, Selasa(6/4).
- Advertisement -

Gandeng Satres Narkoba, Kepala Rutan Sawahlunto Razia Narkoba di Sel Tahanan

Sawahlunto,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 86 warga binaan yang ada di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B kota Sawahlunto, 3 diantaranya perempuan, diperiksa satu persatu. Bahkan, usai diperika seluruh ruang tahanan pun digeledah oleh petugas Rutan di bawah komando Subhan Malik, Selasa 6/4).

Dibantu Personil Polres, Petugas Lapas Sijunjung Gelar Razia Narkoba Di Sel Tahanan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Pelaksanaan Razia gabungan Anggota Polres dan anggota Lapas di Kelas ll B Muaro Sijunjung, yang dimulai pukul 20.00 WIB, berjalan lancar dan sukses, kata Kalapas B.O.Situngkir, di Muaro Sijunjung, Selasa (6/4).
- Advertisement -

BNPT Gandeng Pemuka Agama untuk Cegah Pengaruh Radikal Terorisme pada Generasi Milenial

Generasi milenial sangat rentan terpengaruh pada paham radikal terorisme yang menjadi misi bagi organisasi terlarang dunia, seperti ISIS dan Wahabi. Guna mencegah hal tersebut, Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa menggelar Dialog Kebangsaan dengan tema ‘Kebhinekaan Penyelamat Bangsa’, pada Jumat malam (9/4/2021) di Taman Miniatur 99 Masjid Dunia, Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Polres Payakumbuh Amankan Tiga Tersangka Terduga Penggelapan Dana Koperasi

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan tiga orang tersangka terduga penggelapan dana Koperasi Serba Usaha (KSU) Sutra Ketinggian Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. Kasat...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

MARI EFEKTIFKAN LAGI LIMBAGO USALI DI SETIAP NAGARI…!

"SEBAGAI salah seorang yang pertama menggulirkan wacana gagasan "Baliak Banagari"di tahun 1990-an silam (waktu itu beberapa kali saya tulis di Skh. Singgalang yang kemudian direspon banyak pihak sehingga bergulir menjadi polemik konstruktif-pen), menurut Mak Yum apa pangka bala (sumber utama malapetaka atau yang menyebabkan) gagalnya agenda Baliak Banagari yang telah dijalankan sejak tahun 2000?" tanya seorang peserta seminar nasional tentang Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah di Museum Adityawarman Padang, tahun 2016 lalu.

TAN GINDO; DALAM DILEMA KEHIDUPAN

“Sudah jatuh tertimpa tangga,dibunuh anak mati induknya, dibunuh induk mati anaknya,begitulah masalah kehidupan mejadi dilemamaka ambil lah hikamah dan kebijksanaankarena dia hanya seperti dua...

USTADZ GURU; SANG KOMANDAN

“Pandai mengeluh sudah bawaan manusiaTak dipelajari sepertinya dia datang sendiriTapi jiwa optimis harus dilatih dan ditumbuhkanSebab alam mengajarkan semua makluk bisa bertahanBahkan manusia bisa...

CURHAT NYI BLORO; RATU LAUT KIJING

“Berani karena benar, takut karena salah,Rajin pangkal pandai (pintar), bisa karena biasa,Hemat pangkal kaya, boros pangkal miskin,Maka pelajarilah sebab musababnya itu,& berharaplah takdir bisa...

BANGKITKAN KESADARAN !

“Dunia pasti berobah dan Kiamat pasti kan terjadi juaKebangkitan dan keruntuhan sebuah bangsa pasti silih bergantiBegitu juga bergulir para penguasa, atas nama jabatan dan...

SEBERKAS CAHAYA DI BUMI MEMPAWAH

“Segelap apapun dunia ini, pasti ada cahayaTergantung bagaimana kita menerimanyaKarena kita manusia dibekali akal fikiranOrang bijak kata; jika tak ada kayu rotanpun jadiMaka, setelah...

KERANJINGAN JADI PEJABAT

“Setiap (pejabat) ketua atau sejenisnya adalah PemimpinTapi setiap Pemimpin belum tentu jadi pejabat,Karena Pemimpin adalah amanah terberat dari-Nya,Maka, tidaklah sulit menjadi pejabat ini dan...

TAN GINDO; APA YANG ENGKAU CARI !?

“Mereka-dia yang berjasa dalam hidupmu,semua yang tersedia dalam jagat rayaSekecil apapun itu, sifat dan ragam bentuknyaSemua adalah ayat-ayat Tuhan yang berjalanBerbagai peristiwa adalah bentuk...

SEKOLAH MERDEKA-KU (2)

"Diri kita bukan hanya milik sendiri, tapi juga orang terdekat,bahkan, darah orang tua dan sanak saudara kita mengalir dalam nadi,namun ingat, ada teman-sahabat dan...

SEKOLAH MERDEKA-KU (1)

“Ketika ruh ditiupkan sang Khalik dalam Rahim ibumu dan diterima,Sebuah modal hidup; mata, mulut, hati dan fikiran dan lainnya sudah tersediaNamun, kenapa engkau penjarakan,...
- Advertisement -