32 C
Padang
Jumat, Januari 22, 2021
Beritasumbar.com

Kemampuan Menulis Menjadi Tuntutan Segala Profesi
K

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Kemampuan menulis saat ini sudah menjadi syarat penting dalam segala profesi. Mau jadi pengacara,  jadi jaksa, atau jadi hakim? Ya, perlu menulis. Mau jadi notaris apalagi. Bahkan, untuk menjadi petani dan peternak saja di masa sekarang harus pintar menulis. Begitu juga bagi yang punya usaha industri rumahtangga (home industry) atau usaha kecil dan menengah lainnya. Apalagi kalau ingin mengem­bangkan bisnis online lewat internet.” Demikian disampaikan Yulfian Azrial dalam Acara Pelatihan Jurnalistik dan Kepenulisan di SMP Negeri 1 Payakumbuh  Sabtu 25 Nopember lalu.

Adapun Rangkaian acara Pelatihan Jurnalistik dan Kepenulisan ini untuk tahap pertama dihadiri 40 siswa terbaik utusan kelas  7 dan Kelas 8. Acara putaran pertama ini digelar selama tiga hari 25- 27 Nopember 2017 kemaren, dan akan terus dilanjutkan pada tahapan berikutnya.
“Kegiatan di kesempatan pertama ini kita fokuskan untuk Dasar-Dasar Kepenulisan, Pelatihan Menulis Puisi, Pelatihan Menulis Cerpen, dan Pelatihan Membuat Komik. Kita sengaja khusus mendatangkan penulis senior sekelas  Yulfian Azrial yang juga telah banyak menulis buku, dengan harapan karya-karya siswa dan guru di SMP Negeri 1 Payakumbuh akhirnya dapat juga kita terbitkan menjadi buku,” ujar  
Hj. Desfiwati, S. Pd, M.Si Kepala SMP Negeri 1 Payakumbuh.

Narasumber dan Pelatih Tunggal Yulfian Azrial, selain dikenal sebagai penulis Buku Budaya Alam Minangkabau yang pernah menjadi buku wajib untuk siswa SD dan SMP se Sumatera Barat, juga dikenal sebagai penulis yang juga jurnalis (wartawan) sejak awal tahun 1980-an. Bahkan sewaktu berkiprah di Jakarta memimpin sejumlah media bertaraf nasional,ia  juga diminta untuk menjadi Staf Pengajar LPWI (Lembaga Pendidikan Wartawan Indonesia) di Jakarta.

Menulis Adalah Gerbang Menuju Kesuksesan
“Saya sendiri mulai eksis menulis sejak masih aktif di Koran Dinding Sekolah. Juga sewaktu masih duduk di bangku SMP. Seusia kamu ini. Sejak itulah saya dan beberapa teman juga mulai mengikuti Lomba Menulis dan menjadi Juara  Tingkat Nasional. Bahkan illustrator Koran Dinding kami beberapa kali menjadi Juara Melukis di Negara India,” ungkap Yulfian Azrial.

“Menulis tidak hanya untuk menjadi penulis. Bahkan bisa menjadi gerbang atau jembatan meraih sukses di bidang kehidupan lainnya. Ada teman saya yang dari karir menulis akhirnya langsung menjadi Notaris Sukes di Jakarta. Ada yang karena rajin menulis akhirnya menjadi Dosen Hebat di ITB Bandung. Ada yang karena sering menulis kritik dan gagasannya  di media massa karirnya melonjak pesat. Ada yang dari menulis di media Menjadi Konsultan dan Pendiri Sebuah Lembaga Pendidikan Tingkat nasional. Banyak contoh-contoh lainnya,” ujar Yulfian berkisah tentang sejumlah tokoh sukses.

Akan Diterbitkan Dalam Bentuk Buku

Veyenti, Agustina, Bayu Desrianto, Guru Bahasa Indonesia yang bergantian mendampingi Yulfian Azrial memberikan materi menyatakan sangat terkesan dengan pelatihan kali ini.  “Siswa yang semula biasanya tampil gugup, ragu-ragu tiba-tiba berubah jadi penuh percaya diri. Mereka yang semula malu melihatkan karyanya, bahkan jadi bersemangat. Bahkan para peserta jadi berebut untuk membacakan karyanya, “ kesan Bayu Desrianto.

Hal lain yang berulang ditegaskan Yulfian Azrial, bahwa menulis sejatinya bukanlah ilmu, tetapi sebuah keterampilan. Setiap yang namanya keterampilan, maka kuncinya hanya latihan, latihan dan latihan. Lanca kaji dek baulang, pasa jalan dek batampuah,” ujar Yulfian menyetir sebuah pribahasa Minangkabau.

 “Ya, ke depan latihan-latihan menulis bagi siswa inilah yang akan kita akomodasi. Seperti yang disarankan Yulfian Azrial, selain menyemarakkan Pojok Baca Kelas, ke depan kami akan membenahi Majalah Dinding Siswa. Setiap kelas harus punya mading  yang terbit rutin sekali seminggu,” Ujar Dra. Veyenti  dan Agustina,SPd  guru senior Bahasa Indonesia.
“Benar. Karya-karya terbaik di setiap kelas ini baru kita muat di dalam Majalah Sekolah atau semacam Tabloid Sekolah. Nanti sekali satu semester atau minimal sekali setahun, karya-karya terbaik dari siswa ini akan kita terbitka dalam bentuk buku. Begitu juga karya-karya guru. Saya ingin selama saya memimpin sekolah ini satu guru minimal ada satu buku yang dihasilkannya.” Ujar
Hj. Desfiwati, S. Pd, M.Si, Sang  Kepala Sekolah yang semakin bersemangat  mengemas kegiatan literasi ini

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...
- Advertisement -

Tidak Terima Aliran Listrik Diputus Sepihak, Warga Datangi PLN UPP Lintau

Tanah Datar, beritasumbar.com Dugaan pemutusan sementara secara sepihak oleh pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) unit pelayanan pelanggan Lintau terhadap satu unit rumah miliki SE (65)...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...
- Advertisement -

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Sopir 2 Dan Kernet Bus ALS Dibekuk Jajaran Polres Sijunjung

Jajaran Satreskrim Polres Sinjujung akhirnya berhasil ungkap kasus kematian salah seorang warga Tanjuang Gadang beberapa hari Lalu. Dua orang Pelaku pembunuh OK (40) berhasil dibekuk. Sementara dua lainnya masih masuk daftar pencarian orang.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Sekolah TK dan Paud Dimasa Pandemi, Ini Komentar Bunda Paud Payakumbuh

Guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19 dan aktifitas masyarakat bisa berjalan, Pemerintah telah membolehkan masyarakat beraktifitas dengan ketentuan tetap menjalani protokol kesehatan.

Dalam Prokes Sekdako Payakumbuh Ke Sekolah, Kunjungi Siswa Dari Keluarga Tak Mampu

Dalam sidak protokol kesehatan ke berapa sekolah yang dilakukan Sekretaris Daerah Rida Ananda, Rabu (20/1), terungkap laporan dari Kepala SMPN 4 Payakumbuh Mardiyus kalau ada siswanya yang tinggal di rumah tidak layak huni, memperihatinkan, sehingga Sekda tersentuh dan ingin melihat langsung kondisinya.

Antisipasi Penyebaran Covid-19 Pemko Payakumbuh Sidak Sekolah

Tingginya kasus positif covid-19 dilingkungan pendidikan beberapa hari terakhir ini, membuat Pemerintah Kota Payakumbuh mengambil langkah cepat dengan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) untuk melihat keadaan sekolah dalam penerapan protokol kesehatan.

Polres Payakumbuh Aman Pria Pembuat-Pengedar Uang Palsu, Diedarkan 10 Lokasi

Payakumbuh, beritasumbar.com- Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan seorang pria atas nama GUNTUR TRIMERLANDA (26) karena membuat dan mengedarkan uang palsu. Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira...

Segera ! Kota Payakumbuh Akan Miliki Cagar Budaya Yang Terlindungi Undang-Undang

Guna menjaga dan terlindungi ya cagar budaya kota Payakumbuh kedepannya, Pemerintah kota Payakumbuh melalui Dinas Pariwisata Kota Payakumbuh laksanakan Focus Group Discussion (FGD) tentang proses penetapan cagar budaya kota Payakumbuh serta sosialisasi Undang-Undang Nomor 11 tahun 2010 tentang cagar budaya.

Pemko Payakumbuh Ikuti Meeting Zoom Dengan Kemendagri

Menindaklanjuti Surat Edaran Mendagri Nomor 903/145/SJ TGL 12 Januari 2021 tentang percepatan pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021 dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan Webbinar yang digelar melalui via zoom meeting, Rabu(20/1).

Sidak Ke Sekolah, Pemko Payakumbuh : Jangan Ada Rekayasa Prokes

Menindaklanjuti rapat evaluasi pelaksanaan sekolah tatap muka, Selasa, (19/1), lalu, banyak ditemukan pasien positif Covid-19 dari kalangan tenaga pendidik. Pemko Payakumbuh melakukan sidak protokol kesehatan ke sekolah-sekolah, Rabu (20/1).

Ingatkan Bekal Anak Ke Sekolah, Sekda Rida : Kita Harus Nyinyir Untuk Sekolah Tangguh

Sekretaris Daerah Rida Ananda tak segan menegur sekolah saat mengetahui banyak siswanya yang tidak sarapan pagi ataupun membawa bekal ke sekolah. Padahal, sudah ada kesepakatan bersama agar siswa dianjurkan sarapan di rumah atau membawa bekal saat sekolah tatap muka.

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Asik Ngelem Dan Bawa Sajam, 3 Pemuda Diamankan Satpol PP Payakumbuh

Menindaklanjuti laporan warga dengan adanya beberapa remaja yang kedapatan sedang mabuk akibat menghisap lem Banteng sehingga sering meresahkan sampai terjadi perkelahian, pada Selasa (19/1) dini hari sekitar pukul 02.00, Tim Penegak Peraturan Daerah Kota Payakumbuh bergerak cepat mengamankan 3 orang pemuda di depan Mesjid Muhammadiyah, pusat Kota Payakumbuh.
- Advertisement -