26 C
Padang
Jumat, Mei 27, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Kenapa Saya Sulit Sekali Mengingat?
K

Kategori -
- Advertisement -

BeritaSumbar.com,-Pernahkah anda merasa sulit untuk mengingat hal-hal kecil yang sebenarnya penting? Atau merasa memiliki dayat ingat anda lemah? Dan pernahkah berfikir bagaimana proses terbentuknya ingatan itu sendiri?. Menurut ilmu psikologi alasan kenapa kita tidak dapat mengingat hal-hal kecil itu bukan berarti kita bodoh, malahan kita termasuk orang-orang dengan kecerdasan diatas rata-rata. Hal ini dikarenakan kita kurang memfokuskan fikiran kita terhadap benda tersebut sehingga terjadinya lupa.

Pada otak ada yang dinamakannya dengan Hipokampus, yang mana berfungsi dalam mempertahankan ingatan kita. Peneliti mengatakan bahwa setiap selnya digunakan untuk menyimpan memori-memori atau ingatan kita. Jadi, apapu itu yang pernah kita lakukan, kenangannya pasti tersimpan didalam Hipokampus ini, kayak memorycard berjalan gitu, hehe. Ingatan kita itu terbentuk melalui proses Menerima-Menyimpan-Memanggil kembali sebuah informasi (Retrieval). Ingatan terbagi menjadi dua, yakni: Memori jangka pendek dan memori jangka panjang.

Gimana sih sebuah informasi bisa menjadi suatu Ingatan? Gini, Informasi yang diterima oleh alat indera kita seperti mata contohnya, kemudian disimpan dalam bentuk memori jangka pendek, memori jangka pendek ini hanya bertahan sebentar didalam otak kita, jika informasi tersebut sering kita ulang-ulang maka informasi ini akan menjadi memroi jangka panjang yang mana bersifat permanen.

Tapi tidak hanya melalui pengulangan saja sebuah informasi dapat tersimpan di memori jangka panjang, suatu peristiwa yang sangat penting atau sangat berarti bagi kita dapat juga tersimpan di memori jangka panjang, seperti ketika kita mengalami kecelakan yang membuat kaki kita diamputasi, peristiwa yang tidak akan pernah bisa kita lupakan. Biasanya kita akan kehilangan memori jangka pendek kiata dalam waktu 5-10 menit, namun kita dapat mengingat kenangan bersama almarhum Ayah bertahun-tahu lalu, karena informasi ini telah tersimpan di memori jangka panjang.

Jadi buat temen-teman yang merasa bodoh karena tidak dapat mengingat pelajaran yang ada disekolah, kalian itu sebenernya tidak bodoh, tapi kurang pengulangan aja terhadap materi yang di pelajari. Maka dari itu rajin-rajin latihan soal agar nantinya ketika ujian kalian dapat mengerjakannya dengan mudah karena semua yang diuji kan sudah tersimpan di Memori Jangka Panjang kalian.

Sampai Jumpai di Artikel Berikutnya…

Penulis: Miftahur Rahmi
UIN Imam Bonjol Padang

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img