24.6 C
Padang
Selasa, April 13, 2021
Beritasumbar.com

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan
K

Kategori -

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM) yang dilaksanakan setiap tahunnya melakukan penyesuaian dalam pelaksanaannya. Dalam kegiatannya, mahasiswa mendapatkan bantuan pendanaan dalam berbagai kegiatan seperti penelitian, membuat karya cipta, menuliskan gagasan, pengabdian ke masyarakat hingga berwirausaha.

Adapun tim PKM-Kewirausahaan (PKM-K) Keripik Karamunting yang beranggotakan Fadhilatu Rahma, Mivtahul Dina dan Debi Riska Fadilla dari Fakultas Teknologi Pertanian Unand mencoba merancang jenis usaha dalam pembuatan keripik karamunting menggunakan prinsip penggorengan hampa yang disebut dengan Kera Cekatan (Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan). Tim ini didanai Belmawa untuk menjalankan PKM-K berbasis virtual guna menghasilkan luaran berupa video yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran dan pengetahuan mengenai bisnis keripik yang menggunakan metode penggorengan hampa.

 Keripik merupakan cemilan yang terbilang wajib bagi masyarakat Indonesia. Keripik karamunting ingin memberikan nilai lebih saat dikonsumsi yaitu bonus gizi dengan kandunga antioksidan dari karamunting. Antioksidan berguna untuk menangkal radikal bebas pada tubuh.

Karamunting sendiri merupakan tumbuhan berbuah hitam, memiliki rasa manis dan sedikit asam. Universitas Andalas sendiri berdiri di daerah yang dulunya dikenal sebagai Bukit Karamunting. Sehingga produk ini juga berpeluang sebagai oleh-oleh khas dari Unand yang belum pernah ada sebelumnya.

Penggorengan hampa digunakan dalam pengolahan keripik karamunting ini untuk mempertahankan kandungannya. Cara menggoreng dengan vakum atau hampa mungkin belum terlalu terdengar lazim bagi pebisnis keripik, namun sudah mulai tampak beberapa pebisnis yang sudah menggunakan metode penggorengan ini. Metode penggorengan hampa telah digunakan oleh produsen keripik buah guna mempertahankan aroma asli dari buah dengan tekstur renyah  khas keripik. Selain itu, kerusakan minyak yang dapat diakibatkan oleh oksidasi jika digoreng dengan metode konvensional dapat diminimalkan karena penggorengan yang dilakukan pada tekanan dan suhu rendah.

Prinsip penggorengan hampa ini adalah penggorengan bahan dengan tekanan rendah sehingga menurunkan suhu yang dapat menurunkan titik didih minyak dan membuat minyak mendidih pada suhu rendah. Kondisi ini menguntungkan bahan yang digoreng karena dapat mempertahankan nilai gizi dari bahan tersebut.

Proses pembuatan keripik metode penggorengan hampa tak jauh berbeda dari penggorengan konvensional. Pada penggorengan hampa, penggorengan dilakukan dalam kondisi vakum( tekanan <1atm) di dalam suatu tabung yang dapat diatur tekanannya, sedangkan pada penggorengan konvensional penggorengan dilakukan pada suasana terbuka tanpa adanya pengatur tekanan.

Tim PKM-K ini juga telah menghitung berapa modal dan harga layak jual dari keripik ini sekaligus sistem penjualannya. Namun dikarenakan pandemi Covid-19, maka PKM-K yang dirancang kemudian dialihkan menjadi produk virtual berupa video peluang pengembangan usaha keripik. Begitu pula dengan proses diskusi dengan tim, dosen pembimbing dan mitra, semua dilakukan lewat pertemuan dalam jaringan (daring). Tentu saja ini menjadi tantangan yang berbeda dari PKM pada tahun-tahun sebelumnya dimana program ini memberikan kesempatan mahasiswa untuk memiliki usaha, mencoba berjualan sembari menghitung laba rugi hingga tampil di hadapan mahasiswa dari seluruh kampus se-Indonesia dengan jalan-jalan sebagai bonusnya.

Untuk video lengkap tentang prospek pengembangan usaha keripik karamunting bisa dilihat pada akun instagram kami @keripik_karamunting karena disitu akan ada informasi mengenai karamunting, keripik karamunting, penggorengan hampa serta produk virtual yang akan kami posting di akun youtube kami. Nantikan ya!

Program Kreativitas Mahasiswa di Tengah Covid-19:

Tim PKM-K Keripik Karamunting dari Fateta Unand Menuju Pimnas

Oleh:Tim PKM-K Keripik Karamunting

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Erman Safar Larang Tempat Hiburan Beroperasi di Bulan Ramadhan

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, mengimbau seluruh kegiatan yang berhubungan dengan hiburan, agar dihentikan pada waktu ibadah puasa dan shalat tarawih di...
- Advertisement -

Atlit Tenis Meja Limapuluh Kota Lolos Ke Tingkat Nasional di Ajang Pekan Olahraga Pelajar

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, - Atlit tenis meja putri asal Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Ulfah Septy Annisa, dipastikan lolos ke tingkat nasional dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) yang digelar di Kota Padang sejak 6-8 April 2021 kemarin.

Gubernur Sumatra Barat Serahkan Sertifikat Hafiz Qur’an Kepada Santri PontrenMu Kauman

Padangpanjang, BeritaSumbar.com,- H. Mahyeldi, SP menyerahkan sertifikat tanda kelulusan sebanyak 128 bagi para penghafal Qur’an yang merupakan santriwan - Santriwati Pondok Pesantren Muhammadiyah (PontrenMu) Kauman Padang Panjang.
- Advertisement -

Pariwisata Nagari Batu Taba Semakin Bersolek, Laksma TNI Angkasa Dipua Resmikan Mushalla Fii Sabilillah

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,-Rangkaian kegiatan terpadu yang terdiri dari peresmian mushalla fii sabilillah, sunat masal, kegiatan bernuansa alek nagari berupa 'maarak galundi', makan bajamba, dan atraksi seni budaya lainnya telah berhasil dilaksanakan di Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan, Minggu (11/04).

Dibantu Personil Polres, Petugas Lapas Sijunjung Gelar Razia Narkoba Di Sel Tahanan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Pelaksanaan Razia gabungan Anggota Polres dan anggota Lapas di Kelas ll B Muaro Sijunjung, yang dimulai pukul 20.00 WIB, berjalan lancar dan sukses, kata Kalapas B.O.Situngkir, di Muaro Sijunjung, Selasa (6/4).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Padang,BeritaSumbar.com,-Anggia Erma Rini Wakil ketua Komisi IV DPR RI melaksanakan sosialisasi 4 pilar kebangsaan bertempat di Hotel Pangeran Beach. Padang, Minggu (11/04).

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

Saat Rampungkam RPJMD, Bupati Minta OPD Sijunjung Himpun Data Ril Ke Lapangan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sijunjung diberi waktu selama dua minggu untuk turun ke lapangan dan menyusun langkah strategis untuk...

Polres Payakumbuh Amankan Tiga Tersangka Terduga Penggelapan Dana Koperasi

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan tiga orang tersangka terduga penggelapan dana Koperasi Serba Usaha (KSU) Sutra Ketinggian Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. Kasat...

Polres Sinjunjung Bekuk Dua Orang Pengedar Narkoba

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepolisian Resos Sijunjung mengamankan dua orang pengedar dan pemakai nakorba jenis yang selama ini beroperasi di wilayah hukum polres tersebut. “Yang bersangkutan berhasil...

SIKOCI Helat Festival Mentari

Hari ini Selasa (6/4) sekitar pukul 10.00 WIB, Festival Mentari yang ditaja oleh Serikat Koreografer Cinta Indonesia (Sekoci) akan dibuka di Taman Budaya Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di Padang. Sepuluh koreografer muda Sumbar siap menampilkan karya terbaik mereka dalam iven tersebut

Mahyeldi Dukung Pemajuan Kebudayaan Koto Gadang Koto Anau untuk Jadi Destinasi Wisata Dunia

Peninggalan sejarah memiliki potensi besar bagi kemakmuran masyarakatnya. Jika tidak dijadikan cagar budaya, keberadaannya akan mengalami kepunahan. Menyikapi hal tersebut, Dra. Zusneli Zubir, M.Hum., Peneliti di Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sumatera Barat (BPNB Sumbar) memprakarsai Penyusunan Grand Design Pemajuan Kebudayaan Nagari Koto Gadang Koto Anau yang digelar pada 3 - 4 April 2021 di Depan Balai Adat Nagari Koto Gadang Koto Anau, Kabupaten Solok, Kecamatan Lembang Jaya, Provinsi Sumatera Barat.

Tak Sampai 24 Jam Polres Sinjujung Bekuk Sindikat Pencuri Antar Provinsi, Korban Rugi Puluhan Juta

Sijunjung, beritasumbar.com - Sekitar 12 jam setelah kejadian jajaran Polres Sijunjung berhasil membekuk enam orang pelaku pencurian dengan modus gembos ban dan pecah kaca mobil. “Pelaku...

Wako Sawahlunto: Mari Ciptakan Generasi Berlandaskan Al-Quran-Hadits

Sawahlunto, beritasumbar.com - Walikota Sawahlunto Deri Asta menyebutkan perlu menciptakan anak-anak di daerah itu agar memiliki landasan hidup yang kuat dengan Al-Quran dan Hadits....
- Advertisement -