24.8 C
Padang
Jumat, April 23, 2021
Beritasumbar.com

Kemampuan Menulis Menjadi Tuntutan Segala Profesi
K

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Kemampuan menulis saat ini sudah menjadi syarat penting dalam segala profesi. Mau jadi pengacara,  jadi jaksa, atau jadi hakim? Ya, perlu menulis. Mau jadi notaris apalagi. Bahkan, untuk menjadi petani dan peternak saja di masa sekarang harus pintar menulis. Begitu juga bagi yang punya usaha industri rumahtangga (home industry) atau usaha kecil dan menengah lainnya. Apalagi kalau ingin mengem­bangkan bisnis online lewat internet.” Demikian disampaikan Yulfian Azrial dalam Acara Pelatihan Jurnalistik dan Kepenulisan di SMP Negeri 1 Payakumbuh  Sabtu 25 Nopember lalu.

Adapun Rangkaian acara Pelatihan Jurnalistik dan Kepenulisan ini untuk tahap pertama dihadiri 40 siswa terbaik utusan kelas  7 dan Kelas 8. Acara putaran pertama ini digelar selama tiga hari 25- 27 Nopember 2017 kemaren, dan akan terus dilanjutkan pada tahapan berikutnya.
“Kegiatan di kesempatan pertama ini kita fokuskan untuk Dasar-Dasar Kepenulisan, Pelatihan Menulis Puisi, Pelatihan Menulis Cerpen, dan Pelatihan Membuat Komik. Kita sengaja khusus mendatangkan penulis senior sekelas  Yulfian Azrial yang juga telah banyak menulis buku, dengan harapan karya-karya siswa dan guru di SMP Negeri 1 Payakumbuh akhirnya dapat juga kita terbitkan menjadi buku,” ujar  
Hj. Desfiwati, S. Pd, M.Si Kepala SMP Negeri 1 Payakumbuh.

Narasumber dan Pelatih Tunggal Yulfian Azrial, selain dikenal sebagai penulis Buku Budaya Alam Minangkabau yang pernah menjadi buku wajib untuk siswa SD dan SMP se Sumatera Barat, juga dikenal sebagai penulis yang juga jurnalis (wartawan) sejak awal tahun 1980-an. Bahkan sewaktu berkiprah di Jakarta memimpin sejumlah media bertaraf nasional,ia  juga diminta untuk menjadi Staf Pengajar LPWI (Lembaga Pendidikan Wartawan Indonesia) di Jakarta.

Menulis Adalah Gerbang Menuju Kesuksesan
“Saya sendiri mulai eksis menulis sejak masih aktif di Koran Dinding Sekolah. Juga sewaktu masih duduk di bangku SMP. Seusia kamu ini. Sejak itulah saya dan beberapa teman juga mulai mengikuti Lomba Menulis dan menjadi Juara  Tingkat Nasional. Bahkan illustrator Koran Dinding kami beberapa kali menjadi Juara Melukis di Negara India,” ungkap Yulfian Azrial.

“Menulis tidak hanya untuk menjadi penulis. Bahkan bisa menjadi gerbang atau jembatan meraih sukses di bidang kehidupan lainnya. Ada teman saya yang dari karir menulis akhirnya langsung menjadi Notaris Sukes di Jakarta. Ada yang karena rajin menulis akhirnya menjadi Dosen Hebat di ITB Bandung. Ada yang karena sering menulis kritik dan gagasannya  di media massa karirnya melonjak pesat. Ada yang dari menulis di media Menjadi Konsultan dan Pendiri Sebuah Lembaga Pendidikan Tingkat nasional. Banyak contoh-contoh lainnya,” ujar Yulfian berkisah tentang sejumlah tokoh sukses.

Akan Diterbitkan Dalam Bentuk Buku

Veyenti, Agustina, Bayu Desrianto, Guru Bahasa Indonesia yang bergantian mendampingi Yulfian Azrial memberikan materi menyatakan sangat terkesan dengan pelatihan kali ini.  “Siswa yang semula biasanya tampil gugup, ragu-ragu tiba-tiba berubah jadi penuh percaya diri. Mereka yang semula malu melihatkan karyanya, bahkan jadi bersemangat. Bahkan para peserta jadi berebut untuk membacakan karyanya, “ kesan Bayu Desrianto.

Hal lain yang berulang ditegaskan Yulfian Azrial, bahwa menulis sejatinya bukanlah ilmu, tetapi sebuah keterampilan. Setiap yang namanya keterampilan, maka kuncinya hanya latihan, latihan dan latihan. Lanca kaji dek baulang, pasa jalan dek batampuah,” ujar Yulfian menyetir sebuah pribahasa Minangkabau.

 “Ya, ke depan latihan-latihan menulis bagi siswa inilah yang akan kita akomodasi. Seperti yang disarankan Yulfian Azrial, selain menyemarakkan Pojok Baca Kelas, ke depan kami akan membenahi Majalah Dinding Siswa. Setiap kelas harus punya mading  yang terbit rutin sekali seminggu,” Ujar Dra. Veyenti  dan Agustina,SPd  guru senior Bahasa Indonesia.
“Benar. Karya-karya terbaik di setiap kelas ini baru kita muat di dalam Majalah Sekolah atau semacam Tabloid Sekolah. Nanti sekali satu semester atau minimal sekali setahun, karya-karya terbaik dari siswa ini akan kita terbitka dalam bentuk buku. Begitu juga karya-karya guru. Saya ingin selama saya memimpin sekolah ini satu guru minimal ada satu buku yang dihasilkannya.” Ujar
Hj. Desfiwati, S. Pd, M.Si, Sang  Kepala Sekolah yang semakin bersemangat  mengemas kegiatan literasi ini

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tentang Kompensasi Lahan Di PLTMH, Ini Komentar Walinagari Tanjuang Bonai

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Proses ganti rugi tanaman dilahan masyarakat yang telah ada proses pembayaran sebelumnya,di wilayah kerja pengembangan Perusahaan Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) Nagari Lubuk Jantan Kecamatan Lintau Buo Utara,diduga ada permainan tidak sehat antara pemilik lahan dan salah satu lembaga nagari terhadap Ikhwan Mega Power (IMP) selaku pengembang proyek Kalo Kalo dengan pembiayaan Penanaman Modal Asing (PMA).
- Advertisement -

Untuk Pembangunan, Pemkab Sijunjung Jalin Silaturrahmi Dengan Masyarakat Lewat Safari Ramadhan

Sijunjung, beritasumbar.com - Jaga persatuan dan silaturrahmi dikalangan umat serta pemerintah daerah, demi kemajuan dan peningkatan pembangunan di Kabupaten Sijunjung. Hal itu penegasan Ketua Tim...

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H

Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung...
- Advertisement -

Satlantas Polres Pariaman Amankan pelaku Balap Liar

Pariaman, beritasumbar.com,-Jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pariaman kembali amankan puluhan kendaraan roda dua yang ditunggangi para Anak Baru Gede (ABG) yang hendak melakukan aksi balap liar di kawasan By Pass Kota Pariaman,Sabtu (malam) 17/4/2021.

Daerah Tetangga Zona Merah, Ini Pesan Riza Falepi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi menyampaikan dilema yang saat ini dihadapi pemerintah dan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 apalagi di Bulan Ramadhan adalah antara kebutuhan beribadah di mesjid dan di sisi lain posisi Payakumbuh yang belum aman, karena daerah tetangga (Kabupaten Limapuluh Kota) saat ini statusnya zona merah oleh Satgas Covid-19 Provinsi Sumbar.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...

Lewat Safari Ramadhan, Padang Pariaman Jalin Silaturrami-Sosialisasikan Program Pemerintah Ke Masyarakat

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Tim Safari Ramadhan Pemkab Padang Pariaman pada Rabu, (21/4) serentak berakhir melakukan kunjungan ke masjid atau musholla untuk melaksanakan Qiamuramadhan selama...

Hindari Dampak Lingkungan Saat Kelola SDA, Pemkab Sijunjung Buat KLHS

Sijunjung, beritasumbar.com - Kabupaten Sijunjung memiliki kekayaan Sumber Daya Alam yang banyak, seperti Batubara, Batu Kapur, Batu Mangan, Batu Marmar, Batu Granik, Emas dan...

Dokter Bek : Pasien Covid-19 Meninggal Kemarin, Hasil Swab Baru Keluar Hari Ini

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan adanya satu orang pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia. BM, laki-laki (67), warga Padang Tangah Payobadar yang sebelumnya sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit dengan gejala demam, batuk serta lemah anggota gerak dan telah dimakamkan dengan protokol Covid-19.

Walikota dan Kapolres komit Atas Keputusan Pemerintah Menghadapi pengamanan Idul Fitri 1442 H

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Berdasarkan surat telegram Kapolda Sumbar nomor : STR/1235/VI/OPS.1.1/2021 tanggal 20 April 2021, Polres Payakumbuh menerima undangan zoom meeting Rakor lintas sektoral Ops Ketupat SGL 2021.

Luak Limopuluah-Kampar : Riza Falepi, Adat Salimbago Nan Badunsanak

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Luhak Limopuluah dan Kampar adalah "badunsanak, tali indak buliah putuh, dahan indak buliah sakah". Mengingat pertalian budaya Minangkabau yang telah berkurun panjang masanya melintas batas administrasi pemerintahan sekarang maka perlu dirajut selalu dan dilestarikan.

Pemko Gelar Rakor Penanganan Covid-19

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Menindaklanjuti instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 09 tahun 2021 tentang perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat berbasis mikro dan pengoptimalan posko penanganan Covid-19 dan terjadinya peningkatan kasus covid-19 gelombang ketiga di Kota Payakumbuh, Pemerintah Kota Payakumbuh mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Camat dan Lurah se Kota Payakumbuh.

Pelatihan Rendang Go Digital Oleh Pertamina, Peserta Diberi Materi “Dagiangnyo Bana”

ayakumbuh,BeritaSumbar.com,- 40 orang pengusaha Randang telah mengikuti pelatihan UMKM Rendang Go Digital dalam Rangka Workshop Re-Branding Product Berbasis E-Commerce dilaksanakan oleh BUMN Pertamina bekerja sama dengan Pemerintah Kota Payakumbuh selama dua hari, bahkan mereka mendapat bantuan tabung LPG Bright Gas ukuran 5 Kg.

Asyik Mabuk Lem Konsumsi Miras, 5 Remaja Diamankan Pol PP

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Di bulan suci ramadhan yang suci dan penuh berkah, Pemerintah Kota Payakumbuh terus membuktikan komitmen untuk menciptakan rasa aman dan nyaman, serta bebas dari segala bentuk maksiat dan penyakit masyarakat.

Hadiri Vaksinasi Kedua, Wawako Erwin Yunaz Ajak Warga Selalu Patuhi Prokes

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Setelah dilaksanakan vaksinasi covid-19 pertama pada tanggal 23 Maret 2021 yang langsung disaksikan oleh walikota Riza Falepi, tepat pada hari Selasa (20/4/2021) kembali dilaksanakan proses vaksinasi kedua yang bertempat di gedung Himpunan Bersatu Teguh (HBT), kelurahan Nunang Daya Bangun, kecamatan Payakumbuh Barat.
- Advertisement -