28.4 C
Padang
Rabu, Agustus 4, 2021
Beritasumbar.com

Kenapa Saya Sulit Sekali Mengingat?
K

Kategori -

BeritaSumbar.com,-Pernahkah anda merasa sulit untuk mengingat hal-hal kecil yang sebenarnya penting? Atau merasa memiliki dayat ingat anda lemah? Dan pernahkah berfikir bagaimana proses terbentuknya ingatan itu sendiri?. Menurut ilmu psikologi alasan kenapa kita tidak dapat mengingat hal-hal kecil itu bukan berarti kita bodoh, malahan kita termasuk orang-orang dengan kecerdasan diatas rata-rata. Hal ini dikarenakan kita kurang memfokuskan fikiran kita terhadap benda tersebut sehingga terjadinya lupa.

Pada otak ada yang dinamakannya dengan Hipokampus, yang mana berfungsi dalam mempertahankan ingatan kita. Peneliti mengatakan bahwa setiap selnya digunakan untuk menyimpan memori-memori atau ingatan kita. Jadi, apapu itu yang pernah kita lakukan, kenangannya pasti tersimpan didalam Hipokampus ini, kayak memorycard berjalan gitu, hehe. Ingatan kita itu terbentuk melalui proses Menerima-Menyimpan-Memanggil kembali sebuah informasi (Retrieval). Ingatan terbagi menjadi dua, yakni: Memori jangka pendek dan memori jangka panjang.

Gimana sih sebuah informasi bisa menjadi suatu Ingatan? Gini, Informasi yang diterima oleh alat indera kita seperti mata contohnya, kemudian disimpan dalam bentuk memori jangka pendek, memori jangka pendek ini hanya bertahan sebentar didalam otak kita, jika informasi tersebut sering kita ulang-ulang maka informasi ini akan menjadi memroi jangka panjang yang mana bersifat permanen.

Tapi tidak hanya melalui pengulangan saja sebuah informasi dapat tersimpan di memori jangka panjang, suatu peristiwa yang sangat penting atau sangat berarti bagi kita dapat juga tersimpan di memori jangka panjang, seperti ketika kita mengalami kecelakan yang membuat kaki kita diamputasi, peristiwa yang tidak akan pernah bisa kita lupakan. Biasanya kita akan kehilangan memori jangka pendek kiata dalam waktu 5-10 menit, namun kita dapat mengingat kenangan bersama almarhum Ayah bertahun-tahu lalu, karena informasi ini telah tersimpan di memori jangka panjang.

Jadi buat temen-teman yang merasa bodoh karena tidak dapat mengingat pelajaran yang ada disekolah, kalian itu sebenernya tidak bodoh, tapi kurang pengulangan aja terhadap materi yang di pelajari. Maka dari itu rajin-rajin latihan soal agar nantinya ketika ujian kalian dapat mengerjakannya dengan mudah karena semua yang diuji kan sudah tersimpan di Memori Jangka Panjang kalian.

Sampai Jumpai di Artikel Berikutnya…

Penulis: Miftahur Rahmi
UIN Imam Bonjol Padang

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Instruksi Gubernur Sumbar Dalam Memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI

Padang,BeritaSumbar.com,-Gubernur Sumatera Barat secara resmi menginstruksikan jajaran pemerintahan dan seluruh masyarakat di Sumbar untuk turut serta dalam peringatan HUT Kemerdekaan ke-76 RI.
- Advertisement -

Iskandar Fuaddin Pimpin Tapak Suci 140 Tanah Datar

TANAH DATAR, - Ketua Pimpinan Wilayah XIV Sumatera Barat Jel Fathullah melantik Pengurus Pimpinan Daerah Tampak Suci Putera Muhammadiyah 140 Tanah Datar periode 2019 - 2024, Minggu (1/8) di aula kantor bupati di Pagaruyung.

Ny.Nevi Syafaruddin Dt Bandaro Rajo Lantik Ketua PKK Kecamatan Kapur IX

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Senin 2/8 Ketua PKK Kecamatan Kapur IX dilantik. Pelantikan tersebut dilansungkan di gedung UDKP Kecamatan Kapur IX.
- Advertisement -

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.

Backdrop Pemimpin Birokrasi

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 8/1000 “Backdrop Pemimpin Birokrasi” Kali ini, kita berbincang tentang “backdrop” atau latar belakang penampilan seorang pemimpin birokrasi yang merujuk...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Kuliah Daring, Belajar Sambil Bekerja Di Masa Pandemi

Penerapan Kuliah Daring berawal sejak pandemi Covid-19 pada bulan Maret tahun 2020 di Indonesia, dimana segala aktivitas perkuliahan di lakukan melalui Program Daring, adapun beragam fitur media sosial di gunakan untuk bertatap muka guna kegiatan tersebut antara lain ; Zoom Meeting, Google Meet, WAG, E-Learning,serta aplikasi media lainnya.

Mengenal Politik Praktis & Pragmatisme

Dalam praktik perebutan maupun mempertahankan sebuah kekuasaan Politik Praktis dan Pragmatisme seolah menjadi dua hal yang sulit dipisahkan, khususnya di negara Demokrasi seperti Indonesia.

Filosofi Lidi

Dari filosofi pohon kelapa yang sangat banyak manfaatnya, bahkan hampir seluruh bagian tanaman kelapa tersebut memberi manfaat untuk kehidupan manusia. Manusia sebagai makhluk yang paling sempurna tentu seharusnya juga memberi manfaat dan berperan menjaga bumi dan lingkungan setelah mengambil manfaat untuk kehidupan. Sesuai juga dengan perintah Tuhan dalam ajaran agama bahwa tujuan Tuhan menurun-kan manusia ke muka bumi ini adalah untuk beribadah dan berbuat yang bermanfaat.

Raih Keridhaan Allah melalui Etos Kerja

Dalam Manajemen Pendidikan Islam, etos kerja (semangat/motivasi kerja) dilandasi oleh semangat beribadah kepada Allah Swt. Maksudnya, bekerja tidak sekedar memenuhi kebutuhan duniawi melainkan juga sebagai pengabdian kepada Allah Swt,

Rugi Rasa Untung

Apakah beberapa fenomena terbalik yang terjadi ditengah masyarakat bangsa ini atau mungkin juga ditengah masyarakat dunia adalah pertanda bahwa kiamat sudah dekat ? Wallahu a’lam bishawab hanya Allah pencipta langit dan bumi yang tahu persis.

Mengatur Konflik dengan Teknik Mind Mapping

Konflik. Ketika kita mendengar kata itu, kebanyakan orang akan membayangkan seperti perang, rusuh, gontok-gontokan, atau orang yang berkelahi antarkampung. Tidak, sebenarnya konflik bisa dimulai dari sesuatu yang kecil. Kalau menurut psikologi, konflik itu bisa dimulai dari ketika kita merasa ada perbedaan, entah perbedaan pendapat atau perasaan tentang sesuatu hal.

DPW PTPI Sumbar Buka Bimbel & Bimtes CPNS 2021 Online

Dewan Pimpinan Wilayah Perkumpulan Trainer Profesional Indonesia Wilayah Sumatera Barat (DPW PTPI Sumbar) resmi membuka kegiatan Bimbingan Belajar (BIMBEL) dan Bimbingan Test CPNS 2021...

BUMN Berburu di Kebun Binatang

Sangat menarik menyimak perjalanan PT POS Indonesia sebuah perusahaan BUMN yang pionir dalam bidang jasa pengiriman barang dan serta pengiriman uang dalam bentuk wesel.

Kita Pancasila

Bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki komitmen dan memahami buah pemikiran dan cara pandang hidup yang disarikan para pendiri bangsa. Mereka telah membuat rumusan atau intisari yang digali dari jiwa bangsa ini, dari ruh bangsa ini, dari sikap hidup bangsa ini, yang berbhineka dan penuh nilai-nilai luhur.

Menanamkan Pendidikan Karakter Kepada Anak Sejak Dini

Pendidikan karakter memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan dan sangat menarik untuk diteliti, terutama karena pendidikan karakter berorientasi pada pembentukan karakter siswa.
- Advertisement -