26.2 C
Padang
Rabu, September 22, 2021
Beritasumbar.com

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan
K

Kategori -

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM) yang dilaksanakan setiap tahunnya melakukan penyesuaian dalam pelaksanaannya. Dalam kegiatannya, mahasiswa mendapatkan bantuan pendanaan dalam berbagai kegiatan seperti penelitian, membuat karya cipta, menuliskan gagasan, pengabdian ke masyarakat hingga berwirausaha.

Adapun tim PKM-Kewirausahaan (PKM-K) Keripik Karamunting yang beranggotakan Fadhilatu Rahma, Mivtahul Dina dan Debi Riska Fadilla dari Fakultas Teknologi Pertanian Unand mencoba merancang jenis usaha dalam pembuatan keripik karamunting menggunakan prinsip penggorengan hampa yang disebut dengan Kera Cekatan (Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan). Tim ini didanai Belmawa untuk menjalankan PKM-K berbasis virtual guna menghasilkan luaran berupa video yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran dan pengetahuan mengenai bisnis keripik yang menggunakan metode penggorengan hampa.

 Keripik merupakan cemilan yang terbilang wajib bagi masyarakat Indonesia. Keripik karamunting ingin memberikan nilai lebih saat dikonsumsi yaitu bonus gizi dengan kandunga antioksidan dari karamunting. Antioksidan berguna untuk menangkal radikal bebas pada tubuh.

Karamunting sendiri merupakan tumbuhan berbuah hitam, memiliki rasa manis dan sedikit asam. Universitas Andalas sendiri berdiri di daerah yang dulunya dikenal sebagai Bukit Karamunting. Sehingga produk ini juga berpeluang sebagai oleh-oleh khas dari Unand yang belum pernah ada sebelumnya.

Penggorengan hampa digunakan dalam pengolahan keripik karamunting ini untuk mempertahankan kandungannya. Cara menggoreng dengan vakum atau hampa mungkin belum terlalu terdengar lazim bagi pebisnis keripik, namun sudah mulai tampak beberapa pebisnis yang sudah menggunakan metode penggorengan ini. Metode penggorengan hampa telah digunakan oleh produsen keripik buah guna mempertahankan aroma asli dari buah dengan tekstur renyah  khas keripik. Selain itu, kerusakan minyak yang dapat diakibatkan oleh oksidasi jika digoreng dengan metode konvensional dapat diminimalkan karena penggorengan yang dilakukan pada tekanan dan suhu rendah.

Prinsip penggorengan hampa ini adalah penggorengan bahan dengan tekanan rendah sehingga menurunkan suhu yang dapat menurunkan titik didih minyak dan membuat minyak mendidih pada suhu rendah. Kondisi ini menguntungkan bahan yang digoreng karena dapat mempertahankan nilai gizi dari bahan tersebut.

Proses pembuatan keripik metode penggorengan hampa tak jauh berbeda dari penggorengan konvensional. Pada penggorengan hampa, penggorengan dilakukan dalam kondisi vakum( tekanan <1atm) di dalam suatu tabung yang dapat diatur tekanannya, sedangkan pada penggorengan konvensional penggorengan dilakukan pada suasana terbuka tanpa adanya pengatur tekanan.

Tim PKM-K ini juga telah menghitung berapa modal dan harga layak jual dari keripik ini sekaligus sistem penjualannya. Namun dikarenakan pandemi Covid-19, maka PKM-K yang dirancang kemudian dialihkan menjadi produk virtual berupa video peluang pengembangan usaha keripik. Begitu pula dengan proses diskusi dengan tim, dosen pembimbing dan mitra, semua dilakukan lewat pertemuan dalam jaringan (daring). Tentu saja ini menjadi tantangan yang berbeda dari PKM pada tahun-tahun sebelumnya dimana program ini memberikan kesempatan mahasiswa untuk memiliki usaha, mencoba berjualan sembari menghitung laba rugi hingga tampil di hadapan mahasiswa dari seluruh kampus se-Indonesia dengan jalan-jalan sebagai bonusnya.

Untuk video lengkap tentang prospek pengembangan usaha keripik karamunting bisa dilihat pada akun instagram kami @keripik_karamunting karena disitu akan ada informasi mengenai karamunting, keripik karamunting, penggorengan hampa serta produk virtual yang akan kami posting di akun youtube kami. Nantikan ya!

Program Kreativitas Mahasiswa di Tengah Covid-19:

Tim PKM-K Keripik Karamunting dari Fateta Unand Menuju Pimnas

Oleh:Tim PKM-K Keripik Karamunting

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Waspadai Jejak Digital, Ini Kata Sekretaris Diskominfo Sijunjung

Sijunjung,BeritaSumbar.com, — Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sijunjung, Puji Basuki, menjelaskan jejak digital sebagai data yang ditinggalkan setelah menggunakan layanan digital.
- Advertisement -

Berikut Hal Yang Tidak Boleh Disebar di Internet

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, — Warga Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar, diminta untuk waspada mengumbar data pribadi di internet. Berikut sederet hal yang tidak boleh disebar di internet menurut pakar yang dihadirkan Kemenkominfo via webinar.

Pentingnya Pembaruan Medsos, Milenial Pasaman Barat Wajib Tahu

Pasaman Barat,BeritaSumbar.com, — Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pelita Harapan, Marsefio Luhukay menyebut beberapa platform media sosial telah melakukan pembaruan yang ditujukan untuk meningkatkan aksesibilitas konten.
- Advertisement -

Pemkab Dukung Pembangunan Gedung Kejaksaan Negeri Kabupaten Limapuluh Kota

Lima Puluh Kota,Beritasumbar.com,-Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo menerima kunjungan kerja Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat Anwarudin Sulistiyono di aula rumah dinas Bupati Lima Puluh Kota, Senin (20/09/2021). Kunjungan juga disambut oleh Ketua DPRD Lima Puluh Kota Deni Asra, Asisten I, dan Kepala OPD.

31 Orang Pengurus DWP Kankemenag Kota Padang Panjang Dikukuhkan

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Buya H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga kukuhkan Pengurus Dharma Wanita Persatuan Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang Masa Bakti 2021 di Aula Kankemenag, Jum'at (17/09/2021).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Lapas Padang dan Polresta Padang Sinergi Dalam Ungkap Jaringan Peredaran Narkoba

Padang,BeritaSumbar.com,-- Dalam rangka wujudkan komitmen Zero Narkoba, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Padang Era Wiharto lakukan sinergi bersama Sat Narkoba Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang mengungkap jaringan peredaran narkoba yang melibatkan warga binaan pemasyarakatan (WBP).

LPPKI diterima Gubernur Sumatera Barat

Padang,BeritaSumbar.com,- Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (DPN-LPPKI ) Azwar Siri.SH beserta unsur pengurus lainya diterima Gubernur Sumatera Barat Buya Mahyeldi Ansharullah di istana Gubernur Jalan Jendral Sudirman No 51 Padang, pada hari Rabu tanggal 14 September 2021.

Lapas Padang Terus Berbenah Antisipasi Gangguan Kamtib dan Penanggulangan Bencana

Padang,Beritasumbar.com,– Menindaklanjuti arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) Reynhard Silitonga terkait peningkatan pengawasan dan pengamanan di Lapas dan Rutan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Padang

Komitmen Raih Zona Integritas, Kalapas Padang Tekankan Ini kepada Seluruh Petugas !!!

Padang,BeritaSumbar.com, - Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Padang ikuti Monitoring dan Evaluasi Tugas dan Fungsi bersama Kepala Lapas (Kalapas) Era Wiharto di aula Lapas Kelas IIA Padang. Tampak hadir dalam kegiatan ini seluruh pejabat struktural eselon IV, eselon V, staf administrasi dan regu pengamanan.

Reido Deskumar Pimpin Gema Keadilan Sumatera Barat : Sumatera Barat Adalah Otaknya Indonesia

Padang,BeritaSumbar.com,- Gema Keadilan (GK) Sumatera Barat melaksanakan pelantikan Ketua dan Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Periode 2021-2026. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual.

Dosen Unand Beri Pelatihan Teknik Relaksasi benson Untuk Mengatasi Gangguan Tidur Pada Lansia

Dosen Universitas Andalas dari Fakultas Keperawatan, memberikan pelatihan tentang “Teknik Relaksasi Benson Untuk Mengatasi Gangguan Tidur Pada Lansia” Kegiatan ini dilaksanakan di Panti jompo Wisma Cinta Kasih kota Padang. Dosen-dosen tersebut ialah Gusti Sumarsih Agoes, S.Kp, M.Biomed, Ns. Arif Rohman Mansur, M.Kep dan Ns. Windy Freska, M.Kep

Edukasi PHBS dan Pendirian Poskestren di Pondok Pesantren Batang Kabung Padang

Pondok Pesantren merupakan lembaga pendidikan keagamaan Islam yang berbasis masyarakat. Pada umumnya kondisi kesehatan di lingkungan pondok pesantren masih memerlukan perhatian yaitu akses pelayanan kesehatan, berperilaku sehat maupun aspek kesehatan lingkungannya. Data Kementerian Kesehatan tahun 2012 menunjukkan bahwa jumlah populasi di Indonesia yang menderita penyakit kulit (scabies) masih sangat tinggi, yaitu 4,60 – 12,95%, dan tertinggi ditemukan di lingkungan pondok pesantren

Majelis Pertimbangan Kelitbangan Sumbar Rekomendasikan Pembatalan TdS 2021

Padang,BeritaSumbar.com,_ Dalam upaya menggerakkan sektor UMKM dan pariwisata, anggaran pelaksanaan iven balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) 2021 sebesar Rp4.9 Miliar, akan jauh lebih bermanfaat dan dirasakan masyarakat jika dialihkan untuk penanganan Covid-19 atau subsidi kepada pelaku UMKM terutama UMKM penunjang pariwisata yang terdampak pandemi atau kegiatan promosi pariwisata lainnya yang lebih memungkinkan

Ditengah Badai, JMG Tetap Peduli Masyarakat terdampak Covid-19

Padang,BeritaSumbar.com,- Tak terasa sudah 13 Tahun Jejak Media Group (JMG) yang menaungi Koran Jejak News dan media online jejak77.com berkiprah didunia jurnalistik. Berbagai rintangan dan tantangan dilalui JMG dalam kurun waktu 13 tahun tersebut.

Semakin Dekat Dengan Konsumen, Oli Mobil Evalube Perluas Layanan Ganti Oli Bersama Capella Daihatsu dan Isuzu

Padang, September 2021 – Oli mobil Evalube menghadirkan program kerja sama layanan ganti oli dengan Capella Daihatsu dan Isuzu. Hingga saat ini, layanan kerja sama ini sudah memberikan kemudahan bagi pelanggan yang tersebar di wilayah Sumatera (Medan, Padang, Aceh, Pekanbaru, dan Batam)
- Advertisement -