24.6 C
Padang
Senin, Januari 24, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Kementerian PU Danai Lima Proyek Infrastruktur Sawahlunto
K

Kategori -
- Advertisement -

Sawahlunto – Kementerian Pekerjaan Umum (PU) kembali mengalokasikan dana untuk pembangunan lima proyek di Kota Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar), kata Wali Kota daerah itu, Ali Yusuf.

Ali Yusuf di Sawahlunto, Rabu (25/2), mengatakan kelima proyek tersebut adalah penambahan pembangunan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa), pembangunan jalan, pembangunan instalasi air, lanjutan pembangunan TPA Kayu Gadang dan pembangunan embung di kawasan Sumpahan

Dia mengatakan, alokasi dana tersebut merupakan hasil dari kunjungan pihaknya ke Kementerian itu untuk memaparkan beberapa program pembangunan infrastruktur kota itu, belum lama ini.

“Dirjen Pengembangan Wilayah Kemeterian Pekerjaan Umum bersedia untuk mengalokasikan dana sebesar Rp.4 miliar yang akan digunakan untuk pembangunan jalan di Kota Sawahlunto,” katanya.

Sementara itu, lanjutnya, khusus untuk pembangunan rusunawa yang berada di bawah Dirjen Perumahan Rakyat, disyaratkan rusunawa yang telah dibangun sebelumnya berada dalam kondisi telah dihuni serta adanya kejelasan status tanah tempat didirikannya rusunawa tersebut.

“Kota Sawahlunto telah memenuhi kedua syarat tersebut, sehingga bisa mendapatkan penambahan pembangunan rusunawa baru,” ujarnya.

Selanjutnya, kata dia, Dirjen Cipta Karya juga mengalokasikan dana untuk pembangunan instalasi air minum, pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Kayu Gadang, serta kelanjutan pembangunan embung di kawasan sumpahan.

“Apa yang diberikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum ini segera ditindaklanjuti, karena kesemuanya merupakan hal yang sangat penting bagi masyarakat dan pengembangan Kota Sawahlunto kedepannya,” katanya.

Perhatian pemerintah pusat terhadap pembangunan di Kota Sawahlunto cukup tinggi. Sebelumnya, kota ini ditunjuk mendampingi Kota Tua Jakarta untuk diusulkan sebagai situs warisan dunia ke UNESCO.

Lalu, Menteri Perdagangan (Mendag), Rahmat Gobel, menunjuk kota berjuluk “Kota Kuali” itu sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan Pameran Pangan Nusantara 2015 untuk wilayah Indonesia bagian barat.

Penunjukan itu sebagai bentuk dukungannya terhadap kota itu dalam melestarikan serta mengembangkan industri songket yang juga diusulkan pemerintah kota itu sebagai warisan dunia tak benda.

 

Editor: Rumi Gagarin 
Sumber: Antara/*/cpw7
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img